10 Negara dengan Pendapatan Terbanyak, Mayoritas Eropa!

Bermuda berada diurutan teratas sebagai negara dengan GNI tertinggi, mencapai US$ 125.240

10 Negara dengan Pendapatan Terbanyak, Mayoritas Eropa! Gambar lembaran uang 100 dolar AS yang saling bertindihan | Mackenzie Marco/Unsplash

Bank Dunia mengeluarkan data pendapatan nasional bruto atau gross national income (GNI) per kapita periode 2022 pada 83 negara. Dalam data tersebut, Bank Dunia mengelompokkan negara-negara di dunia berdasarkan tiga kategori yakni pendapatan tinggi (diatas US$ 13.205), menengah-atas (US$ 4.256-13.025), dan menengah-bawah (US$ 1.086-4255).

10 negara dengan GNI tertinggi | Goodstats

Mengacu pada data Bank Dunia, berikut 10 negara yang memiliki GNI per kapita tertinggi pada tahun 2022

1. Bermuda

Penampakan salah satu kota di Bermuda | Kino/Unsplash  

Bermuda merupakan sebuah negara yang masuk dalam bagian kerajaan Inggris dan terletak di Samudra Atlantik Utara. Negara yang beribu kota di Hamilton ini tercatatkan memiliki GNI US$ 125.240 per kapita.

Mengacu data worldometers pada 11 Juli 2023, negara ini dihuni oleh 61.585 jiwa dengan kepadatan penduduknya 1.246/Km2.

Pilar utama ekonomi Bermuda berasal dari bisnis internasional serta pariwisata Atlantik Utara. Bisnis internasional ini mayoritas berasal dari asuransi serta jasa keuangan dan menyumbang 85% dari PDB negara ini

2. Norwegia

Potret sekumpulan orang berjalan di Oslo, Norwegia | Kamil Klyta/Unsplash

Norwegia adalah salah satu negara yang berada di semenanjung Skandinavia, di benua Eropa. Negara bermata uang Krona  Norwegia ini, mempunyai GNI US$ 95.510 per kapita pada tahun lalu.

Per 11 Juli 2023 berdasarkan data worldometers, Norwegia tercatat dihuni oleh 5.549.003 orang dengan luas wilayah sebesar 365 ribu Km2 serta kepadatan penduduk hanya 15 Km2. 

Dahulu pada era viking, pendapatan utama negara ini berasal dari penangkapan ikan serta pertanian. Namun, saat ini sumber pemasukan Norwegia berasal dari sektor minyak dan gas. Kompas.com menyebut bahwa Norwegia merupakan penghasil minyak bumi terbesar di Eropa Barat. 

3. Luksemburg

Potret sekumpulan orang memainkan alat musik di kota Luksemburg | Nazim Coskun/Unsplash

Luksemburg adalah sebuah negara kecil yang berada di Eropa Barat dengan jumlah GNI nya yang mencapai US$ 91.200 per kapita. Negara yang tidak memiliki pantai ini beribukota di Luksemburg City dan mempunyai Perdana Menteri bernama Xavier Bettel.

Mengutip data worldometers, per 12 Juli 2023 negara ini ditinggali oleh 656.723 jiwa dengan tingkat kepadatan penduduknya mencapai 242/km2. Disebutkan oleh sindonews, bahwa secara statistik Luksemburg terdiri dari 60% imigran.

Melansir sindonews, negara yang berbatasan langsung dengan Prancis, Jerman, serta Belgia ini memperoleh pendapatan dari sektor bank, baja, serta industri.

4. Swiss

Pemandangan sebuah permukiman di Wengen, Lauterbrunnrn, Swiss | Yura Lytkin/Unsplash 

Swiss atau Switzerland merupakan sebuah negara yang berada di bagian Eropa Tengah. Negara yang beribukota di Bern ini memiliki GNI sebesar US$ 89.450 per kapita. 

Negara yang berada di pegunungan Alpen ini, sekarang dipimpin oleh seorang Presiden bernama Alain Berset serta Wakil Presiden  dengan nama Viola Amherd.

Berbatasan langsung dengan Jerman, Prancis, Italia, dan Austria, negara ini dihuni oleh 8.654.622 orang di atas wilayah seluas 39.516 km2 dengan kepadatan penduduk sebanyak 219/km2.

Tirto.co.id mencatatkan bahwa sektor pendapatan utama Swiss berasal dari perdagangan internasional usaha bank, industri berat, serta industri ringan.

5. Irlandia

Potret salah satu kuburan di Tipperary, Irlandia | Magdalena Smolnicka/Unsplash

Irlandia adalah sebuah negara yang berbatasan langsung dengan Samudra Atlantik. Negara yang bersebelahan dengan Irlandia Utara ini memiliki GNi setinggi US$ 81.070 per kapitanya.

Negara yang mempunyai ibukota bernama Dublin ini menggunakan Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi resmi negaranya. 

Berdasarkan data worldometers, Irlandia memiliki luas daratan sebesar 68.890 km2 yang per 12 Juli  lalu dihuni oleh 5.104.227 orang, serta memiliki kepadatan penduduk sebesar 72/km2. 

Dikutip dari merdeka.com, ekonomi negara ini merupakan ekonomi pengetahuan yang berkembang dengan fokus layanan teknologi tinggi, ilmu hayati, layanan keuangan, serta agribisnis.

6. Pulau Man

Pemandangan kembang api di Douglas Bay, Isle of Man | James Qualtrough/Unsplash

Pulau Man atau Isle of Man adalah sebuah negara yang terletak di laut Irlandia dengan nilai GNI nya mencapai US$ 79.300 per kapita. Negara ini beribukota di Douglas serta memiliki dua bahasa resmi yakni Inggris dan Manx.

Dilansir dari worldometers, per 12 Juli negara ini ditempati oleh 86.390 orang di atas wilayah seluas 570 km2 dengan kepadatan penduduknya 149/km2.

Perekonomian Pulau Man disebut bergantung pada sektor pariwisata, offshore banking, serta manufakturing. Dari 3 nama di atas, sektor perbankan dan layanan jasa menjadi penyumbang terbesar dari PDB mereka yang sebelumnya bergantung pada sektor pertanian dan perikanan.

7. Amerika Serikat

Pemandangan pada salah satu sudut Battery Park, AS | Bernd Dittrich/Unsplash

Amerika Serikat (AS) atau dalam bahasa Inggris disebut United States of America (USA) merupakan sebuah perserikatan dari 50 negara bagian di Amerika. Negara yang dihimpit oleh dua samudra besar dunia yakni Samudra Pasifik dan Atlantik ini memiliki GNI sebesar US$ 76.370 per kapitanya.

Per 12 Juli 2023 menurut data worldometers, AS dihuni oleh 336.8 juta jiwa di atas daratan seluas 9.14 juta km2 dengan kepadatan penduduknya mencapai 36/km2. Besarnya jumlah penduduk ini membuat AS berada di urutan ketiga sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia.

Jika dilihat berdasarkan PDB negara tahun 2022, AS berada di urutan teratas negara dengan ekonomi terbesar di dunia, kalahkan China. Disebut oleh CNBC Indonesia bahwa hampir 60% cadangan devisa bank sentral dunia diamankan dengan bentuk aset berdenominasi dolar AS.

8. Denmark

Potret perahu yang sedang bersandar di Nyhavn, Denmark | Nick Karvounis

Denmark adalah sebuah negara yang berdiri di atas daratan seluas 42.430 km2 di semenanjung skandinavia. Negara yang masuk dalam wilayah Eropa Utara ini memiliki GNI sebanyak US$ 73.200 per kapita.

Berlandaskan data worldometers pada 12 Juli, negara ini dihuni oleh 5.853.705 orang dengan tingkat kepadatan penduduknya sebanyak 137/km2.

Dilansir dari ilmugeografi, negara yang dipimpin oleh Ratu Margrethe II ini memiliki beberapa sektor yang menjadi sumber pendapatan utama seperti sektor jasa (80%), pertanian dan perikanan (2%), serta inovasi lingkungan dan industri ringan (11%).

9. Qatar

Pemandangan salah satu sudut  Skyline of Doha, Qatar | Florian Wehde/Unsplash

Qatar merupakan negara yang termasuk dalam kawasan Asia Barat. Letaknya di semenanjung kecil di Jazirah Arab dengan GNI mencapai US$ 70.500 per kapita.

Negara ini memiliki luas wilayah 11.610 km2 yang dihuni oleh 3.027.937 orang dengan kepadatan penduduknya sebanyak 248/km2.

Tuan rumah Piala Dunia 2022 lalu ini menggantungkan pendapatan negaranya dari cadangan minyak, gas, dan petrokimia yang melimpah.

10. Kepulauan Faroe

Pemandangan salah satu bukit yang berada di tengah-tengah laut di Mykines, Faroe island | Philip Waldhauer/Unsplash 

Kepulauan Faroe merupakan perkumpulan pulau yang berada di Samudra Atlantik Utara yang berada di bawah pimpinan Ratu Margrethe II dari Denmark.

Negara yang memiliki bahasa resmi Faroe ini memiliki GNI mencapai US$ 69.560 per kapitanya.

Dikutip dari laman worldometers, negara ini memiliki wilayah seluas 1.396 km2  yang dihuni  sebanyak 49.423 orang dengan kepadatan penduduknya 35/km2.

Melansir faroeisland Kepulauan Faroe mengandalkan sektor perikanan sebagai basis utama mereka. Mulai dari  industri pengolahan ikan, industri budidaya ikan hingga ekspor ikan. Industri perikanan ini memberi porsi 20% dari PDB mereka serta 15% dari angkatan kerja di negara tersebut.

Tak hanya itu, Faroe juga memiliki sumber pendapatan lain yang berasal dari jasa keuangan, bisnis perminyakan, perkapalan, manufaktur, penerbangan sipil, IT dan telekomunikasi, industri kreatif hingga pariwisata.

 

Penulis: Mela Syaharani
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Inilah 7 Negara dengan Kualitas Work-Life Balance Terbaik, Ada Tujuanmu?

Selandia Baru hingga Belanda menempati posisi teratas negara dengan kualitas work-life balance terbaik menurut Remote Technology.

Cina Jadi Negara dengan Perluasan Kawasan Reforestasi Hutan Terbesar di Dunia

Cina masuk dalam daftar pertumbuhan kawasan hutan terbesar, Indonesia justru masuk dalam daftar penurunan terbesar di dunia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X