5 Negara Paling Bersih di Dunia, Kebanyakan di Eropa!

Denmark jadi negara paling bersih di dunia dengan skor EPI sebesar 82,5

5 Negara Paling Bersih di Dunia, Kebanyakan di Eropa! Kopenhagen, Denmark. (Sumber: REUTERS)

Predikat negara paling bersih di dunia disandang oleh sejumlah negara mayoritas dari Eropa. Hal ini merujuk pada hasil riset tiga lembaga dalam mengukur tingkat kebersihan negara-negara di dunia.

Belum lama ini, World Economic Forum (WEF) bersama Yale University dan Columbia University merilis Indeks Kinerja Lingkungan (Environmental Performance Index/EPI) 2022 yang berisi peringkat negara terbersih di dunia.

Kota yang bersih bebas polusi, bebas sampah berserakan, serta pembangunan infrastruktur yang baik jelas menjadi dambaan bagi para masyarakat. Dengan lingkungan yang bersih dan maju, berbagai aktivitas pun dapat dijalankan dengan sehat.

Lingkungan yang bersih memiliki kaitan yang erat pada kehidupan yang lebih baik dan lebih lama. Air bersih, kualitas udara, penangan limbah dan sanitasi yang baik diketahui dapat meningkatkan kesehatan manusia secara signifikan.

Oleh karena itu, penting untuk memiliki lingkungan tempat tinggal yang bersih, bebas sampah dan juga polusi.

Tidak heran, banyak masyarakat negara maju yang begitu nyaman beraktivitas di luar rumah tanpa harus memiliki rasa takut terkena penyakit maupun terganggu dengan lingkungan yang jorok.

Misalnya saja banyak negara maju yang masyarakatnya lebih gemar berjalan kaki menuju sekolah atau kantor mereka karena lingkungan yang mendukung dan memadai. Sebaliknya, banyak masyarakat di negara dengan lingkungan yang kotor yang pastinya terganggu dengan yang demikian.

Para peneliti di Universitas Yale dan Universitas Columbia bekerja sama dengan Forum Ekonomi Dunia untuk mengukur kebersihan dan keramahan lingkungan dari 180 negara.

Meraka menciptakan sebuah standar penilaian, yaitu Environmental Performance Index (EPI).

Ada 32 indikator dan 11 kategori yang akan dijadikan acuan dalam menilai kebersihan sebuah negara. Kategorinya antara lain kualitas udara, air, sanitasi, keanekaragaman hayati, habitat, sampai keberlanjutan lingkungan.

Hasil dari penelitian ini dapat membantu negara-negara untuk melihat dengan sekilas seberapa efektif kebijakan lingkungan mereka dan seberapa dekat mereka mencapai tujuan lingkungan mereka.

Sayangnya, Indonesia tidak menjadi negara paling bersih di dunia. Indonesia justru berada di peringkat ke-117 dengan skor 37,8. Posisi Indonesia sama dengan Honduras.

1. Denmark

 

Denmark dinobatkan sebagai negara terbersih dan paling ramah lingkungan dengan meraih total skor Environmental Performance Index (EPI) dari World Economic Forum (WEF) sebesar 82.5.

Negara ini memiliki skor yang sempurna dalam kategori pengolahan air limbah (100) dan indeks perlindungan spesies (100). Lalu, pengelolaan limbah di negara ini mendapat skor 99,8.

Denmark sangat memperhatikan keberlanjutan alam dan lingkungan. Denmark juga memiliki kebijakan paling komprehensif dan efektif di dunia untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencegah perubahan iklim.

Hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah hotel ramah lingkungan, perahu tenaga surya, dan makanan organik.

2. Luxembourg

Luksemburg merupakan salah satu negara terkecil di benua Eropa. Meski begitu, Luksemburg termasuk salah satu negara dengan tingkat perekonomian paling maju di dunia dengan PDB per kapita sekitar 118 dollar AS.

Tak hanya berhasil di bidang perekonomian, Luksemburg juga sukses menjadi menjadi negara terbersih nomor dua di dunia dengan skor EPI 82,3. Negara ini memiliki skor dalam sanitasi (100), air minum (97.7), dan emisi pencemaran (100).

Luxembourg juga telah membuat kemajuan signifikan dalam mengurangi dampak negatif pada lingkungannya meskipun memiliki pertumbuhan populasi dan PDB yang pesat.

Meskipun negara ini memiliki ukuran wilayah yang relatif kecil, tetapi Luxembourg memiliki hutan yang melimpah dan taman alam yang cukup luas.

3. Swiss

Swiss yang menjadi negara terbersih ketiga di dunia, dengan skor EPI keseluruhan 81.5. Negara ini mencetak skor sangat tinggi untuk air Minum (100) dan sanitasi (100), dan menyamai skor sempurna Denmark dalam indeks perlindungan spesies.

Negara ini memiliki hutan yang masih terjaga, margasatwa, dan kualitas air yang bersih dan aman. 60 persen dari kebutuhan listrik di negara ini memanfaatkan pembangkit listrik tenaga air.

4. Inggris Raya

Inggris menjadi negara terbersih di dunia nomor empat dengan skor EPI 81,3. Hal ini tentu cukup mengesankan mengingat populasi negara ini yang mencapai 66,52 juta jiwa.

Negara ini memegang nilai EPI sempurna untuk kategori air minum, sanitasi, emisi polusi, perlindungan laut, serta perlindungan spesies.

5. Prancis

Prancis menjadi negara terbersih kelima dengan skor EPI 80, dan mencapai skor sempurna (100) dalam emisi pencemaran. Hal ini cukup mengesankan mengingat Prancis merupakan negara yang telah terindustrialisasi.

Prancis merupakan negara industri dimana 80 persen energinya berasal dari tenaga nuklir. Hal ini membuat Prancis secara signifikan mengurangi emisi polusi dan mendapatkan nilai EPI sempurna untuk kategori emisi polusi.

Meskipun wilayahnya terbilang besar dan jumlah penduduk yang relatif lebih banyak dibandingkan negara Eropa lain, hal tersebut tidak berpengaruh negatif terhadap kebersihan di Prancis.

Salah satu inisiatif pemerintah Prancis adalah menggunakan turbin air di sepanjang sungainya dan melarang supermarket membuang makanan kadaluarsa secara sembarangan.

Penulis: Adel Andila Putri
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

6 Agama Terbesar di Dunia: Kristen dan Islam Mendominasi

Islam merupakan agama mayoritas di Indonesia, tetapi bagaimana di dunia? Apa saja agama yang penganutnya terhitung banyak di dunia?

10 Negara Terpopuler di Antara Turis Dunia, Ada Indonesia?

Prancis menjadi negara dengan kunjungan turis tertinggi di 2023, total kunjungannya mencapai 100 juta kunjungan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X