7 Klub Internasional Paling Disukai Masyarakat Indonesia 2022

Sebagai olahraga paling populer di dunia, sepak bola memiliki 3,5 miliar penggemar di seluruh dunia. Klub mana saja yang menjadi favorit masyarakat Indonesia?.

7 Klub Internasional Paling Disukai Masyarakat Indonesia 2022 Ilustrasi penggemar sepak bola | Vasyl Shulga/Shutterstock

Dari orang tua hingga daun muda, sepak bola digemari di berbagai kalangan usia. Berdasarkan data dari World Atlas pada tahun 2022, sepak bola menjadi olahraga yang paling populer di seluruh dunia. Terdapat lebih dari 3,5 miliar penggemar sepak bola di seluruh penjuru dunia.

Di Indonesia sendiri, sepak bola merupakan olahraga yang paling banyak digemari. Popularitas sepak bola domestik maupun internasional di kalangan masyarakat tanah air melahirkan sejumlah klub penggemar.

Dari sekian banyaknya eksistensi klub sepak bola internasional, terdapat tujuh klub sepak bola dengan jumlah penggemar paling banyak oleh masyarakat Indonesia. Survei ini dilakukan oleh Indikator Politik terhadap 1.220 responden Indonesia mulai 30 Oktober 2022 hingga 5 November 2022.

7 klub sepak bola internasional favorit masyarakat Indonesia tahun 2022 | Syifa/GoodStats

1. Barcelona

Official FC Barcelona Website
Barcelona | www.fcbarcelona.com

Barcelona menduduki peringkat tertinggi sebagai klub sepak bola internasional dengan penggemar terbanyak di Indonesia. Sebanyak 9,8 persen responden memilih klub sepak bola yang berasal dari Spanyol ini sebagai klub kegemarannya. 

Barcelona atau yang dikenal juga dengan sebutan Barça dibentuk pada tahun 1899 oleh Hans Gamper. Klub ini memiliki semboyan yang berbunyi "Més que un club" yang berarti lebih dari sekadar sebuah klub. Lionel Messi merupakan salah satu pemain Barcelona yang dinobatkan sebagai pemain terbaik di dunia dalam penghargaan FIFA Ballon d'Or.

2. Manchester United

Manchester United FC - latest news, fixtures, transfers - Manchester  Evening News
Manchester United | Manchester Evening News

Klub sepak bola internasional lainnya yang berhasil mengimbangi banyaknya jumlah penggemar Barcelona adalah Manchester United. Klub yang berasal dari Old Trafford, Greater Manchester, Inggris ini dibentuk pada tahun 1878 dengan nama Newton Heath LYR Football Club. Nama Manchester United baru digunakan pada tahun 1902.

Dilansir dari talkSPORT, Manchester United merupakan salah satu klub paling sukses di Eropa dalam hal peraihan trofi. Semenjak dibentuk hingga saat ini, Manchester United telah memenangkan sebanyak 66 trofi utama.

3. Real Madrid

Real Madrid CF | Situs Resmi Real Madrid CF
Real Madrid | www.realmadrid.com

Klub sepak bola internasional dengan penggemar terbanyak ketiga di Indonesia adalah Real Madrid. Survei menunjukkan terdapat sebanyak 7,2 persen Madridista (sebutan untuk penggemar Real Madrid) di kalangan masyarakat tanah air. 

Klub yang berasal dari Madrid, Spanyol ini pertama kali dibentuk pada tahun 1902. Sejak tahun lalu hingga saat ini, Real Madrid masih menduduki peringkat kedua sebagai klub sepak bola berpenghasilan paling tinggi, yaitu sebanyak 640,7 juta euro. Pencapaian terbaru klub ini adalah memenangkan gelar Liga Champions UEFA pada tahun 2022.

4. Liverpool

Liverpool Soccer - Liverpool News, Scores, Stats, Rumors & More | ESPN
Liverpool | ESPN

Liverpool menduduki peringkat ke-4 sebagai klub sepak bola internasional dengan penggemar terbanyak di Indonesia. Klub yang berasal dari Inggris ini digemari oleh 3,3 persen masyarakat Indonesia.

Liverpool dibentuk pada tahun 1892 oleh John Houlding. Klub ini telah meraih 14 penghargaan utama di liga Eropa maupun liga dunia. Angka tersebut merupakan angka tertinggi dibandingkan dengan klub lainnya yang juga berasal dari Inggris. Selain pencapaian, Liverpool juga terkenal dengan lagu kebangsaannya yang berjudul You’ll Never Walk Alone.

5. Arsenal

Arsenal's main likely lineup for next season revealed - Arsenal True Fans
Arsenal | Arsenal True Fans

Di peringkat ke-5, klub internasional dengan jumlah penggemar tertinggi ditempati oleh Arsenal. Sebanyak 2,9 persen masyarakat Indonesia memilih Arsenal sebagai klub yang paling mereka gemari. Arsenal juga merupakan klub sepak bola tersukses ke-3 di Inggris setelah Manchester United dan Liverpool.

Dibentuk pada tahun 1886, klub ini mengalami beberapa kali pergantian nama sebelum akhirnya ditetapkan sebagai Arsenal. Semenjak awal dibentuk, Arsenal kini telah meraih 47 trofi dalam sejarah pertandingannya. Arsenal memiliki slogan berbahasa latin, “Victoria Concordia Crescit” yang artinya kemenangan tumbuh dari harmoni.

6. AC Milan

Kapten dan bek AC Milan, Alessio Romagnoli, mengangkat trofi juara Liga Italia 2021-2022. AC Milan juara Liga Italia 2021-2022 usai meraih kemenangan 3-0 atas Sassuolo di Stadion Mapei, Minggu (22/5/2022).
AC Milan | Tiziana Fabi/AFP

Selanjutnya, terdapat AC Milan yang menduduki peringkat ke-6 sebagai klub dengan penggemar terbanyak di tanah air. Klub yang berasal dari Milan, Italia ini dipilih oleh 2,8 persen masyarakat Indonesia sebagai klub favorit mereka.

AC Milan dibentuk pada tahun 1899 dan merupakan klub sepak bola paling sukses di Italia. Sepanjang sejarah, AC Milan telah memenangkan sebanyak 49 trofi di liga domestik, Eropa, maupun dunia. AC Milan juga dikenal sebagai The Rossoneri atau si merah hitam yang merupakan identitas warna logo dan jersey klub ini.

7. Chelsea

Three best Chelsea players in 2021, including 'classy' player - TCC View
Chelsea | The Chelsea Chronicle

Chelsea menempati urutan ke-7 sebagai klub sepak bola internasional yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, yaitu sebanyak 2,2 persen penggemar. Klub yang berasal dari Inggris ini pun menduduki peringkat ke-7 sebagai klub terkaya di dunia oleh Forbes pada tahun 2021, dengan jumlah kekayaan sebanyak 3,2 miliar dolar AS.

Chelsea dibentuk pada tahun 1905 dan telah memenangkan berbagai gelar dan penghargaan sepanjang sejarahnya. Klub ini juga berafiliasi dengan Chelsea Football Club Women, sebuah klub sepak bola perempuan yang telah berafiliasi sejak tahun 2004.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Pelanggaran Lalu Lintas Paling Sering Dilakukan Pengendara Sepeda Motor 2021
Artikel Selanjutnya Presiden RI dengan Warisan Jalan Tol Terpanjang, Siapa Juaranya?
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook