Tim Voli Indonesia Catatkan Hattrick Emas Setelah Bungkam Tuan Rumah di SEA Games 2023

Tim voli Indonesia dapat disebut sebagai Raja Asia Tenggara karena telah mengoleksi total 12 emas, 7 perak, dan 2 perunggu

Tim Voli Indonesia Catatkan Hattrick Emas Setelah Bungkam Tuan Rumah di SEA Games 2023 Selebrasi Timnas Voli Putra saat berhasil meraih emas pada SEA Games 2023 di Kamboja | Egan/Kemenpora RI

Timnas voli putra Indonesia berhasil meraih medali emas pada ajang SEA Games 2023 Kamboja pada Senin (8/3). Emas berhasil direbut setelah Farhan cs membungkam tuan rumah Kamboja tiga set tanpa balas dengan skor akhir 25-21, 25-10, dan 25-15.

Dengan hasil ini, tuan rumah Kamboja harus puas mendapatkan medali perak dan medali perunggu direbut oleh Vietnam usai mengalahkan Thailand dengan skor akhir 3-0 di perebutan juara ketiga. Sebelumnya, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan perlawanan Vietnam dengan skor akhir 3-0 serta Kamboja mengalahkan Thailand dengan skor 3-2 pada babak semifinal yang berlangsung Minggu (7/5).

Pertandingan final yang berlangsung di Olympic Complex Indoor Main Hall sempat berlangsung sengit. Meskipun pada set pertama dimenangkan oleh Merah Putih, Kamboja sempat memperkecil ketertinggalan pada skor 13-16.

Pada set kedua, Timnas Indonesia terpantau mendominasi jalannya pertandingan dengan mengungguli Kamboja 9-0 dan Merah Putih menutup set kedua dengan skor akhir 25-10. Pada set ketiga, performa smash meyakinkan dari Farhan dan Rivan Nurmulki membuat Indonesia menang meyakinkan dengan skor akhir 25-11.

Setelah laga usai, Pelatih Timnas voli putra Jiang Jie berterima kasih kepada seluruh pemain yang telah bekerja keras utnuk mendapatkan emas. Selain itu, dirinya juga mengapresiasi atmosfer yang luar biasa kepada tim tuan rumah pada partai final.

"Terima kasih kepada seluruh pemain dan ofisial. Ini adalah kerja keras semua tim dan mendapatkan emas. Pertandingan berjalan dengan baik. Atmosfer yang luar biasa saat melawan tim tuan rumah di partai final,” terang Jiang Jie dilansir situs resmi Kemenpora RI, Senin (8/5).

Raihan ini menjadi medali emas ketiga Indonesia yang diraih secara berturut-turut pada ajang SEA Games, setelah tim Merah Putih juga berhasil meraih emas pada dua edisi sebelumnya di Filipina (2019) dan Vietnam (2021). Pada empat edisi SEA Games dari 2011 hingga 2017, emas cabor voli sempat diraih oleh Thailand.

Koleksi emas cabor voli putra pada SEA Games sepanjang masa | GoodStats

Namun apabila diakumulasikan sejak gelaran SEA Games pada 1977 silam, tim voli Indonesia dapat disebut sebagai Raja Asia Tenggara karena telah mengoleksi total 12 emas, 7 perak, dan 2 perunggu. Sementara itu, Thailand berada di posisi dua dengan koleksi 8 emas, 5 perak, dan 5 perunggu.

Selain Indonesia dan Thailand, hanya Myanmar (dulu masih bernama Burma) yang pernah meraih emas pada cabor ini, yakni sebanyak tiga kali pada tahun 1977, 1979, dan 1983. Myanmar juga pernah empat kali meraih perak dan empat kali meraih perunggu di ajang SEA Games.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Melihat Sejarah Capaian Medali Bulu Tangkis yang Tidak Pernah Absen, Selalu Masuk Tiga Besar

Indonesia gagal membawa pulang medali dari cabang olahraga (cabor) andalan, bulu tangkis di Asian Games 2022. PBSI diminta untuk evaluasi

Gegap Gempita ASEAN Para Games 2023, Siapa Koleksi Gelar Terbanyak?

Sejak pertama kali digelar pada 2001 lalu, Thailand masih mendominasi sebagai kontingen dengan perolehan juara umum terbanyak, yakni 6x

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook