Sempat Sentuh Angka Tertinggi dalam 4 Tahun Terakhir, Begini Kondisi Kurs Rupiah Sekarang

Melalui edukasi dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya stabilitas nilai tukar rupiah, diharapkan rupiah dapat menciptakan stabilitas ekonomi.

Sempat Sentuh Angka Tertinggi dalam 4 Tahun Terakhir, Begini Kondisi Kurs Rupiah Sekarang Ilustrasi Rupiah dan Dollar | Foto : Shutterstock

Nilai tukar rupiah merupakan salah satu indikator penting dalam ekonomi Indonesia, yang secara langsung mempengaruhi daya beli masyarakat serta kinerja perdagangan luar negeri. Fluktuasi nilai tukar rupiah selalu menjadi perhatian utama bagi pemerintah dan pelaku pasar karena dapat mencerminkan kondisi ekonomi secara keseluruhan.

Akhir-akhir ini, nilai tukar rupiah sempat sentuh nilai tertinggi dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini menandakan bahwa rupiah semakin melemah dibandingkan dengan mata uang asing lainnya, seperti dolar Amerika Serikat atau euro.

Melemahnya kurs rupiah ini menjadi kekhawatiran oleh para pelaku pasar dan analis ekonomi. Hal ini terutama karena meningkatnya inflasi yang mungkin akan terjadi. Melemahnya kurs rupiah dalam jangka waktu yang signifikan menggambarkan tantangan ekonomi yang dihadapi oleh Indonesia. 

Kurs Transaksi Rupiah Selama Bulan April 2024 | GoodStats

Penyebab Rupiah Melemah

Pelemahan nilai tukar rupiah telah menjadi sorotan akibat berbagai faktor eksternal yang mempengaruhinya. Salah satunya adalah tingginya tingkat inflasi di Amerika Serikat yang mencapai angka 3,48%. Kondisi ini menciptakan tekanan terhadap nilai tukar rupiah karena memicu spekulasi pasar terhadap potensi kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve AS.

Selain itu, penurunan surplus neraca perdagangan Indonesia turut memperburuk situasi. Kegiatan perdagangan yang masih bergantung pada impor ini, menempatkan tekanan pada cadangan devisa negara dan melemahkan nilai tukar rupiah.

Meskipun Bank Indonesia telah melakukan intervensi untuk menstabilkan nilai tukar rupiah, upaya tersebut masih terbatas dalam mengatasi volatilitas tinggi yang terjadi akibat pergerakan dolar Amerika Serikat yang fluktuatif. 

Cara Bantu Kuatkan Rupiah

Untuk membantu menguatkan rupiah, pemerintah perlu fokus pada beberapa langkah strategis. Dimulai dari penguatan ekonomi domestik yang melibatkan kebijakan yang mendukung pertumbuhan ekonomi, mengurangi defisit neraca perdagangan, dan meningkatkan daya saing industri dalam negeri.

Selanjutnya, stabilisasi fiskal dan moneter menjadi kunci penting. Pemerintah harus menerapkan kebijakan fiskal yang hati-hati, mengendalikan pengeluaran, serta mengurangi defisit anggaran. Sementara itu, kebijakan moneter harus diarahkan pada menjaga stabilitas harga dan nilai tukar.

Di samping itu, diversifikasi ekonomi menjadi strategi yang relevan. Mendorong pengembangan sektor-sektor non-migas seperti pariwisata, industri kreatif, teknologi, dan pertanian dapat membantu mengurangi ketergantungan pada impor dan meningkatkan daya saing ekonomi.

Masyarakat juga dapat berperan dalam meningkatkan produktivitas ekonomi dengan mendukung produk-produk lokal dan mengurangi ketergantungan pada barang impor. Dengan cara ini, masyarakat dapat membantu mengurangi defisit neraca perdagangan, yang berkontribusi pada penguatan nilai tukar rupiah.

Selain itu, masyarakat juga dapat memilih untuk berinvestasi dalam mata uang rupiah atau produk-produk keuangan dalam negeri, yang dapat membantu memperkuat nilai tukar rupiah secara keseluruhan.

Penguatan nilai tukar rupiah bukan hanya merupakan tujuan ekonomi semata, tetapi juga merupakan indikator kestabilan dan kedewasaan ekonomi suatu negara. Melalui kerja sama antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat, Indonesia dapat membangun fondasi yang kuat untuk menghadapi tantangan ekonomi masa depan dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

Penulis: Brilliant Ayang Iswenda
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Ini Dia Daerah dengan UMR Tertinggi di Indonesia, Ada Daerahmu?

Daerah dengan UMR tertinggi di Indonesia tahun 2024 jatuh kepada Kota Bekasi dengan UMR sebesar Rp5.343.430.

Gaji Polisi Naik 8% di 2024! Cek Daftar Gaji Tiap Pangkatnya

Gaji Polisi Naik 8% di Tahun 2024! Cek Rincian Gaji Terbaru Tiap Pangkatnya. Lengkap dari Tamtama hingga Perwira Tinggi!

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X