10 Klub Sepak Bola dengan Valuasi Tertinggi di 2022 Menurut Forbes

Pada tahun ini, nama Real Madrid menggeser Barcelona yang menjadi klub dengan valuasi tertinggi pada 2021.

10 Klub Sepak Bola dengan Valuasi Tertinggi di 2022 Menurut Forbes Aksi fans Real Madrid di Santiago Bernabeu | Marcos Mesa Sam Wordley/Shutterstock

Media bisnis dan finansial terkemuka asal Amerika Serikat, Forbes baru saja merilis laporan tahunan klub sepak bola dengan valuasi tertinggi di dunia pada (26/5) lalu. Pada tahun ini, nama Real Madrid menggeser Barcelona yang menjadi klub dengan valuasi tertinggi pada 2021.

Tak hanya itu, Manchester United yang pada tahun lalu berada di peringkat empat kini merangsek ke posisi tiga besar setelah menggusur Bayern Munich yang turun ke posisi lima. Meski prestasi The Red Devils di tahun ini tidak secemerlang beberapa tahun ke belakang, valuasi klub tersebut tetap naik hingga angka 10 persen.

Meski jadi yang tertinggi di ranah sepak bola, posisi Real Madrid ternyata masih di bawah lima klub olahraga lain di dunia. Saat ini, klub olahraga dengan valuasi tertinggi di dunia masih dipegang Dallas Cowboys dari National Football League (NFL) dengan valuasi sebesar 6,5 miliar dolar AS.

Klub New York Yankees dari Major League Baseball (MLB) menjadi klub kedua dengan valuasi tertinggi di dunia, yakni 6 miliar dolar A), disusul New York Knicks dari National Basketball Association (NBA) dengan valuasi 5,8 miliar dolar AS. Klub paling tajir keempat dan kelima diisi oleh Golden State Warriors (5,6 miliar dolar AS) dan Los Angeles Lakers (5,5 miliar dolar AS) dari NBA.

Real Madrid sendiri menjadi klub olahraga dengan valuasi tertinggi keenam di dunia, diikuti Barcelona di posisi tujuh. Lalu, siapa saja 10 klub sepak bola dengan valuasi tertinggi di dunia pada tahun ini?

10 klub sepak bola dengan valuasi tertinggi di dunia tahun 2022 | GoodStats

1. Real Madrid

Hingga Mei 2022, Real Madrid tercatat memiliki valuasi sebesar 5,1 miliar dolar AS atau sekitar 74,05 triliun rupiah (kurs 1 dolar AS= 14.521 rupiah). Angka tersebut berasal dari pendapatan sebesar 761 juta dolar AS dan pemasukan operasional sebesar 90 juta dolar AS.

Selain itu, Real Madrid juga mendapat pemasukan laga sebesar 62 juta dolar AS, penyiaran sebesar 2,2 milar dolar AS, serta iklan sebesar 1,9 miliar dolar AS. Valuasi Real Madrid naik sebesar 7 persen dari tahun sebelumnya.

2. Barcelona

Meskipun takhtanya digeser Real Madrid, jarak valuasi Barcelona dengan Los Blancos tersebut tidak terpaut jauh. Saat ini Barcelona memiliki valuasi sebesar 5 miliar dolar AS atau sekitar 72,6 triliun rupiah. Valuasi Barca selama setahun naik sekitar 5 persen.

Valuasi tersebut didapatkan dari pendapatan sebesar 692 juta dolar AS dan pemasukan dari laga sebesar 123 juta dolar AS. El Barca juga mendapatkan pemasukan dari penyiaran dan iklan masing-masing sebesar 2,2 miliar dolar AS dan 1,8 miliar dolar AS.

3. Manchester United

Manchester United menjadi klub paling tajir ketiga dengan valuasi sebesar 4,6 milar dolar AS atau sekitar 66,79 triliun rupiah. Meningkat cukup drastis, valuasi ini naik sekitar 10 persen dari nilainya di tahun lalu.

United memiliki pendapatan sebesar 663 juta dolar AS dan pemasukan operasional sebesar 128 juta dolar AS. Selain itu, Setan Merah juga mendapat pemasukan dari pertandingan sebesar 59 juta dolar AS, penyiaran (2,1 juta dolar AS), dan iklan (1,6 juta dolar AS).

4. Liverpool

Runner-up Liga Inggris musim ini, Liverpool memiliki valuasi sebesar 4,45 milar dolar AS. Klub yang dimiliki oleh John Henry dan Tom Werner ini memiliki pendapatan sebesar 654 juta dolar AS dan pemasukan operasional 104 juta dolar AS.

