10 Negara dengan Gaji Dokter Tertinggi di Dunia

Sempat hangat isu bantuan biaya hidup program dokter internship di Indonesia yang dinilai terlalu rendah. Negara mana saja yang miliki gaji dokter tertinggi?.

10 Negara dengan Gaji Dokter Tertinggi di Dunia Ilustrasi dokter | TimeImage Production/Shutterstock

Dokter merupakan gelar akademik yang diberikan untuk seseorang yang telah menempuh pendidikan kedokteran (masa pre-klinik), menjalani praktik dokter muda, serta mengikuti ujian kompetensi. Seorang dokter memiliki tugas utama untuk menyembuhkan seseorang dengan penyakit tertentu.

Beberapa waktu lalu, dunia kedokteran di Indonesia dihebohkan dengan peraturan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengenai Bantuan Biaya Hidup (BBH) program dokter internship yang dinilai terlalu rendah. 

Pasalnya, Kemenkes RI menetapkan BBH dokter internship di beberapa wilayah hanya senilai Rp1,1 juta. Angka ini mengalami penurunan dari peraturan sebelumnya dan menuai kritik dari berbagai pihak. 

Karenanya, Kemenkes kemudian merevisi aturan tersebut dan telah menetapkan besaran BBH yang lebih layak bagi dokter dan dokter gigi internship. BBH tersebut berkisar pada angka Rp3-6 juta yang dibagi ke dalam enam kategori berdasarkan wilayah.

Dengan masa studi yang panjang, biaya yang dikeluarkan untuk mengikuti pendidikan dokter umumnya tidak murah. Selain itu, pekerjaan dokter pun tidaklah mudah dan membutuhkan kompetensi yang berkualitas untuk bisa menjamin kesembuhan dan kesehatan pasiennya. Oleh karena itu, sudah sepantasnya profesi dokter mendapatkan gaji yang memadai.

Di beberapa negara, profesi dokter umum dan dokter spesialis memiliki kisaran gaji yang sangat tinggi. Pada tahun 2020, Medic Footprints merangkum sepuluh negara dengan gaji dokter paling tinggi. Negara mana sajakah itu?

10 negara dengan gaji dokter tertinggi di dunia tahun 2020 | GoodStats

Luksemburg menempati posisi teratas sebagai negara dengan gaji dokter umum dan dokter spesialis tertinggi di dunia. Di negara yang terletak di Benua Eropa ini, rata-rata gaji dokter umum senilai 278,9 dolar AS per tahun atau setara Rp5,5 miliar (Kurs: Rp15.574/dolar AS)  dan untuk dokter spesialis sebesar 352,3 ribu dolar AS per tahun atau mencapai Rp4,3 miliar.

Di Australia yang berada pada posisi ke-10 pun, gaji dokter cukup fantastis. Untuk dokter umum, rata-rata gaji mencapai Rp1,6 miliar. Sementara untuk dokter spesialis, setiap tahunnya memiliki pendapatan sekitar Rp3,3 miliar.

Penetapan gaji dokter di negara-negara di atas tentu berdasarkan banyak pertimbangan. Mahalnya biaya sekolah kedokteran di negara-negara tersebut serta canggihnya teknologi kedokteran yang digunakan turut menjadi faktor penentu besarnya gaji profesi dokter.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Tren Kejahatan Nasional Terus Menurun
Artikel Selanjutnya Marselino Ferdinan Masuk Deretan Pemain Termuda di Piala AFF 2022
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook