Mobil Paling Laris di Masing-Masing Negara ASEAN

Yang menarik di sini, Malaysia menjadi satu-satunya negara di mana mobil nasional mereka menjadi model mobil paling laris di negaranya sendiri

Mobil Paling Laris di Masing-Masing Negara ASEAN Isuzu D-Max, salah satu mobil terlaris di ASEAN khsusunya di Thailand | Isuzu

Tahun 2022 tampaknya menjadi salah satu tahun paling menyenangkan bagi industri otomotif di ASEAN setelah melewati masa Pandemi Covid-19. Di mana mayoritas negara ASEAN mengalami kenaikan penjualan mobil pada tahun 2022 dibandingkan tahun 2021 lalu.

Untuk pertama kalinya sejak pandemi COVID-19 melanda, penjualan mobil di Indonesia akhirnya menyentuh 1 juta unit. Pencapaian ini hampir menyamai angka penjualan pada tahun 2019 sebelum pandemi.

Di kawasan ASEAN, penjulan mobil tertinggi dicatat Indonesia dengan total pengiriman 1.084.040 unit atau naik 18,1% dibandingkan 2021 yang hanya 887.202 unit. Sedangkan untuk penjualan retail naik menjadi 1.013.582 unit di 2022  dari 863.358 unit pada 2021.

Persaingan mobil terlaris di tanah air pun terpantau sengit dengan Honda Brio keluar sebagai pemenangnya. Brio mencatatkan penjualan sebanyak 61.025 unit dan mampu unggul tipis, selisih 401 unit saja dari Toyota Avanza yang berada di posisi kedua dengan penjualan 60.624 unit.

Dengan hasil ini, Brio kembali tercatat sebagai mobil terlaris seperti yang terjadi pada tahun 2020 silam. Kala itu mobil berukuran kecil ini mencatatkan penjualan 36.512 unit, sedangkan pesaingnya Avanza di posisi ketiga dengan 31.883 unit.

Sedan menjadi primadona diempat negara ASEAN, di mana Toyota Vios menjadi jawara di Vietnam dan Filipina, kemudian Toyota Camry di Kamboja, dan mobil sedan premium Mercedes Benz di Singapura.

Kemudian model LMPV, Suzuki Ertiga menjadi yang terlaris di Myanmar. Model Pikap premium, Isuzu D-Max di Thailand, dan City Car, Perodua Myvi menjadi jawara di Malaysia.

Yang menarik di sini, Malaysia menjadi satu-satunya negara di mana mobil nasional mereka menjadi model mobil paling laris di negaranya sendiri.

Penulis: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Tahun 2024 Berdasarkan Wilayah

Pada tahun 2024, Indonesia diperkirakan akan menatap masa depan yang cerah dalam hal pertumbuhan ekonomi karena diprediksi akan mengalami kenaikan yang inklusif

Impor Gandum dan Meslin Indonesia Mencapai Rekor Tertinggi pada 2023

Impor gandum dan meslin Indonesia pada tahun 2023 mencapai angka yang cukup tinggi, mencapai 10,58 ribu ton dengan total nilai mencapai US$3,66 miliar.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook