GoodStats
Pencarian
Masuk

Jakpat: Masyarakat Indonesia Pilih Budget Rp1-2 juta untuk Liburan di Dalam Negeri

Jakpat merangkum beberapa rangcangan biaya dan destinasi wisata yang paling banyak diinginkan oleh seluruh responden di seluruh Indonesia.

Jakpat: Masyarakat Indonesia Pilih Budget Rp1-2 juta untuk Liburan di Dalam Negeri Ilustrasi Liburan I Nana Margono/Shutterstock

Liburan menjadi salah satu momen yang paling dinanti oleh semua orang. Aktivitas ini tentu bisa menjadi agenda menyenangkan untuk bersenang-senang dan berlibur dari segala rutinitas. Tidak hanya untuk bersuka ria saja, liburan juga sangat bermanfaat bagi kesehatan raga dan jiwa. Kondisi hati yang berbahagia bisa membawa energi baik bagi kondisi tubuh.

Dengan sedikitnya waktu dan biaya, disarankan bagi yang berencana untuk berlibur harus bersiap secara matang supaya kegiatan liburan tetap menyenangkan. Biasanya, para pelancong akan memilih destinasi yang sesuai dengan anggaran biaya yang telah ditetapkan sebelumnya. Hal ini sesuai dengan laporan Jakpat mengenai budget dan pilihan destinasi untuk liburan.

Mayoritas responden butuh budget Rp1-2 juta untuk liburan

Survei yang dilakukan oleh Jakpat pada Juni 2022 lalu menggunakan aplikasi Jakpat yang melibatkan 1.836 responden di seluruh Indonesia.

Laporan tersebut menemukan bahwa 79.4 persen responden memilih untuk berlibur ke destinasi wisata dalam negeri. Sementara sisanya 20,6 persen responden memilih berlibur ke luar negeri. Pemilihan destinasi lokal menjadi salah satu solusi untuk menyesuaikan budget atau anggaran yang telah direncanakan khusus untuk liburan.

Anggaran biaya liburan masyarakat Indonesia 2022 I GoodStats

Berkaitan dengan hal tersebut, sebanyak 30,2 persen responden membutuhkan budget Rp1.000.000 sampai Rp2.000.000 untuk liburan. Lalu, sebanyak 26,6 persen responden membutuhkan Rp2.000.000 sampai Rp5.000.000.

Kemudian terdapat 24,8 persen responden menyatakan hanya membutuhkan Rp1.000.000 untuk berlibur. Disusul dengan 18,5 persen responden membutuhkan budget lebih dari Rp5.000.000.

Laporan inti juga memperlihatkan sebagian besar responden 69,4 persen lebih memilih untuk berlibur dengan keluarga. Sementara itu, 37,9 persen responden berlibur dengan pasangan. Kemudian disusul oleh pilihan para responden untuk berlibur bersama teman (30,9 persen), sendiri (19,4 persen), dan hewan peliharaan (0,1 persen).

Setelah merencanakan anggaran dan melihat kondisi keuangan akan lebih mempermudah para wisatawan untuk memilih beberapa destinasi yang akan dituju. Berbeda dengan survei sebelumnya, Jakpat turut merangkum beberapa destinasi wisata lokal yang paling diminati oleh masyarakat.

7 destinasi wisata yang paling banyak diminati

Merilis hasil survei Jakpat pada 8 Juni 2022 melalui aplikasi pribadinya menemukan ada beberapa destinasi yang paling ingin dikunjungi oleh para responden. Dengan melibatkan 1.141 responden di seluruh Indonesia, Jakpat mengatakan Bali menjadi destinasi utama para wisatawan untuk liburan. Sebanyak 26,8 persen responden menyatakan paling ingin berkunjung ke Bali saat liburan.

7 destinasi wisata yang paling banyak diminati 2022 I GoodStats

Siapa yang tidak kenal dengan pesonanya, Bali sudah sangat populer dengan berbagai pilihan destinasi wisatanya. Beberapa waktu lalu, Ubud salah satu kota di Bali dinobatkan sebagai kota terbaik di Asia dan peringkat ketiga di dunia.

Majalah wisata asal Amerika Serikat “Travel + Leisure” mengatakan, survei ini merupakan penilaian dari 25 kota terbaik di dunia. Survei yang dilakukan 25 Oktober 2021-28 Februari 2022 lalu menempatkan Ubud pada skor 91,73 poin. Peringkat tersebut berhasil mengalahkan beberapa deretan kota metropolitan dunia seperti Istanbul (5), Mexico City (6), Osaka (9), Tokyo (12), dan Seoul (16).

Tidak hanya keindahan panoramanya, Bali juga dikenal sebagai salah satu wilayah yang masih mempertahankan budaya, seni, dan adat istiadat para leluhur. Banyak wisatawan mengaku betah karena keramah tamahan para penduduknya.

Selain Bali, destinasi lokal yang paling banyak diminati adalah Raja Ampat, dengan total suara 9,8 persen responden. Terletak di bagian timur Indonesia Indonesia, Raja Ampat telah populer dengan keindahan gugusan pulau yang masih alami. Banyak orang menyebut bahwa Raja Ampat adalah “Surga Kecil” di tanah Papua.

Para wisatawan akan dengan menemukan keindahan hamparan pasir putih di sepanjang pesisir pantai, pepohonan tropis, dan pohon mangrove yang hijau nan segar. Kondisi lautan yang masih asri menyimpan ratusan jenis ikan hias, terumbu karang, dan lain sebagainya. Sangat cocok untuk melakukan wisata air seperti snorkeling, diving, dan berenang.

Destinasi nomor tiga yang paling ingin dikunjungi menurut survei Jakpat adalah Yogyakarta dengan perolehan 9,7 persen responden. Kota Yogyakarta tentu tidak pernah kehabisan cara memberi berbagai pilihan memanjakan wisatawan yang sedang liburan. Para wisatawan akan disuguhkan dengan beberapa destinasi wisata kuliner, pemandangan alam, budaya, seni, hingga wisata masa kini lengkap di satu kota saja.

Masih berada dalam kawasan Indonesia bagian timur, Labuan Bajo juga menjadi salah satu destinasi yang paling ingin dikunjungi, yakni sebesar 8,9 persen responden. Terletak di salah satu desa di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur ini banyak menjadi pilihan liburan para wisatawan yang senang dengan kegiatan outdoor. Para wisatawan akan disuguhkan pemandangan pulau eksotis, keragaman hayati bawah laut, hewan komodo, hingga menengok langsung kegiatan masyarakat adat di sana.

Mengutip Jakpat, beberapa destinasi lain yang paling ingin dikunjungi adalah Gunung Bromo di Jawa Timur (5,9 persen), Lombok di Nusa Tenggara Barat (5,8 persen), dan Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah (5,2 persen).

Penulis: Nabilah Nur Alifah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya BTS jadi Idol K-pop dengan Penghargaan Terbanyak
Artikel Selanjutnya Tingkat Perceraian di Indonesia Meningkat, Apa Penyebabnya?
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook