7 WIlayah Paling Sering Dikunjungi Turis Asing di Nusa Tenggara Timur

Sebanyak 73 persen turis asing mengunjungi daerah Manggarai Barat ketika berada di Nusa Tenggara Timur

7 WIlayah Paling Sering Dikunjungi Turis Asing di Nusa Tenggara Timur Wisata Pulau Padar, Manggarai Barat, NTT. (Sumber: Shutterstock)

Sudah menjadi rahasia umum apabila Indonesia bagian timur menyimpan berjuta keindahan alam, seperti Raja Ampat yang terkenal dengan keindahan lautnya dan Maluku dengan pantai pasir putihnya. Salah satu kawasan di Indonesia timur yang menarik untuk dikunjungi karena memiliki keunikan dan panorama yang memesona adalah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Nusa Tenggara Timur sempat dinobatkan sebagai destinasi terbaik di dunia versi Lonely Planet. Berdasarkan kategori bernama Best Value, melihat Nusa Tenggara Timur merupakan destinasi yang akan sustainable.

Laporan Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, jumlah kunjungan turis asing ke Nusa Tenggara Timur (NTT) mencapai 58.213 kunjungan. Jumlah tersebut meningkat 565,67%  dari tahun sebelumnya (year-on-year/yoy) yang sebanyak 8.745 kunjungan.

Diantara banyaknya kabupaten dengan destinasi wisata yang beragam di NTT, salah satu kabupaten dengan sejuta destinasi wisata tersembunyi adalah kabupaten Manggarai Barat. Berdasarkan wilayahnya, Manggarai Barat memiliki kunjungan wisman terbanyak di NTT pada 2022 persentasenya mencapai 73 persen dari keseluruhan jumlah kunjungan turis asing.

Salah satu wisata di kabupaten Manggarai Barat yakni Labuan Bajo menjadi destinasi favorit bagi para pengunjung baik lokal maupun asing. Bahkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Labuan Bajo pada Januari hingga Mei 2023 naik dibandingkan tahun 2022 sebanyak 59.937 wisatawan. Selama lima bulan pertama di tahun 2023, jumlah kunjungannya naik 70 hingga 80 persen.

Posisi selanjutnya disusul oleh Kota Kupang dan Sumba Barat dengan kunjungan masing-masing 7.035 kunjungan dan 2.750 kunjungan. Serta 4 kabupaten/kota lainnya yang termasuk ke dalam 7 wilayah paling banyak dikunjungi wisatawan adalah Rote Ndao, Sikka, Sumba Timur, dan Belu.

Pemerintah telah melakukan berbagai kebijakan untuk mendorong industri pariwisata NTT, salah satunya  Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo, pada 9-11 Mei 2023.

Dari adanya penyelenggaraan kegiatan KTT ASEAN tersebut berhasil meningkatkan kunjungan para pelancong ke daerah Manggarai Barat, sebab penyelenggaraannya berlangsung di Labuan Bajo.

Meski demikian, Pemerintah akan terus berupaya untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan hingga akhir tahun 2023 baik domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke Nusa Tenggara Timur, menikmati sejuta keindahan yang tersimpan disana.

Penulis: Adel Andila Putri
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Ini Dia Top 6 Destinasi Wisata Domestik Favorit di Indonesia

Adakah destinasi lokal Indonesia favoritmu?

7 Kota Indonesia Ini Punya Julukannya Sendiri, Unik dan Sarat Akan Makna!

Dari kota seribu benteng hingga kota khatulistiwa, ini 7 kota Indonesia yang punya julukan uniknya sendiri.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook