GoodStats
Pencarian
Masuk

Siapa Tim Paling Produktif di Liga 1 Musim 22/23 hingga Pekan ke-10 Berlangsung?

Hingga pekan ke-10 berlangsung, Borneo FC Samarinda menjadi tim yang paling produktif menghasilkan gol di Liga 1 musim 22/23 dengan 23 gol.

Siapa Tim Paling Produktif di Liga 1 Musim 22/23 hingga Pekan ke-10 Berlangsung? Potret gelandang Borneo FC Samarinda Stefano Lilipaly kala menjamu Persita dalam lanjutan Liga 1 22/23 | Liga Indonesia Baru

Tak terasa, gelaran BRI Liga 1 Indonesia musim 2022/2023 telah berjalan selama 10 pekan atau hampir satu pertiga musim. Kompetisi antarklub pun berlangsung ketat. Hal tersebut dibuktikan dengan fakta bahwa hampir seluruh tim pernah mengalami kekalahan, kecuali PSM Makassar.

Selain itu, persaingan posisi lima besar di papan klasemen juga terpantau ketat. Tercatat hingga 1 Oktober pukul 15.00 WIB, jarak antara posisi lima dan puncak klasemen hanya berselisih dua poin saja.

Hal tersebut pun diamini oleh pemegang pucuk pencetak gol terbanyak atau top skor Liga 1 22/23 hingga pekan ke-10 asal Borneo FC Samarinda, Matheus Pato. Ia merasakan kompetitifnya liga musim ini dibandingkan dengan turnamen pramusim Piala Presiden lalu.

"Musim ini memang ketat dan semua striker berusaha menjadi yang terbaik. Saya juga bersemangat untuk bersaing," kata Pato dilansir Bola (7/9).

"Semua pertandingan tidak pernah mudah. Sangat berbeda dibandingkan dengan pramusim. Kami harus bekerja keras untuk meraih kemenangan," sambungnya.

Borneo FC Samarinda jadi yang paling produktif

Hingga pekan ke-10 berlangsung, Borneo FC Samarinda menjadi tim yang paling produktif menghasilkan gol di Liga 1 musim 22/23. Meskipun saat ini Pesut Etam masih bercokol di posisi enam klasemen, tetapi mereka berhasil mencetak 23 gol sekaligus menjadi yang terbanyak di antara 17 tim lainnya.

Pelatih anyar Borneo FC Samarinda, Andre Gaspar saat ini masih dalam tahap adaptasi untuk menukangi skuad Pesut Etam sepeninggalan Milomir Seslija. Meskipun begitu, dirinya yakin dapat memberikan perubahan yang lebih baik agar tetap bisa menjaga Borneo FC menjadi tim paling produktif sekaligus bersaing di puncak klasemen.

"Saya bisa melihat beberapa kelebihan dan kekurangan sebagian pemain. Masih ada cukup waktu untuk mendalami secara keseluruhan," kata Gaspar dilansir situs resmi BRI Liga 1 (30/9).

"Ya, saya mau menang di setiap pertandingan. Saya terus memotivasi pemain agar selalu bekerja keras," lanjutnya.

10 klub dengan jumlah produktivitas gol terbanyak di Liga 1 22/23 hingga pekan ke-10 | GoodStats

Jawara bertahan Liga 1 Bali United FC menjadi tim paling produktif kedua setelah Borneo FC. Saat ini, Bali telah membukukan total 21 gol dan mengoleksi 21 poin di posisi empat klasemen.

Di posisi tiga dan empat terdapat Madura United dan Persib Bandung yang sama-sama mengoleksi 19 gol. Untuk Persib, mayoritas gol tersebut disumbang oleh David da Silva (9) dan Lulinha Reis (6) untuk Madura United.

Klub lain yang masuk posisi 10 besar tim paling produktif hingga pekan ke-10 antara lain Persikabo 1973 (18), PSM Makassar (17), Persita Tangerang (16), RANS Nusantara FC (15), Persija Jakarta (12), dan Arema FC (11). Sementara itu, Persik Kediri menjadi tim yang paling tidak produktif, yakni hanya 4 gol yang baru dicetak.

Bali United jadi si “raja asis”

Kampiun Liga 1 musim lalu, Bali United FC menjadi tim yang paling produktif dalam mencetak asis. Hingga 10 pekan berlangsung, klub berjuluk Serdadu Tridatu tersebut secara kolektif telah mencatatkan total 18 asis.

Mayoritas asis tersebut disumbang oleh Fadil Sausu (6) dan Privat Mbarga (4). Keenam asis Fadil disumbang saat Bali United menjamu RANS Nusantara FC, Arema FC, PS Barito Putera, Persik Kediri, dan dua asis pada laga menjamu Dewa United; sementara Privat mencatatkan empat asisnya pada laga melawan Persib Bandung, Persik Kediri, dan dua asis juga kala menjamu Dewa United.

Pelatih kepala Bali United FC, Stefano Teco Cugurra menganggap Fadil dan Privat memiliki kontribusi yang penting untuk Bali United. Dirinya menyebut, kedua pemain ini sama-sama telah berpengalaman membantu Bali United juara di musim lalu.

"Fadil pemain yang sudah lama ada di Bali United. Dia pemain berpengalaman dan sudah bantu tim ini juara dua kali di Liga 1. Privat juga datang dari Liga Kamboja untuk bantu Bali United juara musim lalu. Kedua pemain ini tentu memiliki kontribusi yang baik untuk Bali United sejauh ini," kata Teco dilansir situs resmi Bali United (26/9).

Deretan klub dengan asis terbanyak di Liga 1 22/23 hingga pekan ke-10 | GoodStats

Posisi dua daftar tim pencetak asis terbanyak dicetak Borneo FC Samarinda dengan jumlah 15 asis. Angka ini sama dengan total asis yang dicatatkan oleh Persib Bandung. Persikabo 1973 berada di posisi empat dengan total 13 asis, disusul PSM Makassar dan Madura United dengan catatan 10 asis.

Sementara itu, Persita Tangerang berada di posisi tujuh dengan koleksi 9 asis. Terdapat enam klub yang mengoleksi delapan asis, antara lain Arema FC, Bhayangkara FC, Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, Persis Solo, dan RANS Nusantara FC.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Persikabo 1973 Jadi Klub “Raja Passing” Hingga Pekan ke-10 Liga 1 22/23
Artikel Selanjutnya Bagaimana Karakter Pemimpin yang Disukai Anak Muda Indonesia?
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook