“Trio Lini Serang Mahal” Milik PSG Catat Gaji Fantastis

Cristiano Ronaldo masih menduduki posisi pertama sebagai pemain sepak bola dengan bayaran tertinggi di dunia, total per tahunnya mencapai Rp3,3 triliun

“Trio Lini Serang Mahal” Milik PSG Catat Gaji Fantastis Trio penyerang PSG--Messi, Neymar, Mbappe | Credit Photo Paris Saint Germain

Olahraga merupakan aktivitas yang bertujuan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh yang dilakukan dengan beragam cabang mulai dari olahraga darat, air, hingga udara. Selain itu olahraga terdiri dari olahraga fisik dan nonfisik. Olahraga fisik seperti renang, basket, dan bola. Sedangkan nonfisik biasanya lebih memakai pikiran seperti catur dan biliar.

Sepak bola menjadi salah satu cabang olahraga yang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Lebih dari 4 miliar fans sepak bola tersebar di penjuru dunia. Olahraga ini begitu dicintai karena permainannya yang mendebarkan dan aksi yang serba cepat.

Sepak bola muncul lebih dari 3.000 tahun yang lalu ketika pertama kali dimainkan oleh suku Aztec. Mereka menyebutnya Tchatali dan bermain dengan batu sebagai bola. Pada abad ke-2 dan ke-3 Sebelum Masehi, permainan bola pertama, yang disebut Cuju, terjadi di Tiongkok. Mereka bermain dengan bola kulit yang diisi dengan bulu. Di Yunani dan Roma kuno, permainan bola juga dimainkan, tapi bukan di Panhellenic Games atau di Amfiteater.

Seiring berjalannya waktu, permainan ini berevolusi menjadi bentuknya yang sekarang dan menjadi populer di seluruh Eropa sebelum menyebar ke bagian lain dunia.

Setiap negara pasti memiliki klub bolanya sendiri, tak heran jika berbagai bintang sepak bola muncul seiring banyaknya pertandingan sepak bola yang berlangsung. Bahkan ada beberapa pemain sepak bola terkenal yang mendapat bayaran dengan harga yang sangat fantastis. Majalah Forbes meriilis daftar pemain dengan gaji tertinggi di dunia.

1. Cristiano Ronaldo

Mega bintang Portugal, Cristiano Ronaldo, meninggalkan gemerlap sepak bola Eropa dan memilih Arab Saudi sebagai destinasi baruanya. Ronaldo menerima pinangan klub Liga Arab Saudi, Al Nassr dengan nilai kontrak yang sangat fantastis.

Al Nassr mengikat kontrak dengan Ronaldo hingga 2025 dengan kontrak bernilai Rp3,3 triliun per tahun. Kontrak dengan harga yang tinggi itu membuatnya menjadi pesebak bola dengan bayaran tertinggi di dunia. Bahkan, bayaran yang diterimanya hampir dua kali lipat di atas Messi.

2. Kylian Mbappe

Kylian Mbappe meneken kontrak baru dengan PSG pada tahun lalu, ia memperpanjang masa bakti bagi Les Parisiens hingga tahun 2025. Dengan kontrak barunya tersebut, Mbappe menerima total bayaran hingga 128 juta dolar AS atau Rp1,9 triliun.

3. Lionel Messi

PSG memiliki "trio lini serang mahal" dalam diri Kylian Mbappe, Lionel Messi, dan Neymar. Messi saat ini menempati peringkat ketiga dalam daftar pesepak bola dengan bayaran tertinggi. Menurut Forbes, pendapatan per tahun Messi mencapai 120 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,8 triliun.

4. Neymar

Masih dari “trio lini serang mahal” milik PSG, Neymar menjadi pemain dengan bayaran per tahun paling rendah dibanding kedua pemain lainnya. Pemdapatan pertahunnya saat ini senilai 87 juta dolar AS atau Rp1,3 triliun.

5. Mohamed Salah

Peringkat kelima pesebak bola dengan bayaran tertinggi 2023 ditempati oleh bintang Liverpool, Mohamed Salah. Winger asal Mesir ini memperpanjang kontraknya dengan Liverpool pada Juli tahun lalu dan menjadi pemain The Reds dengan gaji tertinggi.

Dalam kontrak barunya yang akan berakhir pada 2025 itu, Mo Salah mendapat gaji sebesar  485.000 dolar AS (Rp 7,5 miliar) per pekan. Untuk pendapatan total per tahun, uang yang masuk rekening Mohamed Salah diperkirakan mencapai 53 juta dolar AS atau sekitar Rp 826 miliar.

6. Erling Haaland

Gaji Haaland saat ini di Man City menyentuh angka 375 ribu paun atau sekitar Rp 7 miliar per pekan. Rencana City ini bisa menjadikan Haaland sebagai pemain Liga Inggris dengan gaji terbesar. Hal itu menjadi langkah City untuk memagari pemain berusia 22 tahun tersebut.

Sebab, Haaland sudah mulai dilirik oleh klub raksasa Eropa, Real Madrid. Klub asal Spanyol ini sudah menyiapkan strategi untuk memboyong Haaland.

Manchester City adalah salah satu klub kaya raya di Inggris. Klub berjuluk The Citizens tersebut menjadi penguasa Premier League dalam beberapa tahun belakangan ini.

Bersama Manchester City, Haaland tampil cemerlang. 42 gol dikemas Haaland di seluruh kompetisi bersama Man City. Kontrak Haaland sendiri bersama City baru akan habis pada 2027 mendatang.

7. Robert Lewandowski

Lewandowski mungkin tak tampil di tiga liga top Eropa (Inggris, Spanyol, dan Italia). Namun, gaji yang didapatkannya di Bayern sangatlah besar. Tepatnya pemain asal Polandia itu mendapatkan gaji 1,33 juta euro atau sekira Rp21 miliar per bulannya.

Gaji yang amat besar itu diberikan karena Lewandowski adalah salah satu pemain penting di Bayern. Bisa dikatakan Lewandowski adalah mesin pencetak gol di klub berjuluk The Bavarians tersebut. Jadi, wajar saja bila Bayern berani membayar upah mantan pemain Borussia Dortmund itu dengan uang yang sangat banyak per bulannya.

Penulis: Adel Andila Putri
Editor: Editor

Konten Terkait

Berapa Gaji Wasit di 5 Liga Top Eropa?

Mengutip The Athletic, gaji wasit di 5 liga top Eropa berada di kisaran US$65.780 hingga US$186.087 atau sekitar Rp1,07 miliar hingga Rp3 miliar per musimnya.

Indonesia Jadi Tim dengan Skuad Termuda di Piala Asia U-23 2024

Berdasarkan update daftar pemain Piala Asia U-23 2024 yang dirilis AFC pada Senin (15/4), skuad Indonesia U-23 punya rata-rata usia termuda yakni 21,21 tahun.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X