Yaman Jadi Negara dengan Index HAM dan Supremasi Hukum Terburuk

Berdasarkan data The Global Economy, Yaman tercatat menjadi negara dengan indeks HAM dan Supremasi Hukum terburuk.

Yaman Jadi Negara dengan Index HAM dan Supremasi Hukum Terburuk Ilustrasi HAM | Unsplash/MarkusSpiske

Setiap manusia yang lahir ke dunia memiliki hak alamiah yang melekat dalam diri manusia sebagai anugerah tuhan. Hak yang melekat tersebut disebut Hak Asasi Manusia (HAM). Selain itu, hak asasi manusia juga bisa terlaksana dengan baik jika terciptanya supremasi hukum yang juga baik dalam sebuah negara untuk melaksanakan kerja hukum yang adil.

The Global Economy melakukan pemeringkatan negara-negara di berbagai belahan dunia melalui skor indeks untuk mengukur tingkat hak asasi manusia serta supremasi hukum yang berlaku di setiap negara pada tahun 2022. Skor indeks tersebut membuat skor indeks 0 menjadi angka terendah dan 10 sebagai angka tertinggi, yang dimana jika skor indeks semakin mendekati 0 artinya semakin sempurna pula HAM dan supremasi hukum di negara tersebut. Sebaliknya, jika semakin mendekati 10 artinya HAM dan supremasi hukum negara tersebut semakin buruk.

Menurut data dari The Global Economy, Yaman menjadi negara dengan skor indeks HAM dan supremasi hukum terburuk di tahun 2022 dengan skor indeks di angka 9,9. Di bawah yaman, ada Iran yang tercatat memiliki skor indeks Ham dan supremasi hukum di angka 9,8. Posisi ketiga diduduki oleh negara dengan populasi paling tinggi di dunia, yakni Cina dengan skor indeks HAM dan supremasi hukum di angka 9,7 di tahun 2022. 

Jika ada yang terburuk, maka ada yang terbaik. Menurut data The Global Economy, Norwegia dan Finlandia menjadi negara dengan skor indeks HAM dan supremasi hukum terbaik di angka 0,3 di tahun 2022. Tak hanya Norwegia dan Finlandia  yang mendapatkan skor indeks di angka yang hampir nol, setelahnya ada Austria dan Islandia yang sama-sama mendapatkan skor indeks HAM dan supremasi hukum di angka 0,4. Disusul di bawahnya oleh Swiss dan Selandia baru yang masing-masing mendapatkan skor indeks di angka 0,5 pada tahun 2022.

Dari total 177 negara yang diperingkatkan,Yaman menjadi yang terburuk dan menempati peringkat 1. Sementara, Norwegia dan Finlandia  menjadi yang terbaik dengan menempati peringkat terakhir yakni 176 dan 177. Untuk Indonesia sendiri, berada di peringkat 79 dari 177 dengan skor indeks di angka 6,2 serta bisa dikategorikan menjadi peringkat menengah ke atas dalam Indeks Hak Asasi Manusia dan Supremasi Hukum di tahun 2022.

Penulis: Puja Pratama Ridwan
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Negara dengan Tarif Pajak Perusahaan Tertinggi dan Terendah di Dunia

Rata-rata tarif pajak perusahaan secara global terus menurun, ini negara dengan tarif pajak perusahaan tertinggi dan terendah di dunia.

Soekarno-Hatta jadi Bandara Tersibuk di ASEAN April 2024

Bertepatan dengan periode Lebaran, Soekarno-Hatta jadi bandara tersibuk di ASEAN dengan kapasitas kursi penerbangan mencapai 3.348.243 kursi pada April 2024.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X