GoodStats
Pencarian
Masuk

8 Penyelenggaraan Piala Dunia Termahal Sepanjang Sejarah

Tahun ini, final Piala Dunia FIFA 2022 akan diselenggarakan di Qatar. Adapun penyelenggaraan turnamen Piala Dunia di Qatar cetak rekor termahal sepanjang masa.

8 Penyelenggaraan Piala Dunia Termahal Sepanjang Sejarah FIFA World Cup | fifg/Shutterstock

Tahun 2022 ini akan menjadi putaran final ke-22 dari penyelenggaraan turnamen sepak bola internasional paling bergengsi, Piala Dunia FIFA. Turnamen final yang dilangsungkan setiap 4 tahun sekali ini dijadwalkan akan berlangsung pada 20 November hingga 18 Desember 2022 di Qatar.

Ini menjadi yang pertama kalinya bagi Qatar untuk menyelenggarakan turnamen Piala Dunia FIFA sejak gelaran perdananya pada tahun 1930 silam. Adapun Prancis saat ini memegang gelar juara bertahan pada turnamen edisi sebelumnya tahun 2018 di Rusia.

Mengutip dari Front Office Sports, penyelenggaraan turnamen Piala Dunia FIFA di Qatar pada tahun 2022 ini menjadi yang termahal sepanjang masa. Adapun total biaya yang dihabiskan untuk Piala Dunia FIFA Qatar 2022 mencapai 220 miliar dolar AS, jauh melampaui negara lainnya yang pernah menjadi tuan rumah. Adapun total biaya ini mencakup pengeluaran untuk stadion serta proyek infrastruktur lainnya.

8 penyelenggaraan Piala Dunia FIFA termahal sepanjang masa | GoodStats

Melalui penyelenggaraan Piala Dunia, Qatar mengharapkan adanya peningkatan ekonomi sebesar 20 miliar dolar AS. Qatar diperkirakan menggelontorkan dana sebesar 6,5 hingga 10 miliar dolar AS untuk pembangunan stadion baru.

Sebagian besar biaya infrastruktur yang dikaitkan dengan Piala Dunia merupakan bagian dari rencana jangka panjang Qatar pada tahun 2030 yakni untuk membangun pusat inovasi dengan hotel, transportasi bawah tanah yang canggih, stadion, serta bandara.

Sementara itu, posisi ke-2 diraih oleh Piala Dunia FIFA di Brasil pada tahun 2014 silam. Adapun total biaya yang dihabiskan Brasil untuk menyelenggarakan turnamen sepak bola paling bergengsi ini ialah sebesar 15 miliar dolar AS.

Piala Dunia FIFA edisi sebelumnya di Rusia pada tahun 2018 menduduki posisi ke-3 dengan total biaya sebesar 11,6 miliar dolar AS. Diikuti penyelenggaraan turnamen Piala Dunia FIFA di Jepang pada tahun 2002 yang menghabiskan 7 miliar dolar AS, menempatkannya di posisi ke-4.

Secara berurutan di posisi ke-5 hingga ke-8 penyelenggaraan turnamen Piala Dunia FIFA termahal sepanjang masa diraih oleh Piala Dunia Jerman 2006 (4,3 miliar dolar AS), Piala Dunia Afrika Selatan 2010 (3,6 miliar dolar AS), Piala Dunia Prancis 1998 (2,3 miliar dolar AS), serta Piala Dunia Amerika Serikat 1994 (500 juta dolar AS).

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Persentase Laki-Laki yang Disunat di Asia Tenggara, Indonesia Tertinggi
Artikel Selanjutnya DPR Setujui Usulan Tambahan Anggaran Rp 23,4 Triliun untuk Pendidikan Mental Polri
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook