10 Kampus Terbaik di Indonesia 2024 Versi QS World University, Adakah Kampusmu ?

Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung menjadi jejeran atas kampus terbaik di Indonesia versi QS World University Ranking

10 Kampus Terbaik di Indonesia 2024 Versi QS World University, Adakah Kampusmu ? Ilustrasi Pelajar Mahasiswa | Ordua/Shutterstock

Sebagai mahasiswa, terutama bagi mahasiswa baru, adalah hal yang wajar untuk bercita-cita mencari kampus terbaik yang menjadi impian mereka. Kampus sebagai tahap akhir pendidikan formal, memiliki peran penting dalam membimbing mahasiswa untuk mendalami pengetahuan di bidang-bidang yang lebih spesifik dan mendalam.

Kriteria kampus terbaik sendiri melibatkan banyak faktor, termasuk program akademik yang berkualitas, fasilitas yang memadai, keberadaan pengajar terkemuka, lingkungan belajar yang inspiratif, dan banyak elemen lainnya yang mendukung prestasi akademik dan pengembangan pribadi mahasiswa.

QS World University Ranking, sebuah perusahaan konsultan pendidikan yang berbasis di Inggris mengeluarkan peringkat dan mengevaluasi universitas-universitas terbaik di dunia berdasarkan kriteria-kriteria mereka. Kriteria tersebut mencakup beberapa hal seperti reputasi akademik, reputasi pemberi kerja, citra internasional, rasio dosen-mahasiswa, dan sebagainya. 

Diantara banyaknya kampus dunia diantara peringkat tersebut, berikut adalah 10 kampus terbaik di Indonesia 2024 berdasarkan versi QS World University Ranking 

View this post on Instagram

A post shared by GoodStats (@goodstats.id)

1. Universitas Indonesia (Peringkat dunia 237)

Kampus yang diidirikan pada tahun 1849 ini menduduki peringkat paling atas dari ratusan kampus di Indonesia dan Universitas ini berhasil menjadi peringkat 237 di dunia. Kampus utama Universitas Indonesia (UI) berlokasi di Depok, Jawa Barat, dan menjadi rumah bagi ribuan mahasiswa dari beragam disiplin ilmu. Universitas ini menawarkan lebih dari 200 program studi yang mencakup berbagai bidang.

2. Universitas Gadjah Mada (Peringkat dunia 263)

Universitas ini merupakan salah satu universitas terbaik dan paling bergengsi di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1949,Universitas Gadjah Mada berada di posisi kedua dan mengisi peringkat 263 di dunia. UGM awalnya didirikan sebagai Universitas Indonesia cabang Yogyakarta sebelum akhirnya memisahkan diri menjadi pendidikan tinggi terpisah. Prestasi pendidikan di UGM diakui secara internasional dan diperkuat oleh tim pengajar yang berpengalaman dan kompeten.

3. Institut Teknologi Bandung (Peringkat dunia 281)

ITB merupakan lembaga pendidikan tinggi terkemuka di Indonesia yang berfokus pada bidang ilmu dan teknologi. Terkenal dengan keketatannya dalam bidang akademik serta kualitasnya pendidikannya yang tinggi ITB juga menyediakan fasilitas modern seperti laboratorium canggih, perpustakaan lengkap, dan fasilitas lainnya yang mampu memadai kebutuhan mahasiswa.

4. Universitas Airlangga (Peringkat dunia 345)

Universitas Airlangga (UNAIR) didirikan pada tahun 1948 dengan nama "Fakulteit der Rechtsgeleerdheid". Sejak didirikan, UNAIR telah mengalami perkembangan pesat dan telah mengalami beberapa kali restrukturisasi. Pada saat ini, UNAIR memiliki 15 fakultas dan 1 program pascasarjana yang menawarkan lebih dari 120 program studi di berbagai bidang.

5. IPB University (Peringkat dunia 489)

Institut Pertanian Bogor (IPB) adalah sebuah universitas unggulan yang berfokus pada bidang pertanian dan ilmu kehutanan berlokasi di Bogor, Jawa Barat. Universitas ini memiliki 7 fakultas yang menawarkan lebih dari 70 program studi. Sejak didirikan pada tanggal 1 September 1963 IPB telah meraih berbagai penghargaan dan prestasi dalam macam-macam bidang.

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Peringkat dunia 621-630)

Sama seprti namanya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)  didirikan pada tanggal 10 November 1957. Berlokasi di Surabaya, Jawa Timur ITS memiliki 10 fakultas dan lebih dari 40 program studi. Pada tahun 2021, ITS juga menduduki peringkat ke-401 di QS World University Rankings untuk kawasan Asia.

7. Universitas Padjadjaran (Peringkat dunia 661-670)

Universitas Padjadjaran (UNPAD) merupakan perguruan tinggi yang terletak di Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Didirikan pada tanggal 11 September 1957, UNPAD memiliki lebih dari 100 program studi dengan 16 Fakultas. UNPAD memiliki beberapa program studi unggulan yang diakui secara nasional dan internasional seperti Fakultas Hukum UNPAD dikenal sebagai salah satu fakultas hukum terbaik di Indonesia.

8. Universitas Diponegoro (Peringkat dunia 791-800)

Universitas Diponegoro (Undip) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Didirikan pada tanggal 9 Januari 1957, Undip merupakan salah satu universitas terkemuka di Indonesia yang memiliki memiliki 12 fakultas dengan lebih dari 200 program studi di berbagai disiplin ilmu.

9. Universitas Brawijaya (Peringkat dunia 801-850)

Universitas Brawijaya (UB) Berdiri sejak 5 Januari 1963 di Malang, Jawa Timur. Presiden Republik Indonesia saat itu, Ir. Soekarno, meresmikan pendirian perguruan tinggi tersebut. Seiring berjalannya waktu, UB terus berkembang dan memperluas program studi dan fakultasnya. Saat ini UB menawarkan lebih dari 200 program studi dan 12 fakultas yang kompeten.

10. Binus University (Peringkat dunia 1.001-1.200)

Binus University, atau Universitas Bina Nusantara merupakan satu-satunya perguruan tinggi swasta  yang beradadi daftar ini. Didirikan pada tahun 1974 perguruan tinggi ini terletak di Kota Jakarta Binus memiliki kurang lebih 180 program studi dari berbagai bidang ilmu. Di lain sisi universitas ini terkenal aktif dalam menjalin kolaborasi dengan industri dan perusahaan terkemuka terutama di Indonesia.

Dengan adanya peringkat ini diharapkan kedepannya berbagai perguruan tinggi di Indonesia dapat terpacu untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di universitas, serta mampu menjadi daya tarik bagi mahasiswa dan akademisi berprestasi dari berbagai negara.

Penulis: Kurnia Elma Armavillia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Penduduk Indonesia yang Mengeluh Sakit Terus Menurun dalam 5 Tahun Terakhir

Sebanyak 26,27% penduduk Indonesia mempunyai keluhan kesehatan dalam sebulan terakhir pada 2023. Angka ini telah turun sebesar 6,09% dalam 5 tahun terakhir.

6 PLTU Terbesar di Indonesia: Letak dan Kapasitasnya

Indonesia mengandalkan PLTU untuk sebagian besar kebutuhan listriknya. Temukan 6 PLTU terbesar di Indonesia, lengkap dengan lokasi dan kapasitasnya!

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X