Menjelang Idul Adha, Ketersediaan Hewan Kurban Terus Dikendalikan

Ketersediaan hewan kurban paling tinggi pada tahun ini adalah domba, jumlahnya mencapai 1 juta lebih dibandingkan dengan hewan lainnya

Menjelang Idul Adha, Ketersediaan Hewan Kurban Terus Dikendalikan Salah satu hewan yang digunakan untuk berkurban. (Sumber: Shutterstock)

Pemerintah resmi menetapkan Idul Adha jatuh pada tanggal 29 Juni 2023 mendatang. Tak hanya itu, pemerintah bahkan menambahkan hari cuti bersama menjadi 28 dan 30 Juni untuk merayakan momen besar yang selalu dilaksanakan satu tahun sekali.

Seiring tahun, jumlah ketersediaan hewan kurban mengalami fluktuai, berdasarkan data dari Kementerian Pertanian, ketersediaan hewan seperti sapi, kambing, domba, dan kerbau cukup besar jumlahnya. Per 17 Juni 2023, jumlah ketersediaan sapi menurun 4,02 persen dari tahun sebelumnya menjadi 831.768 ekor. Berbeda dengan ketersediaan kambing yang justru meningkat dari 973.343 ekor menjadi 1.019.459 ekor.

Bahkan jumlah ketersediaan domba pada tahun 2023 meningkat drastis hingga 111 persen dari tahun 2022 menjadi 864.805 ekor. Berbeda dengan kerbau yang tiap tahunnya ketersediannya hanya sedikit.

Pada tahun 2019, jumlah hewan kerbau hanya 12.958 ekor dan meningkat pada tahun 2020 menjadi 15.653 ekor. Kemudian pada tahun berikutnya justru mengalami sedikit penurunan menjadi 15.512 ekor.

Dalam 5 tahun terakhir, jumlah ketersediaan setiap hewan kurban memang tidak selalu meningkat maupun menurun. Perbedaan yang terjadi pada setiap ketersediaan hewan kurban dikarenakan jumlah penjualan yang berbeda-beda. Semakin tinggi penjualannya, maka ketersediaan hewannya akan semakin meningkat dan sebaliknya.

Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) akan mempersipakan ketersediaan hewan kurban menjelang perayaan Idul Adha mendatang. Selain itu, pihaknya juga menjelaskan telah memastikan pelaksanaan kurban sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan. Kementan juga membentuk gugus tugas untuk mengawal ketersediaan hewan kurban.

Kementan juga melakukan upaya untuk memastikan kesehatan hewan kurban, mulai dari melakukan vaksinasi pada hewan-hewan kurban, memasang tanda di telinga (eartag) untuk mengecek status vaksinasi, membentuk gugus tugas, dan bekerja sama dengan perguruan tinggi untuk memeriksa kesehatan hewan kurban.

Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan ketersediaan hewan kurban untuk Idul Adha 2023 melebihi perkiraan kebutuhan, serta menjamin hewan dalam kondisi sehat bebas penyakit.

Oleh karena itu, setiap hewan kurban yang dijual dapat dipastikan aman dan sehat karena pemerintah juga terlibat dalam memastikan kesehatan para hewan sebelum dijadikan hewan kurban.

Penulis: Adel Andila Putri
Editor: Editor

Konten Terkait

Indonesia Impor Daging Australia Terbanyak di Tahun 2023

Produksi daging dalam negeri belum mampu memenuhi permintaan yang terus meningkat. Akibatnya Pemerintah masih harus mengimpor komoditas ini.

Jadi Sumber Kalori Terbesar ke-2 di Indonesia, Terigu Terancam Langka

Terigu menjadi sumber kalori terbesar ke-2 bagi masyarakat Indonesia setelah beras, membuat krisis terigu menjadi sangat mengkhawatirkan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X