Naik Peringkat ke-10 Besar Dunia, Ini Sepak Terjang Leo/Daniel dalam 6 Bulan Terakhir

Dalam enam bulan terakhir atau tepatnya pada Agustus 2022, Leo/Daniel berada pada posisi 21 besar dunia.

Naik Peringkat ke-10 Besar Dunia, Ini Sepak Terjang Leo/Daniel dalam 6 Bulan Terakhir Ganda putra Indonesia, Leo/Daniel di podium tertinggi Indonesia Masters 2023 | PBSI

Pasangan ganda putra Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin baru saja memenangkan turnamen Thailand Masters 2023 di Stadion Nimibutr, Bangkok pada Minggu (5/2). Menariknya, sepekan sebelumnya mereka juga berhasil menjadi juara pada ajang Indonesia Masters 2023 di Istora Gelora Bung Karno Minggu (29/1).

Gelar jawara beruntun tersebut membuat pasangan yang akrab disapa The Babies ini diprediksi akan menempati posisi 10 besar ganda putra terbaik di dunia pada pembaruan ranking dunia BWF Selasa (7/2). Tambahan 7.000 poin BWF yang didapat dari gelar Thailand Masters 2023 tersebut  membuat Leo/Daniel kini memegang poin sebanyak 64.627.

Prestasi ini merupakan rekor ranking tertinggi kedua pemain tersebut selama berkarier di dunia profesional. Hal ini merupakan progres yang positif, sebab jika kita melihat rekam jejak pasangan ini setahun yang lalu tepatnya pada Februari 2022, Leo/Daniel tengah duduk pada posisi 28 dunia.

Fluktuasi ranking dunia BWF Leo/Daniel dalam 6 bulan terakhir | GoodStats

Dalam enam bulan terakhir atau tepatnya pada Agustus 2022, Leo/Daniel berada pada posisi 21 besar dunia. Lalu, pasangan tersebut sempat naik-turun posisi ranking dan berkutat pada urutan belasan dunia.

Sempat menduduki posisi 14 dunia pada Oktober, Leo/Daniel harus kembali turun ke posisi 17 dan 18 dunia pada Desember 2022. Namun, prestasi cemerlangnya di awal tahun membuat The Babies genap berada di posisi 13 dunia pada pembaruan ranking BWF akhir Januari lalu atau pasca-Indonesia Masters 2023.

Dalam enam bulan terakhir, Leo Daniel memang mengalami naik-turun performa pada tiap turnamennya. Pada Jepang Open 2022, mereka hanya sanggup tampil sampai babak 16 besar. Pada Denmark Open 2022, pasangan tersebut berhasil menembus perempat final, meskipun pada tiga turnamen selanjutnya yakni French Open 2022, HYLO Open 2022, dan Malaysia Open 2023 Leo/Daniel kembali harus terhenti di 16 besar.

Bahkan pada turnamen sebelum Indonesia Masters yakni India Open 2023, Leo/Daniel harus terhenti pada babak pertama atau babak 32 besar. Meskipun begitu, anak asuhan Herry I.P. ini tidak kenal menyerah hingga akhirnya dapat meraih podium tertinggi pada Indonesia Masters 2023 dan Thailand Masters 2023.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Indonesia Open 2024 Berakhir, Bagaimana Performa Indonesia?

Sempat menyabet dua gelar juara pada Indonesia Open 2018, kini Indonesia bahkan tak meloloskan satupun atletnya ke babak final di gelaran 2024.

Koleksi Gelar Thomas dan Uber Cup: China dan RI Paling Banyak

Indonesia memiliki koleksi Piala Thomas terbanyak yaitu 14 gelar juara, sedangkan China memiliki koleksi Piala Uber terbanyak yaitu 16 gelar juara.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X