Negara dengan Pemeluk Agama Kristen Terbanyak di Dunia

Menurut data dari World Population Review, Amerika Serikat memimpin dengan jumlah penduduk pemeluk agama Kristen terbanyak di dunia.

Negara dengan Pemeluk Agama Kristen Terbanyak di Dunia Ilustrasi simbol salib | Pixabay

Agama kristen merupakan agama Abrahamik yang memiliki lebih dari 2 miliar penganut dengan lebih dari 30% populasi global. Ini berarti sekitar sepertiga dari total penduduk dunia beragama Kristen.

Melansir data dari World Atlas, per tahun 2022, agama Kristen memang merupakan agama dengan jumlah penganut terbesar di dunia mencapai 2,38 miliar jumlah pengikut dari sepuluh agama lainnya.

Mayoritas penduduk beragama Kristen berada di Eropa, Rusia, Amerika Utara, Amerika Selatan, sebagian Afrika, Timor Leste, Filipina, dan sebagian besar Oseania. Namun, agama Kristen juga dipraktikkan dalam skala yang lebih kecil di wilayah-wilayah seperti Timur Tengah dan juga termasuk Indonesia.

Dari sekitar 21 negara di seluruh dunia, termasuk Inggris, Yunani, hingga Islandia, agama Kristen dianggap sebagai agama negara.

Negara dengan jumlah penduduk penganut agama Kristen terbanyak di dunia per 2022 | Goodstats

Menurut data dari World Population Review, dalam hal jumlah umat Kristen yang tinggal di suatu negara, Amerika Serikat memimpin dengan jumlah penduduk pemeluk terbanyak mencapai sekitar 230 juta jiwa. Disusul oleh Brasil pada posisi kedua, tepatnya lebih dari 180 juta jiwa.

Negara dengan persentase populasi penganut agama Kristen terbanyak di dunia per 2022 | Goodstats

Dalam hal persentasenya dibandingkan dengan populasi suatu negara secara keseluruhan, posisi teratas dengan pemeluk agama Kristen terbanyak ditempati oleh Kota Vatikan, negara kota independen yang menjadi markas besar Gereja Katolik. Sekitar 825 warga Vatikan semuanya beragama Kristen, sehingga persentasenya mencapai 100%.

Di peringkat kedua ada Timor Leste (sebelumnya Timor Timur). Dari lebih dari 1,1 juta penduduk negara kepulauan ini, sekitar 99,1% beragama Kristen.

Sebanyak 98% dari 70.000 penduduk Samoa Amerika menganut agama Kristen, namun Samoa adalah wilayah AS dan bukan negara merdeka. Dengan demikian, tempat ketiga jatuh ke Rumania, yang 98% penduduknya beragama Kristen.

Agama dengan ppenganut terbanyak di Indonesia | Goodstats

Di Indonesia sendiri, Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), agama Kristen menjadi agama dengan pemeluk terbanyak kedua sebanyak 20,65 juta jiwa atau 7,43% dari populasi di dalam negeri, yaitu 277,75 juta jiwa hingga akhir tahun 2022.

Di posisi pertama ditempati oleh agama Islam sebanyak 241,7 juta penduduk atau setara dengan 87,02% dari populasi.

Kemudian, di posisi ketiga dengan 8,5 juta jiwa atau 3,06% penduduk di dalam negeri memeluk agama Katolik.  

Penduduk Indonesia yang beragama Hindu tercatat sebanyak 4,69 juta jiwa atau 1,69%. Lalu, sebanyak 2,02 juta atau 0,73% populasi Indonesia merupakan pemeluk agama Buddha.

Penduduk yang menganut ajaran Konghucu sebanyak 74.899 jiwa atau hanya 0,03%. Sementara, ada 117.412 jiwa atau 0,04% penduduk Indonesia yang menganut aliran kepercayaan.

Penulis: Anissa Kinaya Maharani
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Inilah 7 Negara dengan Kualitas Work-Life Balance Terbaik, Ada Tujuanmu?

Selandia Baru hingga Belanda menempati posisi teratas negara dengan kualitas work-life balance terbaik menurut Remote Technology.

Cina Jadi Negara dengan Perluasan Kawasan Reforestasi Hutan Terbesar di Dunia

Cina masuk dalam daftar pertumbuhan kawasan hutan terbesar, Indonesia justru masuk dalam daftar penurunan terbesar di dunia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X