Selain Gunung Everest, Berikut Daftar 5 Gunung Tertinggi di Dunia

Gunung Everest telah lama dinobatkan menjadi gunung tertinggi di dunia. Namun, ada gunubg-gunung lain yang ketinggiannya tak jauh dari Everest

Selain Gunung Everest, Berikut Daftar 5 Gunung Tertinggi di Dunia Ilustrasi Pegunungan. Sumber: Freepik

Gunung merupakan salah satu keindahan alam yang harus dijaga. Selain keindahan yang dimiliki, gunung memiliki banyak manfaatnya untuk kehidupan manusia. Contoh nyatanya adalah sebanyak 60 hingga 80% air tawar di dunia tersimpan di daerah pegunungan. Selain itu, beberapa gunung di beberapa wilayah pun ditetapkan sebagai hutan lindung dan taman nasional karena keanekaragaman hayatinya.

Gunung juga dapat menjadi tempat wisata unggulan di beberapa daerah yang masih asri dan terjaga. Dengan banyaknya gunung di berbagai belahan dunia yang memiliki ciri khas dan cerita dibaliknya pasti dapat menjadi daya tarik tersendiri.

Dengan banyaknya ragam gunung di dunia dan ciri khasnya, berikut merupakan lima gunung tertinggi di dunia yang dilansir dari Discovery.

Urutan Ketinggian Lima Gunung Tertinggi di Dunia
  1. Gunung Everest (8.848 meter)

Sumber: BBC

Terletak di Himalaya, yaitu perbatasan antara Nepal dan Tibet, gunung ini memiliki tinggi 29.029 kaki atau setara dengan 8.848 meter di atas permukaan laut. Menjadi gunung dengan puncak tertinggi di dunia, tentu tidak mudah bagi orang-orang untuk menaklukkannya. Namun, terhitung pada tahun 1953, pendakian pertama gunung ini berhasil dilakukan oleh Sir Edmund Hillary dan Tenzing Noray.

  1. Gunung K2 (8.611 meter)

Sumber: iStock

Posisi kedua ditempati oleh gunung yang berada di perbatasan antara Pakistan dan China. Gunung K2 ini 778 kaki lebih pendek dari Everest dan dikenal sebagai salah satu yang mematikan. Gunung K2 memiliki jalur yang curam dengan level berbahay dan tinnginya jumlah kematian yang terjadi di lereng gunung membuat gunung ini mendapatkan julukan “Gunung Liar”.

  1. Kangchenjunga (8.586 meter)

Sumber: Adventure Great Himalaya

Terletak di perbatan antara Nepal dan India, gunung ini memiliki tinggi 8.586 meter dan dapat ditaklukkan pertama kali pada tahun 1955 oleh Joe Brown dan George Band. Dua orang tersebut berhenti di puncak paling atas sebagai bentuk penghormatan pada kepercayaan masyarakat Sikkam yang menganggap bahwa Kangchenjunga ini suci.

  1. Lhotse (8.516 meter)

Sumber: Pick Nepal

Lhotse memiliki arti “Puncak Selatan” dalam bahasa Tibet. Arti tersebut mengacu pada lokasi dari gunung ini yang berada di puncak paling selatan dari pegunungan Everest. Secara teknis, gunung ini dapat dikatakan memiliki kecuraman yang cukup ekstrem. Gunung ini dapat ditakulkkan pertama kali pada tahun 1956 oleh Fritz Luchsinger dan Ernst Reiss dalam ekspedisi Swiss.

  1. Makalu (8.485 meter)

Sumber: Base Camp Trekking

Gunung Makalu memiliki bentuk seperti piramuda yang tampak dramatis dan terletak di Nepal. Gunung ini berjarak 19 km dari Everest. Banyaknya bebatuan granit gelap yang menutupi sebagian besar lerengnya, Makalu memiliki arti “Hitam Besar”. Gunung ini ditaklukkan pertama kali pada tahun 1955 oleh Lionel Terray dan Jean Couzy, dua orang asal Perancis yang bisa melewati medan gunung yang cukup sulit.

Penulis: Zalfa Ghina Khairunnisa
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Kampanye Mancanegara dengan Biaya Fantastis, dari Modi hingga Biden

Tidak mudah untuk bisa mendapatkan posisi penting di sebuah negara. Selain usaha, rupanya materil juga diperlukan untuk bisa menyokong keinginan tersebut.

Hujan Paling Aneh yang Pernah Terjadi di Dunia, Ada Hujan Darah!

Dari hujan darah hingga laba-laba, berikut 7 hujan teraneh yang pernah terjadi di dunia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook