5 Pemimpin Negara dengan Followers Linkedin Terbanyak 2024

Pemimpin-pemimpin dunia ini aktif bermedia sosial hingga mendapat jutaan followers di Linkedin. Siapa saja?

5 Pemimpin Negara dengan Followers Linkedin Terbanyak 2024 Ilustrasi Linkedin. Photo by Souvik Banerjee from Unsplash

Di zaman serba digital ini, semua orang menggunakan media sosial untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain. Penggunaannya yang mudah dan gratis menjadikan media sosial sebagai andalan untuk bisa berkoneksi dengan banyak orang.

Salah satu media sosial yang kini sering digunakan adalah Linkedin. Umumnya, Linkedin digunakan untuk mencari pekerjaan atau membagikan ilmu-ilmu baru terkait pekerjaan tersebut. Populernya Linkedin sebagai media sosial lantas tidak hanya menjadikannya digunakan oleh orang biasa saja, melainkan juga oleh para pemimpin dunia.

Di tahun 2024, berikut pemimpin dunia yang punya followers fantastis di Linkedin.

1. Justin Trudeau

Ilustrasi Justin Trudeau. Photo from Wikipedia
Ilustrasi Justin Trudeau. Photo from Wikipedia

Justin Trudeau merupakan Perdana Menteri Kanada ke-23. Ia telah menduduki kursi pemerintahan tersebut selama sembilan tahun, tepatnya semenjak tahun 2015.

Karir politik Trudeau dimulai pada tahun 2008. Di tahun tersebut, Trudeau mencalonkan diri untuk parlemen dengan mewakili Papineau, sebuah kelompok etnis di Montreal. Di sana, ia mendapatkan jatah kursi parlemen dengan memihak Partai Liberal Kanada. Karirnya yang gemilang membuat Trudeau dapat menduduki kursi pemerintahan tertinggi Kanada, yaitu menjadi perdana menteri.

Bagi Partai Liberal, Trudeau merupakan sebuah harapan yang bisa mengembalikan partai tersebut ke masa kejayaannya kembali. Hal tersebut dikarenakan Trudeau adalah politisi yang tampan, berjiwa muda, dan karismatik. Berkat kemampuannya di ranah politik, Trudeau menyita perhatian publik dan berhasil mendapatkan banyak followers di berbagai media sosialnya.

Di Linkedin sendiri, per 2024, Trudeau berhasil mendapatkan 5,425,925 followers. Jumlah tersebut menjadikannya sebagai salah satu pemimpin dunia dengan jumlah followers terbanyak di Linkedin.

2. Narendra Modi

Ilustrasi Narendra Modi. Photo from Wikipedia
Ilustrasi Narendra Modi. Photo from Wikipedia

Narendra Modi, petahana Perdana Menteri India ini berhasil mendapatkan 4,242,086 followers di Linkedin.

Modi sudah berkecimpung di dunia politik sejak puluhan tahun lalu. Sejak kecil, Modi rutin mengikuti shakhas (sesi pelatihan) yang diadakan oleh organisasi militan India, Rashtriya Swayamsevak Sangh (RSS). Dari sana, ia terus melebarkan sayapnya hingga berhasil menjadi Perdana Menteri India di bawah naungan Bharatiya Janata Party (BJP).

3. Mohammed bin Rasyid al-Maktoum

Ilustrasi Mohammed bin Rashid Al-Maktoum. Photo from Wikipedia
Ilustrasi Mohammed bin Rashid Al-Maktoum. Photo from Wikipedia

Uni Emirat Arab mempunyai pemimpin yang terkenal tidak hanya di kehidupan nyata, namun juga di media sosial.

Mohammed bin Rasyid al-Maktoum kini menjabat sebagai wakil presiden, perdana menteri dan Emir Uni Emirat Arab dan Dubai. Ia dicintai oleh banyak orang, terlihat dari pengikut media sosial Linkedin-nya yang mencapai 3,021,625 followers.

Mohammed bin Rasyid al-Maktoum sendiri menjabat ketiga titel tersebut sejak puluhan tahun lalu, tepatnya dari tahun 2006. Pemimpin Uni Emirat Arab ini pernah bertemu dengan Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto pada Juli 2022.

4. Emmanuel Macron

Ilustrasi Emmanuel Macron. Photo from Wikipedia
Ilustrasi Emmanuel Macron. Photo from Wikipedia

Emmanuel Macron merupakan Presiden Perancis ke-25 yang telah menjabat selama hampir tujuh tahun, tepatnya dari tahun 2017.

Macron sudah familiar dengan ranah politik. Sebelum menjadi orang nomor satu di Perancis, Macron sempat menduduki kursi penting pemerintahan lain. Macron pernah menjadi Menteri Perekonomian, Industri dan Digital selama dua tahun serta pernah menjadi Wakil Sekretaris Jenderal Presiden selama dua tahun juga.

Macron merupakan salah satu pemimpin dunia termuda di dunia. Ia dilantik menjadi Presiden Perancis pada saat umurnya belum menginjak 40 tahun, tepatnya saat Macron masih berumur 39 tahun.

Selain aktif di dunia politik, Macron juga terlihat aktif di sejumlah media sosial. Di media sosial Instagram, Macron berhasil mendapatkan 3,4 juta followers. Macron juga kerap bercengkrama di platform X (Twitter) yang sudah mencapai 9,6 juta followers. Sementara untuk Linkedin, Macron mempunyai followers sebanyak 2,842,215.

5. Rishi Sunak

Ilustrasi Rishi Sunak. Photo from Wikipedia
Ilustrasi Rishi Sunak. Photo from Wikipedia

Selain menjadi Pemimpin Partai Konservatif Inggris, Rishi Sunak juga merupakan Perdana Menteri Inggris setelah berhasil mengungguli pendahulunya, Liz Truss. Sunak menjabat sebagai perdana menteri mulai dari tahun 2022, sehingga ia telah menjalankan pemerintahan selama dua tahun.

Sunak merupakan pria keturunan India. Kedua orangtuanya memilih untuk bermigrasi ke Inggris pada tahun 1960-an. Sunak menjalani kehidupannya di Inggris, di mana ia mengambil jurusan filosofi, politik dan ekonomi di Oxford dan melanjut pendidikan S2-nya di Universitas Stanford. 

Sunak merupakan pemimpin yang cukup aktif bermain media sosial. Pengikutnya di platform X (Twitter) mencapai 2,3 juta. Di media sosial Instagram, Sunak mempunyai 3,3 juta pengikut. Sementara itu, pengikut Sunak di media sosial Linkedin menyentuh angka 1,997,104.

Penulis: Almas Taqiyya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Di Belakang Brasil, Indonesia Miliki Ragam Hayati Terbesar Kedua di Dunia

Indonesia menjadi rumah bagi beragam jenis tumbuhan dan hewan, negara mana saja yang miliki anugerah serupa?

Taylor Swift Menjadi Miliarder, dari Mana Saja Sumber Kekayaannya?

Kesuksesan finansial seorang penyanyi tidak hanya berasal dari penjualan rekaman atau konser, tetapi juga dari strategi bisnis yang cerdas.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X