10 Ras Kucing Termahal di Dunia, Ada Peliharaanmu?

Berikut 10 ras kucing termahal di dunia, ada yang sampai miliaran!

10 Ras Kucing Termahal di Dunia, Ada Peliharaanmu? Gambar kucing Ashera | cutecatsforyou.com

Kucing merupakan salah satu binatang peliharaan paling mendominasi yang digemari masyarakat di berbagai penjuru dunia.

Tak hanya sifat dan kepribadiannya yang berbeda-beda, kucing juga memiliki berbagai jenis ras. Mulai dari ras domestik hingga ras hibrida hasil dari persilangan antar ras kucing yang berbeda.

Harga dari masing-masing ras kucing tersebut pun bermacam-macam, bahkan ada yang mencapai miliaran. Berikut 10 ras kucing termahal di dunia, ada milikmu?

1. Ashera (Rp1,9 Miliar)

Ras kucing Ashera | cutecatsforyou.com

Ras kucing Ashera dinobatkan sebagai ras kucing termahal di dunia. Kelangkaan ras Asher ini membuat harganya dapat mencapai $125.000 atau setara dengan Rp1,9 miliar.

Secara kecantikan dan pola bulu, Ashera dinilai menyerupai macan tutul salju. Namun, tingkah lakunya mirip dengan kucing ras Savannah. Faktanya, beberapa ahli berpendapat pengujian genetik mengungkapkan bahwa kucing ras Ashera tidak lain adalah kucing Savannah F1.

Ras kucing eksotik ini merupakan hibrida dari kucing macan tutul Asia, kucing rumahan, dan serval Afrika. Terlepas dari kontroversi mengenai genetiknya, Ashera adalah kucing peliharaan paling berharga dan paling mahal di dunia.

2. Savannah (Rp773 Juta)

Ras kucing Savannah | iStock

Ras kucing Savannah merupakan kucing hibrida hasil persilangan kucing Serval Afrika dan kucing Persia domestik.

Seperti anjing, kucing Savannah memiliki sifat yang sangat setia dan gemar bersosialisasi. Kucing ras ini kuat dan lincah, mereka dikatakan cerdas, ingin tahu, suka bermain, dan aktif, serta membutuhkan banyak olahraga.

Savannah dapat diklasifikasikan menjadi lima jenis dari F1 hingga F5. Kucing F1 memiliki serval sekitar 50%, sedangkan kucing F5 memiliki serval sekitar 11%. Harga untuk ras ini bergantung pada jenis kelamin dan klasifikasinya. Harga untuk F1 betina dapat mencapai $50.000 atau setara dengan Rp773 jutaan.

3. Bengal (Rp386 Juta)

Ras kucing Bengal | iStock

Ras kucing Bengal terkenal dengan pola bulunya yang cantik berbintik dan bentuk tubuhnya yang berotot. Kucing ras ini memiliki penampilan yang liar dan eksotis tetapi merupakan hewan peliharaan kucing yang ideal.

Kucing Bengal memiliki sifat penyayang, ramah terhadap anak-anak dan anjing, serta sangat sosial. Karena asal-usulnya yang liar, mereka sangat aktif, energik, pintar dan sangat ceria.

Ras kucing Bengal dengan silsilah, generasi, dan kualitas bulu yang bagus dapat berharga hingga $25.000 atau setara dengan Rp386 jutaan.

4. Persia (Rp84 Juta)

Ras kucing Persia | iStock

Menurut sejarahnya, ras kucing Persia telah ada sejak ratusan tahun sebelum Masehi. Mereka terkenal dengan bentuk wajah, bulu panjang, dan matanya yang ekspresif. Ras ini juga memiliki kepribadian yang lembut, penyayang, dan mudah beradaptasi.

Namun, perawatan kucing Persia terbilang rumit dan harus teliti karena bulu panjangnya rentan yang harus dirawat dan disikat setiap hari.

Harga ras kucing Persia bisa mencapai $5.500 atau setara dengan Rp84 jutaan.

5. Peterbald (Rp77 Juta)

Ras kucing Peterbald | iStock

Ras kucing Rusia yang elegan, Peterbald, terkenal dengan tubuhnya yang tidak berbulu atau memiliki bulu yang menyerupai buah persik. Peterbald pertama kali diperoleh dari perkawinan silang antara Donskoy Rusia dan Oriental Shorthair. Mirip dengan kucing Donskoy, Peterbald memiliki gen dominan yang membuatnya tidak berbulu.

Beberapa kucing dari jenis ini memiliki bulu selembut beludru, sementara yang lain memiliki bulu yang terlihat kasar. Kulit mereka sangat sensitif dan rentan terhadap sengatan matahari, sehingga tidak dapat menghabiskan waktu lama di luar ruangan.

Kucing Peterbald memiliki kepribadian yang cerdas dan tenang. Harganya dapat mencapai $5.000 atau setara dengan Rp77 jutaan.

6. Sphynx (Rp46 Juta)

Ras kucing Sphynx | iStock

Ras kucing Sphynx dikenal dengan penampilannya yang tidak berbulu yang disebabkan karena gen resesif dan mutasi genetik alami, sehingga menghasilkan ras yang sehat dan kuat. Walau namanya identik dengan budaya Mesir, Sphynx sebenarnya berasal dari Toronto, Kanada.

Kucing ini dinilai sangat tangguh dan tidak rentan terhadap masalah genetik atau kesehatan yang serius. Dari segi kepribadian, mereka setia, suka bermain dan bersosialisasi, serta menikmati perhatian manusia.

Namun, Sphynx harus rutin dimandikan karena minyak tubuh yang seringkali menumpuk di kulitnya. Selain itu, mereka juga tidak nyaman berada di luar ruangan.

Harga ras kucing Sphynx dapat mencapai $3.000 atau setara dengan Rp46 jutaan.

7. Scottish Fold (Rp46 Juta)

Ras kucing Scottish Fold | iStock

Ras kucing Scottish Fold berdasarkan sejarahnya, ditemui pertama kali di wilayah Tayside, Skotlandia pada tahun 1961. Ras kucing ini dikenal dengan telinga fleksibelnya yang terlipat ke bawah dan ke depan, sehingga memiliki wajah kucing seperti boneka yang sedih.

Telinga terlipat yang menjadi ciri khasnya adalah hasil gen dominan yang mempengaruhi tulang rawan di seluruh tubuh kucing. Namun, kesehatan dapat menjadi masalah untuk ras ini yang dipengaruhi oleh jaringan sendi mereka yang mengalami degeneratif.

8. Russian Blue (Rp46 Juta)

Ras kucing Russian Blue | iStock

Ras kucing Russian Blue juga dikenal sebagai “kucing Malaikat Agung” karena asal usulnya dapat ditelusuri hingga ke kota Archangel di Rusia. Diperkenalkan pertama kali ke seluruh dunia pada tahun 1875 di Inggris.

Kucing Russian Blue memiliki sifat yang setia kepada majikannya, tetapi pemalu dengan orang asing. Mereka tidak suka bergaul dengan orang asing dan selalu menyendiri.

Matanya yang hijau cemerlang dan bulunya yang berwarna biru keperekan membuat ras kucing ini menjadi salah satu ras kucing termahal di dunia. Harga Russian Blue dapat mencapai $3.000 atau setara dengan Rp46 jutaan.

9. American Curl (Rp18 Juta)

Ras kucing American Curl | iStock

Ras kucing American Curl merupakan ras yang populer di kalangan pecinta kucing. Asal usul ras ini dapat ditelusuri kembali pada tahun 1981 di Lakewood, California.

Ciri fisik yang membedakan American Curl adalah bulu sutranya yang rata, tubuh persegi panjang berukuran sedang, mata ekspresif, dan telinga melengkungnya. Telinga keriting khas American Curl disebabkan oleh mutasi acak.

Kucing ini mempunyai kepribadian yang sangat penyayang dan suka bersosialisasi dengan manusia dan kucing lainnya. Harga American Curl dapat mencapai $1.200 atau setara dengan Rp18 jutaan.

10. American Wirehair (Rp18 Juta)

Ras kucing American Wirehire | iStock

Ras kucing American Wirehair adalah ras kucing Amerika klasik yang pertama kali ditemukan di New York bagian Utara sekitar tahun 1966.

Ciri khas yang membedakan kucing ini dari ras lain adalah bulunya dan kumisnya yang berkerut yang disebabkan oleh mutasi genetik.

Mirip dengan American Shorthair, Wirehair lucu, penuh kasih sayang, baik hati, mudah beradaptasi, bahkan dianggap sebagai kucing atletis yang cukup aktif.

Harga ras kucing American Wirehair dapat mencapai $1.200 atau setara dengan Rp18 jutaan.

Penulis: Anissa Kinaya Maharani
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Dari Apel hingga Semangka, Inilah 5 Buah Terbesar di Dunia

Beberapa buah terbesar memiliki bobot hingga 159 kilogram, ada pula yang memiliki ketinggian 1,2 meter.

Inilah Buah Termahal di Dunia, Ada yang Ingin Kamu Coba?

Dilansir dari Wealthy Gorilla, berikut daftar buah dengan harga termahal di dunia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook