5 Negara Asia yang Belum Pernah Dijajah

Banyak negara Asia yang pernah dijajah oleh kekuatan negara asing terutama bangsa Eropa, tetapi ada 5 negara Asia yang hingga saat ini belum pernah dijajah.

5 Negara Asia yang Belum Pernah Dijajah Ilustrasi Perang | Dokument by Fakultas Hukum UMSU

Penjajahan merupakan perlakuan suatu negara atau pemerintah untuk menguasai dan mengendalikan wilayah atau negara lain dengan kekuatan yang mereka miliki.

Banyak sejarah mengenai penjajahan di dunia ini, bahkan negara Indonesia pernah dijajah oleh negara-negara Eropa seperti Belanda, Inggris, dan Portugis.

Penjajahan tidak lepas dari sebuah peperangan, dimana ada negara yang menjajah dan negara yang di jajah akan mempertahankan wilayah yang mereka tinggali, sehingga akan menimbulkan peperangan.

Penjajahan sendiri bukan suatu hal yang baru, karena hal tersebut sudah sering terjadi bahkan sebelum terbentukanya negara-negara yang ada di dunia seperti sekarang.

Asia merupakan wilayah yang sering di jajah oleh negara-negara dari Eropa, contohnya Inggris menjajah India, Pakistan, Bangladesh, Malysia,Belanda menjajah wilayah Indonesia, Portugis menjajah India, Indonesia, dan masih banyak negara Eropa yang menjajah negara-negara di Asia.

Membicarakan penjajahan, ternyata ada 5 negara Asia yang belum pernah merasakan penjajahan.

1. China

China merupakan negara terbesar di Asia Timur dan salah satu negara terbesar di dunia berdasarkan luas daratan dan banyaknya populasi. Negara ini memiliki sejarah yang kaya dengan ragam budaya.

China memiliki pengaruh besar dalam dunia politik, ekonomi, dan budaya. Negara ini juga memiliki kekuatan militer serta pemerintahan yang kuat, sehingga akan sangat sulit untuk menjajah negara ini.

2. Thailand

Thailand merupakan negara yang terletak di Asia Tenggara dengan beragam kebudayaan. Thailand merupakan satu-satunya negara ASEAN yang tidak pernah dijajah oleh kekuatan Barat.

Thailand memiliki raja bernama Chulalongkorn yang dianggap sebagai salah satu raja terhebat dalam sejarah negara Thailand. Raja Chulalongkorn melakukan beberapa strategi agar negaranya tidak dijajah oleh negara lain.

Raja Chulalongkorn melakukan adopsi beberapa kebiasaan Eropa serta menjalin hubungan dengan Inggris untuk menghindari penjajahan oleh negara lain.

3. Arab Saudi

Arab Saudi merupakan negara yang terletak di Timur Tengah. Terkenal sebagai pusat Islam dan tempat suci utama bagi umat Islam yaitu Makkah dan Madinah.

Arab Saudi sendiri merupakan negara yang memiliki minyak terbesar di dunia dan menjadi produsen minyak dan gas untuk negara-negara di dunia.

Arab Saudi sendiri memiliki aturan yang ketat dalam hal agama, budaya, dan kehidupan sehari-hari yang dipengaruhi oleh ajaran Islam.

Arab Saudi sendiri merupakan negara yang belum pernah dijajah oleh negara lain. Dalam sejarah abad ke-16 negara ini berhasil menguasai sebagian wilayah di Eropa Tenggara, Asia Barat, hingga Afrika Utara, yang di pimpin oleh Kesultanan Utsmaniyah.

4. Bhutan

Bhutan merupakan negara kecil di Asia Selatan yang terletak di antara India dan Tiongkok. Bhutan merupakan negara yang belum pernah dijajah.

Pada tahun 1772 Inggris pernah mendatangi negara ini dan berencana menjajah, tetapi Bhutan berhasil melakukan negosiasi dan mendapatkan perjanjian damai dengan Inggris. 

Dalam perjanjian tersebut, Bhutan memberikan 5 ekor kuda dan memberikan izin kepada pasukan Inggris untuk malakukan penebangan kayu di negara tersebut.

5. Nepal

Nepal merupakan negara di Asia Selatan yang terkenal dengan pemandangan alamnya, terutama pegunungan Himalaya dan Gunung Everest, puncak tertinggi di dunia.

Nepal juga merupakan satu-satunya negara yang memiliki bentuk bendera berbeda dengan negara-negara yang ada di dunia.

Dalam sejarah, militer Nepal pernah berperang dengan Inggris pada tahun 1814-1816, yang juga dikenal sebagai Perang Gorkha. Nepal tidak pernah sepenuhnya dijajah oleh Inggris. 

Pasukan Inggris memutuskan untuk meninggalkan negara tersebut sebagai negara merdeka. Inggris juga mengagumi kemampuan pasukan Gurkha dan merekrut mereka sebagai tentara kolonial.

Penulis: Randi Nurdian Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Denmark, Negara dengan Indeks Kinerja Perubahan Iklim Tertinggi di Dunia

Denmark dinobatkan menjadi negara dengan indeks kinerja perubahan iklim tertinggi dengan skor 75,59 pada tahun 2023.

5 Kereta Tercepat di Asia Tenggara, Whoosh Peringkat Pertama?

Whoosh kereta cepat milik Indonesia menempati posisi pertama sebagai kereta tercepat di Asia Tenggara dengan jarak tempuh mencapai 350km/jam.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X