Klub Eropa Masih Mendominasi Daftar Pemenang Piala Dunia Antarklub Terbanyak

Dari total 18 edisi Piala Dunia Antarklub yang telah digelar, terdapat 11 klub yang telah mencicipi trofi turnamen ini.

Klub Eropa Masih Mendominasi Daftar Pemenang Piala Dunia Antarklub Terbanyak Badan administratif sepak bola eropa, UEFA | Mikolaj Barbanell/Shutterstock

Klub sepak bola asal Inggris sekaligus perwakilan benua eropa (UEFA), Chelsea F.C. baru saja mengangkat trofi Piala Dunia Antarklub 2021 setelah mengalahkan wakil Amerika Selatan (CONMEBOL), Palmeiras dengan skor tipis 2-1 pada Sabtu (12/2).

Pertandingan berlangsung sengit, sebab hasil akhir harus ditentukan pada babak perpanjangan waktu. Beruntung, gol penalti Kai Havertz pada menit ke-117 berhasil mengantarkan Chelsea menuju titel klub terbaik di dunia.

Kemenangan ini membuat Chelsea mencetak gelar pertamanya pada ajang Piala Dunia Antarklub setelah pertama kali dilaksanakan pada tahun 2000.

Klub dengan Gelar Piala Dunia Antarklub Terbanyak | Agaphier Redha/GoodStats

Dari total 18 edisi Piala Dunia Antarklub yang telah digelar, terdapat 11 klub yang telah mencicipi trofi turnamen ini. Perwakilan UEFA menjadi pemegang gelar terbanyak dengan total 14 piala, diikuti oleh perwakilan CONMEBOL dengan 4 piala.

Klub asal Spanyol, Real Madrid menjadi tim yang paling sering memenangkannya dengan total empat trofi. Los Blancos menjadi kampiun pada tahun 2014, 2016, 2017, dan 2018.

Rival senegaranya, Barcelona menjadi tim kedua yang paling sering memenangi Piala Dunia Antarklub dengan total tiga trofi. Klub yang bermarkas di Camp Nou tersebut memenangkan turnamen pada tahun 2009, 2011, dan 2015.

Sementara itu, Corinthians dan Bayern Munich menjadi tim yang sama-sama pernah dua kali menjuarai turnamen ini. Klub asal Brasil itu menjadi pemenang pada tahun 2000 dan 2012, sedangkan FC Hollywood memboyong trofi ini pada tahun 2013 dan 2020.

Tujuh klub lain yang pernah mencicipi satu trofi turnamen ini antara lain Sao Paulo (2005), Internacional (2006), AC Milan (2007), Manchester United (2008), Inter Milan (2010), Liverpool (2019), dan yang paling anyar Chelsea (2021).

Sementara itu, perwakilan benua Asia (AFC) dan Afrika (CAF) sama-sama baru dua kali menduduki posisi runner-up pada ajang ini, sedangkan perwakilan Amerika Utara (CONCACAF) baru sekali menduduki posisi runner-up.

Utusan yang paling minim performa dipegang oleh perwakilan Oseania (OFC), mengingat prestasi tertingginya hanya pernah mencicipi posisi peringkat ketiga pada tahun 2007 yang diwakili oleh klub asal Selandia Baru, Auckland City.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Editor

Artikel Sebelumnya Seberapa Besar "The Power of Netizen Indonesia" di Instagram?
Artikel Selanjutnya Kekuatan Paspor Negara-Negara Asia Tenggara 2022, Indonesia Urutan Berapa?
Konten Terkait