5 Tsunami Terbesar di Dunia, 2 Terjadi di Indonesia

Bencana alam merupakan sesuatu yang tidak dapat terhindarkan dampaknya, salah satunya tsunami. Berikut daftar tsunami terbesar di dunia.

5 Tsunami Terbesar di Dunia, 2 Terjadi di Indonesia Ilustrasi Tsunami. Sumber: Fine Art America.

Gelombang air laut besar yang dapat bergerak dengan kecepatan tinggi mencapai daratan adalah tsunami. Penyebab utama tsunami terjadi biasanya karena ada fenomena gempa bumi yang terjadi di dasar laut. Dari definisi yang telah disebutkan, tentu tsunami menjadi bencana alam yang dampaknya tidak dapat terhindarkan bila menerjang daraatan yang menjadi pemukiman penduduk.

Peringatan tentang waspada tsunami telah menjadi hal yang perlu diketahui bagi banyak orang, terutama masyarakat yang tinggal di dekat pesisir pantai atau yang memang rawan gempa dan tsunami sebagai salah satu cara menanggulangi tsunami. Namun, dalam sejarah pernah tercatat beberapa peristiwa tsunami terbesar di dunia, salah satunya di Indonesia.

Tsunami terbesar bukan hanya dilihat dari kekuatannya, tetapi dampaknya, seperti jumlah korban jiwa dan kerusakan pemukiman. Dilansir dari Australian Geographic, berikut daftar tsunami terbesar di dunia yang menelan banyak korban jiwa.

  1. Pantai Pasifik Utara, Jepang

Posisi pertama ditempati oleh tsunami yang terjaadi tahun 2011 di Pantau Pasifik Utara, Jepang. Tsunami ini menimbulkan dampak yang sangat besar, bukan hanya di pemukiman penduduk, tetapi menyebabkan adanya keadaan darurat nuklir karena pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi mengeluarkan uap radioaktif. Tsunami ini menewaskan lebih dari 18.000 jiwa dan penyebabnya adalah gempa berkekuatan 9 SR.

  1. Sumatera, Indonesia

Tahun 2004, tahun yang tidak dapat dilupakan oleh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Aceh. Tsunami Aceh menempati posisi kedua sebagai tsunami terbesar di dunia dengan menewaskan kurang lebih 230.000 orang. Tsunaami ini disebabkan oleh gempa yang terjadi berkekuatan 9,1 SR di kedalaman 30 km.

  1. Lisbon, Portugal

Tsunami di Lisbon menempati posisi ketiga dengan tinggi gelombangnya yang mencapai 30 meter. Tsunami yang terjadi pada tahun 1755 ini bermula dari gempa berkekuatan 8,5 SR yang mengakibatkan adanya tiga gelombang yang menerjang sepanjang pantai barat Portugal dan bagian selatan Spanyol.

  1. Krakatau, Indonesia

Peristiwa tsunami yang terjadi akibat letusan Gunung Krakatau ini menempati posisi keempat. Tsunami yang terjadi tahun 1883 ini adalah gelombang ganda setinggi 37 meter dan menewaskan hingga 40.000 jiwa. Berbagai negara pun turut merasakan dampaknya seperti Sri Lanka, dan India.

  1. Nankaido, Jepang

Sebagai negara yang sering mengalami gempa dan juga tsunami, tsunami terbesar di negara ini terjadi pada tahun 1707. Berawal dari gempa berkekuatan 8,4 SR, kemudian muncul gelombang laut setinggi 25 meter. Tsunami ini menelan sekita 30.000 korban jiwa dan hampir 30.000 bangunan rusak.

 

Penulis: Zalfa Ghina Khairunnisa
Editor: Editor

Konten Terkait

Ular-ular Mematikan di Dunia, Racunnya Bisa Melelehkan Daging Manusia

Dilansir dari A-Z Animals, berikut daftar lima ular yang paling berbahaya

Tanaman-tanaman Langka di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Dilansir dari rarest.og, berikut beberapa daftar tumbuhan yang keberadaannya kini dinyatakan langka

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook