10 Negara Terkecil di Dunia, Salah Satunya Ada di Asia

Banyaknya negara yang ada di dunia ini memiliki keunikannya masing-masing, termasuk luas wilayah dan jumlah penduduk. Berikut negara-negara terkecil di dunia.

10 Negara Terkecil di Dunia, Salah Satunya Ada di Asia Ilustrasi Peta Dunia. Sumber: Freepik

Melansir catatan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), jumlah negara di dunia kini ada 195 negara. Negara-negara ini tersebar di seluruh dunia mulai dari Asia, Afrika, Amerika, Eropa, dan Oseania. Dengan banyaknya negara di dunia, tentu luas dan besarnya pun beragam. Tapi, tahukah Anda ada beberapa negara yang tercatat sebagai negara terkecil di dunia?

Menurut data yang dikutip dari World Data, ada beberapa negara yang dikategorikan sebagai negara terkecil di dunia. Negara tersebut luasnya kurang dari 1.000 km2 dengan jumlah penduduk yang bervariasi. Berikut 10 negara terkecil di dunia.

  1. Vatikan

Sumber: Freepik

Dengan jumlah populasi yang kurang dari 1.000 orang, Vatikan menjadi negara terkecil di dunia dengan luas wilayah sebesar 400 m2. Negara yang tergabung di dalam Kota Roma, Italia ini menjadi negara terkecil di Eropa dan sudah diakui secara internasional sebagai negara independen terkecil di dunia.

  1. Monako

Sumber: iStock

Menduduki peringkat kedua sebagai negara terkecil di dunia, Monako memiliki luas wilayah berkisar 2 km2. Dengan luas wilayah yang cukup kecil, Monako terbilang memiliki populasi yang cukup padat, yaitu berkisar 36.000 orang.

  1. Nauru

Sumber: Pacific Tourism Organisation

Nauru adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Mikronesia, Pasifik Tengah. Nauru berada di dekat Kepulauan Solomon, Papua New Guinea, dan Kepulauan Marshall. Negara ini memiliki luas sebesar 21,1 km2. Populasi di Nauru berjumlah 12.511 orang.

  1. Tuvalu

Sumber: State Department

Negara yang dulunya dikenal sebagai Kepulauan Ellice ini memiliki luas sebesar 26 km2. Tuvalu terletak di antara Hawaii dan Australia di Samudera Pasifik. Negara ini memiliki populasi yang terbilang cukup banyak, yaitu sejumlah 11.204 orang.

  1. San Marino

Sumber: World Travel Guide

San Marino menduduki urutan kelima sebagai negara terkecil di dunia dengan luas wilayahnya yang berkisar 61 km2. Negara yang letaknya dikelilingi oleh Italia ini memiliki populasi yang cukup padat dengan jumlah penduduk sebanyak 33.745 orang.

  1. Liechtenstein

Sumber: State Department

Liechtenstein merupakan negara dengan sistem pemerintahan monarki konstitusional yang pemimpinnya adalah seorang pangeran. Negara ini memiliki luas wilayah sebesar 160,5 km2. Dengan luas wilayah yang tidak terlalu luas untuk sebuah negara, Liechtenstein memiliki populasi yang cukup besar, yaitu sejumlah 39.039 orang.

  1. Kepulauan Marshall

Sumber: iStock

Di posisi ketujuh ditempati oleh Kepulauan Marshall, kepulauan yang terletak di Samudera Pasifik dengan luas sekitar 1811,4 km2. Mulanya, Kepulauan Marshall memiliki penduduk yang sedikit, sesuai dengan luas wilayahnya yang tidak terlalu besar. Namun, jumlah penduduknya terus meningkat hingga sekarang mencapai sekitar 42.000 jiwa.

  1. Kepulauan Cook

Sumber: iStock

Kepulauan Cook menempati posisi kedelapan dengan luas wilayah sebesar 241,7 km2. Negara ini bertetangga dengan Selandia Baru, Samoa, dan Polinesia Prancis. Status negara ini adalah berasosiasi bebas dengan Selandia Baru dengan jumlah penduduk sebanyak 8.128 orang.

  1. Saint Kiss & Nevis

Sumber: State Department

Saint Kiss & Nevis terletak di benua Amerika dan memiliki luas wilayah sebesar 261 km2. Negara ini dulunya merupakan rumah bagi perkampungan Inggris dan Prancis di daerah Karibia. Dengan jumlah luas wilayah tersebut, Saint Kiss & Nevis memiliki populasi sekitar 47.000 jiwa.

  1. Maladewa

Sumber: iStock

Di posisi terakhir ditempati oleh Maladewa yang memiliki luas wilayah sekitar 300 km2. Maladewa terletak di Samudera Hindia dan termasuk negara terkecil di Asia. Maladewa terkenal unggul di sektor pariwisatanya dan kerap menjadi tujuan bulan madu.

Penulis: Zalfa Ghina Khairunnisa
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

10 Bandara Paling Sibuk di Dunia

Bandara tersibuk di dunia jatuh kepada Bandara Internasional Atlanta, dengan total 104 juta penumpang di tahun 2023.

10 Bandara dengan Peringkat Terendah 2023, Ada dari Indonesia!

3 dari 10 bandara dengan peringkat terburuk di dunia ada di Indonesia, masalah utama ada pada faktor ketepatan waktu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X