Inilah 5 Danau Terluas di Indonesia

Indonesia memiliki banyak danau yang menyimpan keindahan-keindahan. Berikut daftar lima danau terluas di Indonesia.

Inilah 5 Danau Terluas di Indonesia Danau Toba. Sumber: iStock

Indonesia memiliki beragam keindahan alam yang menjadi sebuah kelebihan. Kekayaan alam Indonesia pun tak jarang selalu menjadi daya tarik wisatawan. Setiap pulau atau pun wilayah di Indonesia tentu memiliki keunikan alamnya sendiri.

Mulai dari satwa yang tinggal di wilayah tertentu, tumbuhan yang hanya bisa dilihat dan tumbuh di wilayah tertentu pula, hal tersebut menjadi sebuah daya tarik yang tidak bisa dinikmati di tempat lain.

Tak luput pula dari perairannya, banyak laut indah yang mengelilingi Indonesia. Sungai yang masih terjaga, serta danau-danau yang menawarkan pesona lain pun turut menjadi pelengkap keindahan alamnya.

Danau-danau di Indonesia yang notabene dinikmati oleh wisatawan lokal, tak jarang menjadi perhatian wisatawan asing pula, seperti Danau Toba, yang menjadi salah satu danau terluas di Indonesia. Dilansir dari berbagai sumbar, inilah daftar lima danau terluas di Indonesia.

  1. Danau Toba (1.130 km2)

Sumber: Real Springs Indonesia

Peringkat pertama ditempat oleh Danau Toba, danau yang sangat terkenal dan banyak diketahui baik oleh wisatawan lokal maupun asing. Dengan luas sebesar 1.130 km2, danau ini menjadi danau terluas di Indonesia. Panjang Danau Toba pun mencapai 100 km dan lebarnya hingga 30 km. Danau yang terletak di Sumatera Utara ini memiliki ikon khas tersendiri, yaitu adanya Pulau Samosir di tengah-tengah danau.

  1. Danau Towuti (561,1 km2)

Sumber: Pegipegi

Danau yang terletak di Sulawesi Selatan ini menjadi danau teluas kedua di Indonesia dengan luasnya yang mencapai 561,1 km2. Danau Towuti pun memiliki keunikan tersedniri, yaitu ada 14 hewan endemic yang hanya ditemukan di wilayah danau ini. Selain luas, danau ini pun terkenal cukup dalam. Kedalaman Danau Towuti mencapai 203 m.

  1. Danau Tempe (350 km2)

Sumber: Good News From Indoneisa

Peringkat ketiga ditempati oleh Danau Tempe, danau yang masih berada di daerah Sulawesi Selatan. Dengan luasnya yang mencapai 350 km2, sekitaran danau ini masih ada kehidupan yang sangat tradisional. Selain itu, danau ini pun menjadi sumber mata pencaharian masyarakat sekitar dengen mencari ikan.

  1. Danau Poso (323 km2)

Sumber: Pesona Indonesia

Tanah Sulawesi memang tak henti-hentinya menawarkan keindahan alam. Danau Poso, danau yang terletak di Sulawesi Tengah, menempati peringkat keempat sebagai danau terluas di Indonesia dengan luasnya yang mencapai 323 km2. Danau ini memiliki panjang 32 km dan lebar 16 km. Sering diadakan festival di kota pinggir danau ini, yaitu Festival Danau Poso di Tentena.

  1. Danau Matano (164 km2)

Sumber: Aneka Wisata Nusantara

Danau yang berada di ujung timur Sulawesi Selatan ini menempati posisi kelima dengan luas sebesar 164 km2. Selain menjadi salah satu danau terluas di Indonesia, Danau Matano ini menjadi danau paling dalam di Asia Tenggara. Dengan kedalamannya yang mencapai 625 m, di tingkat dunia, danau ini menempati urutan kedelapan sebagai danau terdalam.

Penulis: Zalfa Ghina Khairunnisa
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Anggaran Bansos Nyaris Sentuh Rp500 T, Ini Program Prioritasnya

Berdasarkan keterangan dari Kemenkeu, program prioritas bansos 2024 di antaranya adalah BLT, PKH, dan bansos pangan.

Kilas Balik Pemilu 2024: Serba-Serbi Konflik Jelang Pemungutan Suara hingga Penghitungan Suara

Pemilu 2024 telah dilaksanakan tapi nyatanya masih banyak catatan merah pada pelaksanaannya, mulai dari persoalan kedisiplinan, intimidasi, dan sebagainya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook