Marselino Ferdinan Masuk Deretan Pemain Termuda di Piala AFF 2022

Marselino Ferdinan menjadi pemain termuda ketiga yang berlaga di Piala AFF 2022 dengan umur 18 tahun 3 bulan.

Marselino Ferdinan Masuk Deretan Pemain Termuda di Piala AFF 2022 Potret Marselino Ferdinan saat menjalani latihan bersama skuad Timnas Indonesia | PSSI

Kejuaraan sepak bola terbesar se-Asia Tenggara, AFF Mitsubishi Electric Cup atau yang akrab disapa Piala AFF 2022 kembali hadir akhir tahun ini. Piala AFF tahun ini sendiri digelar sepanjang 20 Desember 2022-16 Januari 2023.

Timnas Indonesia melalui pelatih kepala Shin Tae-yong telah memilih 23 nama final skuad Garuda yang akan berlaga di kejuaraan sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara ini. Seluruh pemain dipilih dari ragam klub yang bervariatif, dari dalam dan luar negeri.

"Para pemain telah menunjukkan perkembangan yang baik dan bagus selama pemusatan latihan di Bali. Kami memilih pemain sesuai kebutuhan tim. Para pemain telah siap mengikuti Piala AFF 2022. Masih ada beberapa hari lagi untuk mematangkan taktik dan strategi jelang laga perdana melawan Kamboja (23/12)," ujar Shin Tae-yong dilansir situs resmi PSSI (19/12).

Dari seluruh nama yang dipilih Coach Shin, terdapat nama-nama yang menarik untuk ditelisik lebih lanjut, antara lain Jordi Amat, Hansamu Yama, Ilija Spasojevic, dan Marselino Ferdinan. Jordi Amat sendiri merupakan debutan timnas pada Piala AFF 2022 setelah dirinya berhasil menyelesaikan proses naturalisasi pada Kamis (17/11) lalu bersama Sandy Walsh.

Sementara itu, Hansamu Yama Pranata dan Ilija Spasojevic merupakan dua nama yang sempat menjadi langganan timnas pada era pelatih Luis Milla dan Simon McMenemy, kini kembali dipanggil membela Garuda setelah tiga tahun Shin Tae-yong menukangi timnas Indonesia. Marselino Ferdinan sendiri merupakan pemain kebanggaan Persebaya Surabaya yang saat ini menjadi pemain termuda di skuad Timnas Indonesia.

Lima pemain termuda di Piala AFF 2022 | GoodStats

Bahkan, pemain bernama lengkap Marselino Ferdinan Philipus ini masuk ke dalam deretan lima besar pemain dengan usia termuda pada kejuaraan ini. Usianya yang per Desember 2022 ini masih menginjak 18 tahun 3 bulan membuat Marselino menjadi pemain termuda ketiga di Piala AFF 2022.

Dilansir Box2BoxBola, bek asal Laos Vongsadka Chanthaleuxay menjadi pemain dengan usia termuda yang bermain di Piala AFF 2022, yakni 17 tahun 11 bulan. Gelandang asal Filipina, Harry Nunez berada di posisi kedua dengan umur tepat 18 tahun di Desember ini.

Dua pemain lain yang masuk ke dalam deretan lima besar pemain termuda d Piala AFF 2022 adalah gelandang bertahan asal Laos, C. Khounthoumphone (18 tahun 10 bulan) dan gelandang tengah asal Filipina, Kamil Amirul (18 tahun 10 bulan). Marselino sendiri merasa bangga bisa dipanggil Shin Tae-yong dalam skuad Garuda di Piala AFF 2022 ini.

"Yang pertama, saya bangga. Ini juga kan AFF pertama senior saya, semoga saya bisa berkembang menjadi lebih baik," ucap Marselino dilansir kanal YouTube resmi PSSI (21/12).

"Harapan saya tidak akan muluk-muluk, yang penting step by step dulu, kita menang setiap pertandingan, jika lolos grup, setelah itu baru berjuang untuk juara," lanjutnya.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya 10 Negara dengan Gaji Dokter Tertinggi di Dunia
Artikel Selanjutnya Portal Satu Data Indonesia, Solusi untuk Data yang Lebih Padu
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook