Jumlah Penumpang dan Barang Angkut KAI Meningkat di 2022

Kereta api memang menjadi moda transportasi yang dicintai masyarakat. Penggunaan kereta api sebagai moda transportasi dan jasa angkutan mengalami peningkatan.

Jumlah Penumpang dan Barang Angkut KAI Meningkat di 2022 Ilustrasi Kereta Api | Unsplash/mahardika_amadeus

Sebagai moda transportasi yang sudah ada sejak dulu, kereta api selalu dicintai oleh  berbagai kalangan lantaran harga tiket yang relatif murah dan bisa melayani transportasi menuju tempat-tempat yang lumayan jauh selain itu industri kereta api juga selalu menyajikan inovasi selalu menarik.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), sejak Januari pengguna kereta api cenderung meningkat meskipun naik turun di beberapa bulan. Pada bulan Januari, jumlah seluruh penumpang kereta api mencapai 17.737 orang.

Angka tersebut turun di bulan Februari dan cenderung naik. Hingga bulan Juli, total pengguna kereta api di seluruh pulau mencapai 25.741 orang, hingga pada Oktober jumlah penumpang kereta api mencapai angka 27.610.

Karena akses kereta api hanya ada di Pulau Jawa dan Sumatera, wilayah Jabodetabek menjadi wilayah dengan pengguna kereta api terbanyak setiap bulannya. Disusul wilayah Jawa non Jabodetabek dan Sumatera di bawahnya.

Jika dilihat secara Year on Year (YoY), penumpang kereta api sejak bulan Januari hingga Oktober tahun 2022 lebih tinggi dari penumpang kereta api bulan Januari hingga Oktober tahun 2021. Secara detail, penumpang kereta api pada bulan Januari hingga Oktober 2022 berada di angka 220.367 orang, sementara pada bulan Januari hingga  Oktober 2021 penumpang kereta api hanya mencapai 117.019 orang dan mengalami pertumbuhan sebesar 88,3 persen.

Meski jumlah penumpang kereta api didominasi oleh daerah Pulau Jawa, ternyata masyarakat di daerah Sumatera lebih sering menggunakan jasa kereta api dalam hal pengangkutan barang. Data BPS menunjukkan bahwa dalam periode bulan Januari hingga Oktober 2022, jumlah barang yang diangkut oleh jasa kereta api didominasi oleh Pulau Sumatera ketimbang Pulau Jawa.

Jumlah barang yang diangkut secara keseluruhan oleh jasa kereta api di tahun 2022 juga meningkat sebesar 14 persen. Di tahun 2021, jumlah barang yang diangkut berada di angka 44.649. Sementara itu, jumlah barang yang diangkut oleh jasa kereta api pada tahun 2022 berada di angka 50.702.

Penulis: Puja Pratama Ridwan
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Platform Belanja Online yang Paling Disukai Masyarakat saat Ramadan

Fenomena belanja online selama Ramadan tidak hanya menjadi sebuah tren, tetapi juga mencerminkan keberagaman dan keunikan preferensi konsumen di era digital.

Ini Daftar Lengkap Perolehan Kursi Parpol Pada Pileg 2024

Meskipun menang hattrick, perolehan kursi PDI-P turun 18 kursi, kursi Golkar naik 17 kursi. Sebelumnya, Golkar diisukan mengincar kursi ketua DPR.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X