Pernikahan Charles-Diana Jadi yang Termahal di Dunia

Wafatnya Ratu Elizabeth II mengingatkan publik kembali terhadap sosok mendiang Putri Diana yang tercatat menggelar pernikahan termahal sepanjang masa.

Pernikahan Charles-Diana Jadi yang Termahal di Dunia Potret pernikahan Pangeran Charles dengan mendiang Putri Diana | Anwar Hussein/WireImage

Kabar wafatnya Ratu Elizabeth II pada 8 September 2022 membuat kita mengenang kembali sosok mendiang Putri Diana. Berbicara mengenai pernikahan termahal, pernikahan antara Pangeran Charles yang kini bergelar Raja Charles III dengan mendiang Putri Diana menjadi pernikahan dengan biaya termahal sepanjang masa.

Pernikahan yang dihelat pada 29 Juli 1981 di Gereja St. Paul’s Cathedral tersebut menghabiskan dana sebesar 48 juta dolar AS kala itu. Namun jika disesuaikan dengan nilai saat ini, biayanya menyentuh 110 juta dolar AS yang mana bila dirupiahkan nilainya setara dengan Rp1,57 triliun.

Saat bertunangan, Pangeran Charles memberikan cincin batu safir biru yang dikelilingi 14 butir berlian. Nilainya pun ditaksir mencapai 30.000 pound sterling atau setara Rp520 juta. Saat prosesi pernikahan, Putri Diana menggunakan gaun berbalut 10.000 mutiara asli dan kereta kuda sepanjang 8 meter yang merupakan kereta terpanjang dalam sejarah pernikahan kerajaan.

Putri Diana kemudian melahirkan putra pertama yakni Pangeran William setahun setelah pernikahan, tepatnya pada 21 Juni 1982. Kemudian pada 15 September 1984, Putri Diana melahirkan putra kedua yang dikenal sebagai Pangeran Harry.

Meskipun demikian, pernikahan Charles-Diana pun kandas. Keduanya memutuskan bercerai pada 28 Agustus 1996. Usai bercerai, Putri Diana melelang 79 gaun yang pernah dipakainya semasa menjadi putri dan memperoleh 4,5 juta dolar AS atau sekitar Rp66,7 miliar yang mana uang tersebut disumbangkan sebagai amal.

Publik pun dikejutkan oleh kabar meninggalnya Putri Diana pada 31 Agustus 1997. Putri Diana tewas akibat kecelakaan mobil setelah menghadiri makan malam di Ritz Paris dengan Dodi Al Fayed, putra konglomerat Mohamed Al Fayed.

Beralih ke posisi berikutnya, pernikahan antara Pangeran Harry dengan Meghan Markle menghabiskan dana sebesar 45 juta dolar AS atau setara dengan Rp655,3 miliar. Pada pernikahan yang berlangsung pada 19 Mei 2018 tersebut, Meghan Markle menggunakan gaun rancangan Givenchy yang harganya mencapai Rp6,1 miliar. Pernikahan keduanya turut dihadiri oleh sejumlah bintang Hollywood.

Selain itu, beberapa pernikahan lainnya yang juga menghabiskan dana terbesar antara lain ialah pernikahan Michael Jordan dan Yvette Prietto (Rp143,2 miliar), Kim Kardashian dan Kris Humphries (Rp143,2 miliar), serta Justin Timberlake dan Jessica Biel (Rp93,07 miliar).

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Mengintip Kerugian Negara yang Disebabkan 10 Koruptor Bebas Bersyarat
Artikel Selanjutnya Apa Kompensasi yang Diharapkan Masyarakat Akibat Kenaikan Harga BBM?
Konten Terkait