GoodStats
Pencarian
Masuk

Riau, “Surga” Kelapa Sawit Indonesia

Data dari Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa Provinsi Riau menjadi Provinsi dengan produksi dan perluasan lahan kelapa sawit tertinggi nasional.

Riau, “Surga” Kelapa Sawit Indonesia Ilustrasi Kebun Sawit | Pexels/Ihsan Adityawarman

Indonesia adalah negara dengan produksi sawit tertinggi di dunia. Untuk diketahui, sejak 2019 produksi sawit Indonesia terus mengalami kenaikan. Menurut data Badan Pusat Statistik, produksi sawit Indonesia pada tahun 2021 ada di angka 46223 ribu ton.

Tingginya produksi sawit Indonesia tidak lepas dari peran Riau sebagai provinsi dengan produksi kelapa sawit tertinggi. Menurut data Badan Pusat Statistik, Terhitung dari 2019, Provinsi Riau memiliki rata-rata produksi di angka 9375 ribu ton.

Kemudian, Kalimantan Tengah menjadi provinsi yang menduduki posisi nomor 2 dengan rata-rata total produksi 7983 ribu ton. Posisi tiga dan empat diduduki oleh Sumatera Utara dan Kalimantan Barat, dengan masing-masing rata-rata total produksi berada di angka 5578 dan 5514 ribu ton.

Tentu saja angka produksi kelapa sawit akan beriringan dengan perluasan lahan. Kembali merujuk dari data Badan Pusat Statistik. Riau kembali mengisi posisi pertama dengan sebagai provinsi dengan luas lahan sawit terbesar pada tahun 2021 dengan total lahan sawit di Provinsi Riau berada di angka 2.860 hektare.

Sedikit berbeda dengan data produksi sawit, rupanya provinsi dengan lahan sawit terbesar nomor dua dan tiga bukanlah Provinsi Kalimantan Tengah dan Sumatra Utara. Kalimantan Barat justru menjadi provinsi dengan total lahan sawit terbesar nomor dua dalam skala nasional dengan total lahan 2.117 hektare. Kalimantan Tengah berada di posisi ketiga dengan total lahan sawit seluas 1815 hektare.

Dari berbagai laporan tersebut, Provinsi Riau selalu menduduki posisi teratas. Bisa dikatakan bahwa Provinsi Riau adalah tulang punggung Indonesia dalam urusan kelapa sawit.

Perluasan lahan kelapa sawit di Provinsi Riau juga terus mengalami peningkatan sejak 2011. Meski sempat turun di tahun 2016, angka perluasan lahan kelapa sawit di Riau kembali naik di tahun 2017 hingga kini. 

Penulis: Puja Pratama Ridwan
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Di Indonesia, Lebih dari 50% Penduduk Usia 65-69 Tahun Masih Bekerja
Artikel Selanjutnya Daftar Negara dengan Wilayah Hutan Terluas di Dunia
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook