Liga 1 22/23: Persebaya Jadi Klub dengan Usia Skuad Termuda

Menurut data Transfermarkt, Persebaya memiliki rerata usia pemain 22,6 tahun sekaligus menjadi klub dengan rerata usia skuad termuda di Liga 1 musim ini.

Liga 1 22/23: Persebaya Jadi Klub dengan Usia Skuad Termuda Skaud Persebaya Surabaya ketika menjalani sesi latihan sebelum memulai laga perdana Liga 1 22/23 | PT Liga Indonesia Baru

Kompetisi sepak bola paling bergengsi di Indonesia, Liga 1 musim 2022/2023 resmi bergulir Sabtu (23/7). Pada tahun ini Liga 1 kembali memilih Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai sponsor utama turnamen, sehingga nama turnamen pada musim ini serupa dengan tahun lalu, yakni BRI Liga 1 2022/2023.

Perhelatan BRI Liga 1 2022/2023 resmi dibuka oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Stadion I Wayan Dipta, Sabtu (23/7) malam waktu Bali. Hadir pula Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita, Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto, serta Direktur Program dan Produksi SCTV dan Indosiar Harsiwi Achmad.

"Demikian, dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim perhelatan Liga 1 BRI tahun 2021/2022 (baca: musim 2022/2023) secara resmi saya nyatakan dibuka," ucap pria yang akrab disapa Iwan Bule pada upacara pembukaan (23/7).

18 tim dari berbagai penjuru Indonesia siap berkompetisi untuk memperebutkan titel jawara liga tertinggi di Indonesia. Setiap tim juga telah mempersiapkan komposisi skuad terbaiknya, setelah diasah pada turnamen pramusim Piala Presiden 2022 beberapa pekan sebelumnya.

Bintang-bintang muda pada edisi kali ini pun bertaburan. Tak sedikit klub yang turut mempercayai pemain mudanya untuk bermain secara reguler di liga untuk mendapatkan jam terbang yang signifikan.

Salah satu klub yang mempercayai pemain muda pada musim ini adalah Persebaya Surabaya. Menurut data Transfermarkt, Persebaya memiliki rerata usia pemain 22,6 tahun sekaligus menjadi klub dengan rerata usia skuad termuda di Liga 1 musim ini.

10 tim dengan rerata usia pemain termuda di BRI Liga 1 22/23 | GoodStats

Adapun deretan pemain muda di Persebaya antara lain Andre Oktaviansyah, M. Supriadi, Brylian, Rizki Ridho, Ernando, dan masih banyak lagi. Marselino Ferdinan menjadi pemain termuda di skuad Bajul Ijo dengan umur 18 tahun.

PSIS Semarang menjadi klub dengan nilai rerata umur pemain termuda setelah Persebaya, yakni 24,8 tahun. Ridho Syuhada Putra (18) menjadi pemain paling muda di kubu Laskar Mahesa Jenar.

Klub dengan skuad termuda lainnya setelah PSIS Semarang diisi oleh Persija Jakarta, Borneo FC Samarinda, serta Persib Bandung. Persija Jakarta memiliki rerata usia skuad 24,9 tahun, sedangkan Borneo FC Samarinda dan Persib Bandung memiliki rerata usia skuad yang sama, yakni 25,2 tahun.

Posisi 10 besar lainnya diisi oleh PS Barito Putera (25,3 tahun), PSM Makassar (25,4 tahun), Persikabo 1973 (25,6 tahun), Arema FC (26 tahun), dan Persita Tangerang (26 tahun). Sementara itu, juara bertahan Bali United menjadi klub dengan rerata usia skuad tertua, yakni 28,2 tahun.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Editor

Artikel Sebelumnya Tengah Dilanda Suhu Dingin: BMKG Ungkap Alasan dan Wilayah Terdingin di Indonesia
Artikel Selanjutnya 10 YouTuber Terpopuler di Indonesia, Ria Ricis di Pucuk
Konten Terkait