5 Street Food Paling Enak Sedunia, Makanan Indonesia Mendominasi!

Enak dan murah, berikut jajanan jalanan terenak di dunia versi Taste Atlas.

5 Street Food Paling Enak Sedunia, Makanan Indonesia Mendominasi! Ilustrasi Street Food. Photo from Freepik

Street food atau jajanan makanan kerap jadi andalan masyarakat untuk mengganjal perut. Harganya yang murah dan rasa yang nikmat menjadikan jajanan jalanan digemari masyarakat.

Taste Atlas turut merilis daftar daftar makanan jalanan terenak di dunia. Berikut lima street food terenak di dunia.

1. Siomay

Ilustrasi Siomay. Photo by Shutterstock from Taste Atlas
Ilustrasi Siomay. Photo by Shutterstock from Taste Atlas

Siapa yang tidak mengenal siomay? Kudapan jenis street food ini terbuat dari campuran tepung tapioka dan terigu, daging pilihan dan bumbu sederhana. Campuran tersebut dibentuk dengan kulit pangsit dan dikukus sehingga menciptakan tekstur yang kenyal dan rasa gurih. Siomay dihidangkan bersama telur, kentang rebus, kubis, tahu dan pare, dipotong-potong dan dibumbui dengan saus kacang.

Meski terbuat dari bahan yang sederhana, siomay memiliki cita rasa yang nikmat sehingga berhasil menjadi jajanan jalanan paling enak sedunia versi Taste Atlas. Website khusus mengulas makanan ini memberikan skor siomay sebesar 4.8 dari 5.

Sejatinya, siomay merupakan hasil percampuran akulturasi antara kuliner Indonesia dengan Tiongkok. Kata ‘siomay’ sendiri berasal dari bahasa Tiongkok ‘shumai’, dan diyakini berasal dari kalangan imigran Tionghoa yang datang ke Indonesia pada masa penjajahan Belanda.

2. Pastel de Nata

Ilustrasi Pastel de Nata. Photo by Shutterstock from Taste Atlas
Ilustrasi Pastel de Nata. Photo by Shutterstock from Taste Atlas

Berbicara tentang jajanan makanan, umumnya jenis kudapan yang dijual pinggir jalan didominasi makanan gurih. Namun hal itu tidak berlaku untuk pastel de nata, egg tart manis yang berasal dari Portugal.

Sesuai namanya, egg tart adalah satu dari sekian jenis kue tar yang menggunakan bahan dasar telur. Penggunaan telur dalam pastel de nata menciptakan tekstur creamy yang manis namun tetap padat.

Dipercaya bahwa untuk mendapatkan pastel de nata yang ‘sempurna’, isian egg tart tidak boleh terlalu manis dan dicampur perisa vanila maupun lemon. Isian yang orisinal tersebutlah yang dinilai merupakan inti utama dari pastel de nada.

Pastel de nata sendiri mendapatkan skor 4.7 dari 5 dari Taste Atlas sehingga mendapatkan posisi kedua sebagai street food terenak di dunia.

3. Guotie

Ilustrasi Guotie. Photo by die_genussentdecker from Taste Atlas
Ilustrasi Guotie. Photo by die_genussentdecker from Taste Atlas

Makanan jenis pangsit (dumpling) ini menduduki peringkat ketiga sebagai street food paling enak sedunia dengan skor 4.7 dari 5 pada website Taste Atlas.

Guotie adalah satu dari sekian varian pangsit jiaozi Tiongkok yang digoreng sebentar di wajan (pan-fried). Guotie sendiri merupakan pangsit orisinil asal Tiongkok Utara yang biasanya diisi dengan daging babi cincang, kubis Cina, daun bawang, jahe, arak beras, dan minyak biji wijen.

Dengan teknik penggorengan sebentar di wajan, guotie mempunyai tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Selain itu, guotie juga mempunyai teknik masak yang khusus, di mana saat bagian bawah pangsit digoreng, sedikit cairan ditambahkan ke dalam wajan yang kemudian ditutup, sehingga sisa pangsit dan isiannya bisa dikukus.

Guotie paling enak apabila disantap sebagai jajanan jalan maupun makanan pembuka. Pangsit ini dapat disantap selagi hangat dengan pelengkap saus cocolan.

4. Pempek

Ilustrasi Pempek. Photo by Shutterstock from Taste Atlas
Ilustrasi Pempek. Photo by Shutterstock from Taste Atlas

Selain menjadi salah satu hidangan terenak se-Asia Tenggara, pempek juga mendapat berhasil menjadi juara keempat sebagai street food paling enak sedunia. Berdasarkan Taste Atlas, pempek mendapatkan skor 4.7 dari 5.

Pempek merupakan makanan khas Palembang, Sumatra Selatan. Jenis kudapan fishcake ini terbuat dari campuran tepung tapioka dan ikan, umumnya ikan tenggiri. Bentuknya bermacam-macam dengan isian dan campuran yang beragam juga. Salah satu jenis pempek yang terkenal adalah kapal selam, di mana terdapat isian telur di dalam pempek yang dikukus.

Ada kisah unik terkait asal muasal pempek. Seorang warga palembang yang sudah tua sudah bosan dengan ikan yang digoreng atau dibakar secara tradisional, sehingga ia memikirkan cara inovatif untuk mengolah ikannya. Akhirnya, ia menggiling ikan dan mencampurkannya dengan tepung tapioka. Setelahnya, adonan tersebut digoreng hingga muncul pempek yang renyah dan lezat.

5. Batagor

Ilustrasi Batagor. Photo by Shutterstock from Taste Atlas
Ilustrasi Batagor. Photo by Shutterstock from Taste Atlas

Tidak dapat dipungkiri, batagor memang salah satu street food yang paling terkenal di Indonesia. Kudapan ini berasal dari tiga kata, yaitu bakso tahu goreng dan disingkat menjadi ‘batagor’.

Sesuai namanya, batagor terdiri dari bakso dan tahu yang digoreng. Pada sejumlah daerah, bakso diganti dengan pangsit berisi adonan tepung yang digoreng. Umumnya, batagor disajikan bersama saus kacang pedas, kecap manis, potongan timun dan perasan jeruk limau.

Batagor punya hubungan erat dengan tradisi kuliner Tiongkok, yang telah mempengaruhi banyak masakan Indonesia. Meski jajanan terkenal ini mirip dengan pangsit Cina, namun batagor mempunyai ciri khas digoreng, bukan dikukus.

Penulis: Almas Taqiyya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Tren Baru Konsumsi Daging Laboratorium, Bagaimana Reaksi Publik?

Tren konsumsi daging laboratorium menjadi menarik untuk mengatasi krisis pangan dan kesehatan. Meski begitu, masih banyak tantangan dari penerimaan publik.

Air Mineral Kemasan Favorit Orang Indonesia Saat Berbuka Puasa di 2024

Survei "Pola Perilaku Masyarakat Saat Ramadan & IdulFitri 2" mengungkap brand air mineral favorit saat berbuka puasa. Kira-kira mana yang paling banyak dipilih?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X