7 Merek Air Mineral Favorit Masyarakat Indonesia 2022

Dulunya barang eksklusif, kini air mineral dengan mudah dapat dijumpai hingga ke pelosok. Apa saja merek air mineral yang paling disukai masyarakat Indonesia?.

7 Merek Air Mineral Favorit Masyarakat Indonesia 2022 Ilustrasi air mineral kemasan | Artem Varnitsin/Shutterstock

Air mineral merupakan pelepas dahaga paling paling umum yang dapat kita beli di toko manapun, baik besar maupun kecil. Air mineral yang dijual di Indonesia biasanya sudah dikemas dalam botol plastik dan berbentuk air minum dalam kemasan (AMDK).

Produk air minum dalam kemasan kini sudah menjadi barang yang familiar bagi khalayak umum. Setiap hari air minum kemasan bisa dijumpai dan diminum oleh orang-orang di perkotaan, sampai ke wilayah pelosok yang masih terjamah pasokan distribusinya. Harga air minum kemasan pun juga dapat dibilang terjangkau, cukup merogoh kocek Rp5 ribu sudah bisa memperoleh air mineral kemasan ukuran sedang. 

Tetapi, air mineral kemasan yang sangat mudah dijumpai serta familiar untuk masyarakat modern ini, dulunya merupakan barang yang eksklusif dan tidak bisa dibeli oleh sembarang orang. Pada kala itu, minuman seperti air minum kemasan biasanya hanya diminum oleh orang-orang penting seperti tamu dari luar negeri, ataupun wisatawan asing. 

Pada era 1970-an, air minum kemasan di Indonesia belum sefamiliar bagi masyarakat umum seperti sekarang. Biasanya, air minum kemasan yang ada bukanlah produk lokal, melainkan produk impor.

Ketika itu para wisatawan atau tamu dari luar negeri yang berkunjung di Indonesia hanya mau minum air dalam kemasan. Perut mereka agak sensitif terhadap minum air rebus. Untuk mendapatkan air kemasan di kala itu pun tidak bisa di sembarang tempat. Pada masa itu air kemasan biasanya hanya tersedia di hotel-hotel berbintang, lain halnya seperti sekarang yang bahkan dapat kita temui di warung kelontong sekalipun. 

Kini, sudah ada berbagai merek air mineral dalam kemasan botol yang dipasarkan di Indonesia. Adapun Jakpat merilis hasil penilaian terhadap berbagai merek air mineral kemasan pada tahun 2022. Berikut merupakan daftar merek air mineral yang jadi favorit responden Indonesia.

7 merek air mineral kemasan favorit masyarakat Indonesia tahun 2022 | Fauziah Rizqi/GoodStats

1. Aqua

Aqua menduduki peringkat pertama pada hasil survei Jakpat dengan perolehan sebesar 74,9 persen responden yang menyukai merek air mineral  ini. Air mineral Aqua pertama kali diproduksi oleh PT Aqua Golden Mississippi pada tahun 1973. 

Air mineral Aqua kala itu pertamanya diproduksi untuk menarget pasar turis dan ekspatriat yang ada di Indonesia dengan botol kaca dan harga yang tergolong agak mahal. Namun lambat laun merambah kepada produksi Air Aqua yang lebih terjangkau untuk masyarakat Indonesia.

Merek air mineral legendaris yang kini telah menjadi merek generik di kalangan produk air mineral kemasan ini dipelopori oleh seorang pebisnis Indonesia, Tirto Utomo.

2. Le Minerale

Berikutnya, posisi ke-2 diraih oleh Le Minerale dengan raihan respon positif responden sebesar 62,1 persen. Air mineral Le Minerale yang diproduksi oleh PT Tirta Fresindo Jaya yang merupakan anak perusahaan dari Mayora Indah yang bergerak di bidang beverages.

Merek ini tergolong pemain baru dalam persaingan produk air mineral kemasan. Le Minerale mulai memproduksi air mineral kebutuhan konsumen Indonesia sejak tahun 2015. Pabrik Le Minerale telah dibangun di beberapa daerah di Indonesia.

Beberapa pabriknya antara lain pabrik-pabrik yang sudah berdiri di Ciawi, Sukabumi, Pasuruan, Medan, dan Makassar. Serta dua pabrik baru dibangun di Cianjur dan Palembang pada akhir 2016.

3. Nestlé Pure Life

Sementara itu di posisi ke-3 adalah Nestlé Pure Life, dengan perolehan suara responden sebesar 23,6 persen. Nestlé Pure Life adalah salah satu merek air minum mineral paling populer di dunia. Di bawah lisensi dan pengawasan dari Nestlé Water SA, PT Akasha Wira International Tbk memulai untuk memproduksi dan mendistribusikan Nestlé Pure Life untuk pasar Indonesia mulai dari tahun 2005 untuk memenuhi kebutuhan pasar Indonesia. 

Sejarah perusahaan Nestlé dimulai pada tahun 1866, dengan didirikannya Anglo-Swiss Condensed Milk Company. Henri Nestlé kemudian menciptakan sebuah produk terobosan yakni makanan untuk bayi pada 1867, dan pada 1905 perusahaan yang didirikannya bergabung dengan Anglo-Swiss, untuk membentuk yang sekarang ini dikenal sebagai Grup Nestlé.

4. Vit

Setelah itu, merek air mineral Vit menduduki posisi ke-4 dengan perolehan suara positif responden sebesar 21,6 persen.

Vit adalah sebuah merek air mineral dalam kemasan yang diproduksi oleh PT Tirta Investama di Indonesia. Air mineral Vit mulai diproduksi sejak tahun 1982 yang awalnya dimiliki oleh PT Varia Industri Tirta.

5. Crystalline

Di posisi ke-5 ada air mineral kemasan merek Crystalline dengan raihan 17,3 persen responden. Air mineral produksi OT Group ini pertama kali hadir di pasar Indonesia di tahun 2016 lalu.

Sama seperti kebanyakan merek air mineral yang beredar di Indonesia, air kemasan Crystalline tersedia dalam beragam ukuran kemasan sesuai dengan kebutuhan konsumen, seperti kemasan gelas plastik, botol plastik 330 ml,  600ml dan 1.500ml, serta galon berukuran 6L dan 19L.

6. Cleo

Posisi ke-6 diduduki oleh air mineral merek Cleo, yang mendapatkan respon positif dari 17,2 persen responden. Air mineral dengan ciri khas warna kemasan oranye ini pertama kali diproduksi di Pandaan, Pasuruan, dan hadir di pasar Indonesia pada tahun 2004.

Merek Cleo sendiri dimiliki oleh PT Sariguna Primatirta Tbk, perusahaan yang bergerak di bidang industri minuman yang kantor pusatnya ada di Sidoarjo, Jawa Timur.

7. Ades

Terakhir, air mineral merek Ades menduduki peringkat ke-7 dengan raihan sebesar 15,3 persen responden. Air mineral merek Ades ini pertama kali diproduksi pada tahun 1986.

Saat ini, air mineral Ades diproduksi oleh PT Coca-Cola Bottling Indonesia dan PT Akasha Wira Internasional, Tbk. Air mineral tersebut juga hadir di negeri Jepang dan dikenal sebagai I-Lohas.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya 10 Presiden Terkaya di Dunia 2022
Artikel Selanjutnya 10 Waralaba Restoran dengan Jaringan Terbesar di Dunia
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook