Simak Data Jelang Piala Asia AFC U-23 2024, Timnas Bermain Melawan Siapa?

Masuk Grup A, Timnas Indonesia dipastikan bakal bertanding melawan tim tuan rumah, Qatar sejak penyisihan grup.

Simak Data Jelang Piala Asia AFC U-23 2024, Timnas Bermain Melawan Siapa? Dokumentasi Timnas Indonesia U-23 | PSSI

Timnas Indonesia harus dinyatakan pulang ke tanah air pada Piala Asia AFC 2024 kemarin, setelah menelan kekalahan 4-0 atas Australia di babak 16 besar, Minggu (28/1) di Stadion Jassim Bin Hamad Qatar.

Australia sukses mendapat 4 gol setelah dicetak oleh Martin Boyle, Craig Goodwin, Harry Souttar, serta gol bunuh diri yang dilakukan Indonesia melalui Elkan Baggott pada menit ke-12.

Namun tidak perlu berkecil hati. Indonesia melalui tim nasional U-23 juga lolos pada Piala Asia AFC U-23 2024. Pagelaran ini akan diadakan pada tanggal 15 April hingga 3 Mei 2024 nanti, dengan tuam rumah yang sama yaitu di Qatar.

Terlebih, Piala Asia AFC U-23 ini akan sekaligus menjadi babak kualifikasi untuk Olimpiade Musim Panas 2024 yang akan diadakan di Paris pada Juli nanti.

Ini akan menjadi sejarah baru bagi persepakbolaan tanah air, karena tahun ini menjadi tahun debut pertama Indonesia lolos pada Piala Asia AFC U-23.

Kapasitas stadion hingga 45 ribu penonton

Venue Piala Asia AFC U-23 2024 dengan kapasitas terbanyak | Goodstats

Terdapat setidaknya 4 stadion yang akan menjadi venue Piala Asia AFC U-23 2024. Stadion-stadion ini berada di 3 kota yang berbeda.

Di Al Rayyan, nantinya akan ada 2 stadion yaitu Khalifa International Stadium dengan kapasitas 45.857 penonton, serta Jassim bin Hamad Stadium dengan kapasitas 15 ribu penonton.

Stadion lainnya akan berada di Doha melalui Abdullah bin Khalifa Stadium dengan 10 ribu penonton, serta di Al Wakrah melalui Saoud bin Abdulralman Stadium dengan 12 ribu penonton.

Babak penyisihan yang melibatkan Tim Nasional Indonesia U-23 akan dilangsungkan di Jassim bin Hamad Stadium dan bdullah bin Khalifa Stadium.

Timnas Indonesia bermain dengan tuan rumah

Tim di Grup A Piala Asia AFC U-23 2024 dengan poin FIFA tertinggi | Goodstats

Proses drawing grup untuk babak penyisihan dilakukan di Doha pada tanggal 23 November 2023. Dalam hasil drawing tersebut, Indonesia berada di Grup A.

Itu berarti, Squad Garuda Nusantara akan bertanding langsung melawan tim tuan rumah yaitu Qatar sejak penyisihan grup. Grup A ini dinilai oleh beberapa pihak sebagai "grup neraka".

Dari sisi peringkat FIFA, Indonesia merupakan tim dengan peringkat paling buncit di Grup A. Indonesia berada di peringkat ke 146 dunia dengan 1064,01 poin per 21 Desember 2023. Qatar sendiri berada di peringkat ke-58 dengan 1407,3 poin.

Sementara itu, Australia menjadi tim terkuat di grup ini dengan 1539,22 poin atau di posisi ke-25 dunia. Yordania berada di posisi ke-87 dengan 1272,63 poin.

Pertandingan pertama adalah Indonesia melawan Qatar, yang akan dilangsungkan pada 15 April 2024 pukul 18.30 waktu setempat. Rencananya, pertandingan pertama di Piala Asia AFC U-23 2024 ini digelar di Jassim bin Hamad Stadium Al Rayyan.

Kerja keras semua pihak demi Timnas Indonesia

Pelatih Tim Nasional Indonesia U-23 Shin Tae-Yong merasa optimis akan hasil yang diperoleh timnya dalam menghadapi Piala Asia U-23 ke depan.

“Saya berani bicara, kita cukup bisa bersaing di Piala Asia (U-23 2024) nanti,” kata Shin Tae-Yong dalam keterangan di Republika.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir juga menyatakan rasa optimismya dalam ajang nanti. Ia yakin Indonesia mampu mencetak sejarah baru di Piala Asia U-23 2024.

“Saya berharap, kekalahan dari Australia tidak perlu diratapi. Masih ada target prestasi yang harus ditunjukkan bagi pemain dan juga pelatih. Saya percaya tim U-23 bisa masuk 8 besar,” kata Erick Thohir melansir Okezone.

Penulis: Pierre Rainer
Editor: Editor

Konten Terkait

Hasil Lengkap Tim-Tim ASEAN di Lanjutan Ronde 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia jadi yang paling sukses dengan torehan 6 poin. Myanmar, Thailand, dan Singapura masing-masing 1 poin, Malaysia, Vietnam, dan Filipina 0 poin.

Daftar Harga Pemain Timnas Indonesia Versi Transfermarkt, Thom Haye Termahal

Menurut perhitungan laman Transfermarkt, nilai pasar terbaru Thom Haye mencapai Rp52,14 miliar, tertinggi di skuad Timnas Indonesia saat ini.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X