Valuasi Liverpool mengalami kenaikan sekitar 9 persen dari tahun sebelumnya. Beberapa perusahaan yang turut menjadi sponsor resmi Liverpool di tahun ini antara lain Carlsberg, Expedia Group, Nike, Standar Chartered, dan Wasabi.

5. Bayern Munich

Meskipun turun peringkat dari tahun sebelumnya, valuasi Bayern Munich tetap mengalami kenaikan sekitar 1 persen. Valuasi Bayern Munich di tahun ini sebesar 4,275 milar dolar AS atau sekitar 62,07 triliun rupiah.

Penguasa Bundesliga tersebut mendapatkan pemasukan operasional sebesar 102 juta dolar AS, pendapatan sebesar 726 juta dolar AS, pemasukan pertandingan sebesar 74 juta dolar AS, penyiaran sebesar 1,6 miliar dolar AS, dan iklan sebesar 1,8 miliar dolar AS.

6. Manchester City

Klub yang dimiliki oleh Sheikh Mansour bin Zayed ini mengalami kenaikan valuasi sekitar 6 persen dalam setahun. Saat ini valuasi Manchester City berada di angka 4,25 milar dolar AS.

Kampiun Liga Inggris musim ini tersebut mendapatkan pemasukan operasional sebesar 156 juta dolar AS, pendapatan sebesar 766 juta dolar AS, pemasukan laga sebesar 5 juta dolar AS, penyiaran sebesar 2 miliar dolar AS, dan iklan sebesar 1,5 miliar dolar AS.

7. Paris Saint-Germain

Klub terkaya di Prancis ini memiliki valuasi sebesar 3,2 miliar dolar AS atau sekitar 46,46 triliun rupiah. Klub yang dimiliki oleh Qatar Sports Investments ini memiliki pendapatan sebesar 661 juta dolar AS dan mengalami kenaikan valuasi sebesar 28 persen dari tahun sebelumnya.

Sayangnya, PSG harus merugi sebesar 102 juta dolar AS dalam hal pemasukan operasional. Klub yang bermarkas di Parc des Princes ini memiliki beberapa sponsor utama, antara lain Accor, Nike, Ooredoo, Qatar Airways, dan QNB.

8. Chelsea

Chelsea menjadi satu-satunya klub 10 besar valuasi tertinggi di dunia yang mengalami penurunan nilai selama setahun. Valuasi klub asal London tersebut turun sekitar 3 persen dari tahun sebelumnya.

Klub yang saat ini ditangani oleh Todd Boehly dan Clearlake Capital ini memiliki valuasi sebesar 3,1 miliar dolar AS atau sekitar 45,01 triliun rupiah. Pendapatan Chelsea di tahun ini sebesar 586 juta dolar AS.

9. Juventus

Si Nyonya Tua menjadi klub dengan valuasi tertinggi di Italia dengan angka 2,45 miliar dolar AS. Klub yang dimiliki oleh keluarga Agnelli ini meraup pendapatan sebesar 515 juta dolar AS.

Selain itu, Juventus juga mendapat pemasukan operasional sebesar 26 juta dolar AS, pemasukan laga sebesar 40 juta dolar AS, penyiaran sebesar 1,2 miliar dolar AS, dan iklan sebesar 800 juta dolar AS. Valuasi Juventus naik cukup tinggi dalam setahun, yakni sebesar 26 persen.

10. Tottenham Hotspur

Tottenham Hotspur menjadi klub asal Inggris kelima yang memiliki valuasi terbesar dengan angka 2,35 miliar dolar AS atau sekitar 34,12 triliun rupiah. Tottenham menjadi klub yang memiliki pendapatan sebesar 483 juta dolar AS.

Klub ini memiliki kenaikan valuasi sebesar dua persen dari tahun sebelumnya. Selain itu, Tottenham juga mendapatkan pemasukan operasional sebesar 127 juta dolar AS, pemasukan laga sebesar 11 juta dolar AS, penyiaran sebesar 1,2 miliar dolar AS, dan iklan sebesar 741 juta dolar AS.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Piala Presiden 2022 Siap Digelar, Miliaran Rupiah Hadiah dan Match Fee Disiapkan
Artikel Selanjutnya Masyarakat Paling Suka Bayar Pake eWallet Saat Berbelanja di eCommerce
Konten Terkait