Daftar Negara dengan Wilayah Hutan Terluas di Dunia

Beberapa negara di dunia memiliki hutan yang sangat luas, beberapa negara bahkan hampir seluruhnya ditutupi oleh hutan.

Daftar Negara dengan Wilayah Hutan Terluas di Dunia Ilustrasi│Waren Brasse/Unsplash

Keberadaan hutan sangat penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Selain menjadi rumah bagi flora dan fauna, hutan juga berperan besar dalam memperlambat terjadinya pemanasan global yang saat ini sedang terjadi.

Menurut FAO (Food and Agriculture Organization), 31 persen dari seluruh wilayah daratan planet bumi adalah wilayah hutan. Berdasarkan persentase tersebut, berarti ada 4,06 miliar hektar wilayah hutan di Indonesia.

5 negara dengan wilayah hutan terluas adalah Rusia, Brazil, Kanada, Amerika Serikat, dan China. Luas total hutan di 5 negara tersebut jika disatukan, jumlahnya akan lebih besar dari jumlah total luas wilayah hutan di dunia.

Indonesia juga merupakan salah satu negara dengan hutan terluas di dunia. Menurut Forest Digest, Luas wilayah daratan Indonesia yang tertutup hutan adalah 86,9 juta hektar. Jumlah ini membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan wilayah hutan terluas di dunia.

Di sisi lain, ada pula negara-negara di dunia yang wilayahnya didominasi oleh wilayah hutan. Meski wilayah hutannya tidak sebanyak 5 negara dengan wilayah hutan terluas, tapi luas hutan di negara ini ada yang hampir mencapai 100 persen dari seluruh wilayah negara.

Ini dia 5 negara dengan persentase wilayah hutan terbesar di dunia berdasarkan data dari IndexMundi pada tahun 2020.

Negara dengan Persentase Wilayah Hutan Terluas│GoodStats

 

1. Suriname

Hutan Suriname│The Borgen Project

 

Suriname menjadi negara dengan persentase luas wilayah yang tertutupi hutan terbanyak di dunia. Hampir seluruh wilayah Suriname tertutupi oleh hutan, dimana 97,41 persen wilayah dari Suriname adalah hutan.

Suriname terletak di Benua Amerika Selatan, dimana pada benua ini terdapat hutan hujan terluas di dunia, Hutan Hujan Amazon. Hutan yang ada di Suriname merupakan bagian dari Hutan Hujan Amazon, terutama hutan yang berada di bagian selatan Suriname.

2. Guyana

Hutan Guyana│The Guyana Chronicle

 

Dari seluruh wilayah negara Guyana, 93,55 persen di antaranya adalah wilayah hutan. Guyana juga merupakan negara yang letaknya bersebelahan dengan Suriname, dan sama seperti Suriname, hutan yang berada di bagian selatan dari negara ini adalah Hutan Hujan Amazon.

Tingkat deforestasi di Guyan sangat kecil, kurang dari 1 persen di setiap tahunnya. Hal ini tidak lepas dari pengelolaan dan pengawasan hutan di Guyana yang terjaga dan sangat baik.

3. Gabon

Hutan Gabon│Africa Prime

 

Gabon memiliki wilayah hutan sebesar 91,32 persen dari total keseluruhan wilayahnya. Jumlah tersebut membuat Gabon menjadi negara dengan persentase wilayah hutan tertinggi di Benua Afrika. Besarnya luas wilayah hutan di Gabon tidak lepas dari upaya pemerintah Gabon yang sangat menjaga wilayah hutan Gabon.

Pemerintah Gabon membatasi aktivitas deforestasi di Gabon. Per tahunnya, hanya 0,1 persen wilayah hutan yang diperbolehkan untuk kegiatan deforestasi di Gabon, dan kebijakan ini sudah berlangsung selama lebih dari 30 tahun.

4. Kepulauan Solomon

Hutan Kepulauan Solomon│OceansWatch

 

Kepulauan Solomon adalah negara kepulauan yang terletak di Samudera Pasifik, tepatnya di timur Papua Nugini. Kepulauan Solomon memiliki persentase wilayah hutan sebesar 90,14 persen. 

Namun, sayangnya tingkat deforestasi di Kepulauan Solomon cukup tinggi saat ini. Dilansir dari The Guardian, apabila deforestasi yang terjadi di Kepulauan Solomon tetap berjalan pada skala sebesar ini, hutan di Kepulauan Solomon akan lenyap dalam 15 tahun.

5. Palau

Hutan Palau│Pacific World

 

Palau adalah negara kepulauan yang berada di Samudera Pasifik, tepatnya berada di timur Negara Filipina, dan Utara Pulau Papua. Persentase luas wilayah hutan di Palau adalah 90,02 persen dari seluruh wilayah daratan Palau.

Itu dia 5 negara dengan persentase wilayah hutan tertinggi di dunia. Di sisi lain, Monako dan Nauru menjadi negara dengan persentase wilayah hutan paling rendah di dunia. Persentase wilayah hutan di kedua negara ini adalah 0%, atau tidak ada wilayah hutan sama sekali di kedua negara ini.

Penulis: Rangga Hadi Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Riau, “Surga” Kelapa Sawit Indonesia
Artikel Selanjutnya Menilik Performa “Chef” Curry, Sang Raja 3 Points NBA
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook