Kucing Jadi Hewan yang Paling Banyak Dipelihara Warga RI, Kamu Salah Satunya?

Berdasarkan hasil survei Rakuten Insight, kucing merupakan spesies hewan yang paling banyak dipelihara warga RI dengan persentase 47% responden.

Kucing Jadi Hewan yang Paling Banyak Dipelihara Warga RI, Kamu Salah Satunya? Ilustrasi kucing | Freepic.dealer/Freepik

Sebagian orang di dunia senang memelihara hewan di rumah. Bahkan, beberapa menganggap hewan peliharaannya sebagai bagian dari keluarga atau teman.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh lembaga riset Rakuten Insight Global, lebih dari separuh orang (59%) mengaku memelihara hewan di rumah. Survei tersebut dilakukan terhadap sebanyak 97 ribu responden dari China, Filipina, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Namun, preferensi hewan peliharaan di negara-negara tersebut berbeda. Rakuten mencatat, kucing merupakan hewan yang paling banyak dipelihara oleh warga Indonesia dengan persentase sebanyak 47% responden pada tahun 2021.

Persentase masyarakat RI yang memelihara kucing tersebut lebih besar daripada proporsi responden dari negara-negara tetangga yang juga memelihara kucing, seperti Malaysia, Thailand, dan Filipina dengan persentase masing-masing sebesar 34%, 42%, dan 43% responden.

Spesies hewan yang paling banyak dipelihara warga Indonesia pada 2021 | Fauziah/Goodstats

Menyusul kucing, burung berada di posisi kedua dalam daftar hewan peliharaan terbanyak masyarakat Indonesia dengan proporsi mencapai 18% responden. Diikuti oleh ikan mas dan ikan hias dengan persentase masing-masing 11% responden.

Lalu, anjing menempati posisi kelima dalam daftar dengan proporsi sebesar 10%. Disusul oleh kelinci dan hamster dengan persentase masing-masing 5% dan 3%. Selain itu, ada pula responden yang mengaku memelihara hewan spesies lainnya dengan proporsi mencapai 8%.

Sementara itu, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Jakpat terhadap 1.225 responden, ternyata sebagian besar (34%) membeli hewan peliharaan mereka. Adapun, sebagian lainnya mengaku mendapatkan hewan peliharaan mereka dengan memungut/mengambilnya dari luar/jalanan (30%) dan mendapatkannya dari kerabat/teman (28%).

Jakpat juga menemukan bahwa kucing adalah hewan yang paling banyak dipelihara di Indonesia, dengan perbandingan satu dari 4 responden mengaku memeilihara spesies ini. Kemudian, disusul oleh ikan dengan proporsi mencapai 29%. Lalu, burung dan anjing sama-sama berada di posisi ketiga dengan persentase 20%.

“Jika dilihat berdasarkan jenis kelamin, proporsi responden yang memelihara kucing seimbang antara pria dan wanita. Namun, sebagian besar responden yang memelihara spesies ikan atau burung adalah berjenis kelamin laki-laki,” kata Kepala Penelitian Jakpat, Aska Primardi.

Laporan Jakpat juga mengungkap bahwa sebagian besar responden memberikan hewan peliharaan mereka makan sebanyak 3 kali sehari, terutama untuk kucing (67%) dan hamster (51%). Sementara itu, hewan yang biasanya diberi makan 2 kali sehari adalah ayam (65%), reptil (61%), anjing (51%), dan ikan (49%).

Penulis: Nada Naurah
Editor: Editor

Konten Terkait

Ketimpangan Gender Indonesia Makin Tipis, Kesetaraan di Depan Mata

Apakah kesetaraan gender di Indonesia dapat dicapai dalam waktu dekat?

Pengangguran Indonesia Turun 0,79 Juta Penduduk

Jumlah pengangguran di Indonesia menurun perlahan, bersamaan dengan meningkatnya pekerja dengan tamatan pendidikan diploma dan sarjana.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X