10 Sup Terenak di Dunia 2022, 1 dari Indonesia

Taste Atlas baru-baru ini melakukan pemeringkatan sup terenak di dunia. Salah satu sup khas Indonesia berhasil dinobatkan dalam kategori 10 besar.

10 Sup Terenak di Dunia 2022, 1 dari Indonesia Ilustrasi sup | polaris50d/Shutterstock

Perkara kuliner, Indonesia memang juara. Ragam kuliner khas daerah dengan bumbu dan rempah nusantara memiliki cita rasa nikmat yang bervariasi bagi para penyantapnya. Jika biasanya masakan padang sudah terkenal dan dipuji-puji sebagai salah satu kuliner terenak di dunia, ada lagi kuliner Indonesia dinobatkan sebagai salah satu yang terenak.

Kali ini dalam kategori sup, Taste Atlas melakukan pemeringkatan daftar kuliner sup terenak di dunia pada 9 Agustus 2022 lalu. Dalam daftar ini, rawon masuk dalam peringkat 10 besar, tepatnya di posisi ke-8.

10 sup terenak di dunia tahun 2022 | Agaphier/GoodStats

Rawon, kuliner sup asal Jawa Timur ini memperoleh rating sebesar 4,7 dari skala 1 sampai 5. Sup yang kaya akan rasa ini terbuat dari daging sapi yang direbus lama dan diracik menggunakan berbagai rempah tradisional Indonesia seperti daun jeruk, serai, cabai, dan lainnya.

Bumbu yang menjadi elemen utama dari masakan rawon ialah biji kluwek. Biji berwarna hitam satu ini mengandung racun dalam kondisi mentah, namun melalui proses perendaman dan perebusan, biji kluwek bisa digunakan sebagai bumbu masakan yang memberikan cita rasa asam unik serta autentik.

Sementara itu, menurut laporan Taste Atlas sup Khao soi asal Thailand berhasil menduduki peringkat pertama sup terenak di dunia. Sup satu ini memperoleh rating sebesar 4,9 dari skala 1 sampai 5.

Khao soi merupakan hidangan sup berbahan dasar santan khas Thailand bagian Utara. Kuah dari sup ini memiliki sedikit rasa pedas yang merupakan kombinasi dari santan dan pasta kari merah. Kaldunya disajikan dengan mi telur pipih dengan pilihan daging seperti ayam, sapi, maupun babi.

Bagian atasnya disajikan dengan segenggam mi goreng renyah serta daun ketumbar cincang. Hidangan ini biasanya disajikan bersama ragam bumbu seperti jeruk nipis segar, acar kubis, bawang merah, dan cabai.

Adapun sup Cullen Skink asal Skotlandia menempati posisi ke-2 dengan raihan rating sebesar 4,8. Posisi ke-3 dan ke-4 diraih oleh kuliner sup khas Jepang yakni Ramen dan Tonkotsu Ramen dengan rating yang sama yakni sebesar 4,7.

Sedikit berbeda dengan ramen biasa, tonkotsu ramen diracik dengan kaldu babi yang memiliki lemak penuh cita rasa bertekstur creamy dan biasanya disajikan dengan pork belly yang lembut serta meleleh di mulut.

Beberapa sup lainnya yang masuk dalam daftar terenak di dunia antara lain ialah Żurek (Polandia), Mercimek çorbası (Turki), Sinigang (Filipina), Lohikeitto (Finlandia), dan Ciorbă de pește (Romania).

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Indonesia Negara Paling Doyan Boba di Asia Tenggara 2022
Artikel Selanjutnya Menilik Statistik Korupsi di Indonesia
Konten Terkait