7 Startup Pinjaman Online Terpopuler di Indonesia Q1 2022

Berkembangnya fintech secara pesat turut mendorong pertumbuhan layanan pinjaman online di sejumlah negara termasuk Indonesia, platform manakah yang terpopuler?.

7 Startup Pinjaman Online Terpopuler di Indonesia Q1 2022 Ilustrasi pinjaman dana | bluedog studio/Shutterstock

Pesatnya pertumbuhan sektor financial technology (fintech) mendorong pertumbuhan layanan pinjaman online atau yang sering disingkat dengan pinjol. Pinjaman online dapat menjadi alternatif ketika membutuhkan dana cepat untuk memenuhi kebutuhan mendesak.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per 6 Oktober 2021 merilis 106 penyelenggara pinjaman online legal. Di antara itu, 98 penyelenggara telah mengantongi izin resmi dan 8 sisanya masih berstatus terdaftar. Sementara itu, terdapat sebanyak 86 penyelenggara pinjaman online yang telah dinyatakan ilegal dan tidak memiliki izin operasi dari OJK.

Seperti namanya, pinjaman online dapat diajukan oleh seseorang melalui aplikasi penyedia layanan pinjaman online. Jika dulu proses meminjam dana tergolong membutuhkan waktu lama, kehadiran aplikasi pinjaman online mempermudah proses pengajuan kredit tanpa tatap muka.

Berbagai startup di dunia pun telah mengembangkan layanan fintech pada sektor pinjaman online. Berdasarkan data dari DailySocial.id yang dirilis pada Juni 2022, berikut merupakan daftar startup pinjaman online yang paling banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia.

startup pinjaman online terpopuler di Indonesia pada Q1 tahun 2022 | GoodStats

1. Akulaku

Akulaku menempati peringkat pertama startup pinjaman online yang paling banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia pada Q1 tahun 2022. Adapun perolehan persentase popularitasnya mendominasi startup lainnya yakni mencapai 92 persen.

Tidak hanya pinjaman berbentuk uang tunai, Akulaku menyediakan layanan pinjaman online untuk platform eCommerce baik yang dikelola secara mandiri maupun berbagai platform lainnya. Pertama kali meluncurkan aplikasi pada tahun 2016, saat ini Akulaku telah berstatus sebagai startup unicorn.

Startup yang didirikan oleh William Li dan Gordon Hu ini telah mencatatkan valuasi sebesar 1 miliar dolar AS dan melebarkan sayapnya ke beberapa negara di Asia Tenggara seperti Vietnam dan Filipina.

2. Home Credit

Posisi ke-2 diraih oleh startup pinjaman online Home Credit dengan raihan persentase popularitas sebesar 55 persen pada Q1 tahun 2022.

Home Credit telah berdiri sejak tahun 1997 dengan mengembangkan bisnis penyediaan pembayaran yang bertanggung jawab khususnya bagi masyarakat yang tidak memiliki catatan kredit atau memiliki catatan kredit terbatas.

Saat ini, Home Credit mengembangkan bisnisnya di berbagai belahan dunia seperti negara wilayah Eropa Tengah dan Timur termasuk di Asia Selatan dan Tenggara seperti Indonesia, India, Vietnam, dan Filipina.

3. Indodana

Indodana berhasil menempati posisi ke-3 dengan raihan persentase sebesar 49 persen pada Q1 tahun 2022 ini.

Indodana sendiri merupakan platform fintech lending di bawah naungan PT Artha Dana Teknologi. Indodana berdiri sejak November 2017 dan resmi mendapatkan izin OJK pada Mei 2020.

Adapun layanan yang ditawarkan oleh Indodana di antaranya pinjaman, cicilan tanpa kartu kredit, kredit HP, dan layanan Pay Later.

4. Easycash

Berikutnya, Easycash berada di posisi ke-4 startup pinjaman online paling banyak diketahui di Indonesia. Easycash berhasil meraih persentase popularitas sebesar 45 persen.

Easycash berdiri sejak 13 November 2017 di bawah naungan perusahaan PT Indonesia Fintopia Technology dan resmi memperoleh izin OJK pada 16 Oktober 2020. Mengutip dari situs resminya, Easycash telah mendanai lebih dari Rp1 triliun dan menjangkau kurang lebih 200.000 masyarakat Indonesia per tahun 2019.

5. Kredit Pintar

Di sisi lain, Kredit Pintar meraih posisi ke-5 dengan raihan persentase berbanding tipis sebesar 44 persen startup pinjaman online yang paling banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia pada Q1 tahun 2022.

Berdiri sejak tahun 2017, total dana yang telah disalurkan oleh startup ini terhitung mencapai Rp23,8 triliun per Januari 2022. Adapun rata-rata nominal pinjaman berkisar antara Rp600.000 hingga Rp20 juta dengan tenor 12 bulan.

6. Kredit Cepat

Kredit Cepat menyusul di posisi ke-6 startup pinjaman online paling banyak diketahui dengan raihan persentase popularitas sebesar 41 persen.

Didirikan pada 15 Juli 2016, saat ini 85 persen saham dari Kredit Cepat milik PT Alfa Fintech Indonesia dipegang oleh Alfa Fintech Pte Ltd. yang berlokasi di Singapura.

7. DanaRupiah

Terakhir, DanaRupiah menempati posisi ke-7 startup pinjaman online paling banyak diketahui masyarakat Indonesia pada Q1 tahun 2022. Adapun startup ini memperoleh persentase popularitas sebesar 34 persen.

Berdiri sejak tahun 2018, platform person-to-person (P2P) lending ini memiliki sejumlah varian produk di antaranya pinjaman personal, pinjaman produktif, serta pinjaman pendidikan. Pada Mei 2021, DanaRupiah tercatat telah menyalurkan total pinjaman sebesar Rp7,5 triliun.

Selain 7 daftar di atas, masih banyak startup pinjaman online lainnya yang beroperasi di Indonesia di antaranya seperti Tunaiku, Ulo, TunaiKita, Cicil, Kreditmu, DanaBijak, PinjamYuk, Rupiah Plus, dan sebagainya.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Daftar Juara Piala Asia Terbanyak Sepanjang Masa, Jepang Masih Mendominasi
Artikel Selanjutnya Bio Farma Investasi Rp150 Miliar untuk Kembangkan Bahan Baku Obat Domestik
Konten Terkait