Indonesia Jadi Negara dengan Fans K-Pop Terbanyak di Dunia

Berbagai produk hiburan dari negeri ginseng Korea Selatan kini semakin digandrungi masyarakat Indonesia, mulai dari film, musik, hingga drama Korea atau drakor.

Indonesia Jadi Negara dengan Fans K-Pop Terbanyak di Dunia Ilustrasi Konser Musik K-pop I Boontoom Sae-Kor/Shutterstock

Berbagai produk hiburan dari negeri ginseng Korea Selatan kini semakin digandrungi masyarakat Indonesia, mulai dari film, musik, hingga drama pendek berseri atau biasa disebut drakor. Popularitasnya tentu tidak perlu dipertanyakan lagi, K-Pop saat ini banyak dinikmati oleh berbagai kalangan generasi. Demografi penikmatnya didominasi oleh penonton yang berusia 20 hingga 49 tahun.

Dirangkum dalam laporan Twitter yang dirilis pada Rabu 26 Januari dan didasarkan menurut unique authors, Indonesia menjadi negara dengan jumlah penggemar K-Pop terbesar di dunia pada 2021.

20 negara dengan jumlah fans K-pop terbanyak di dunia 2021 I Hannah/GoodStats

Sementara itu, posisi kedua dengan penggemar K-pop terbanyak menurut Twitter berasal dari Jepang. Lalu kemudian disusul oleh Filipina, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.

Tidak hanya sebagai negara dengan jumlah penggemar terbanyak, Indonesia juga untuk kedua kalinya tercatat sebagai negara yang paling banyak membicarakan K-pop di laman media sosial Twitter.

Negara lain yang juga paling banyak membicarakan K-pop juga berasal dari Filipina, Korea Selatan, Thailand, Amerika Serikat, Meksiko, Malaysia, Brasil, India, dan Jepang.

Peringkat Indonesia terlihat bertahan dari tahun sebelumnya dalam kategori peringkat negara dengan jumlah twit soal K-pop paling banyak di dunia.

Sementara itu, Idola yang paling banyak dibicarakan di Twitter baik dalam linhkup global maupun Indonesia dimenangkan oleh tujuh orang grup vokal pria asal Korea Selatan bernama BTS.

Kemudian disusul oleh NCT, ENHYPEN, EXO, Blackpink, TXT, Treasure, SEVENTEEN, ATEES, dan Stray Kids.

Penulis: Nabilah Nur Alifah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Indeks Persepsi Korupsi 2023: Terjadi Stagnasi dan Kemunduran Pemberantasan Korupsi di 125 Negara

Rata-rata skor IPK global stagnan di angka 43. Melemahnya supremasi hukum dinilai jadi tantangan terbesar dalam upaya pemberantasan korupsi saat ini.

Spotify Catat Rekor Pelanggan Premium Meningkat, Tren Streaming Musik Kini Ada Harganya

Di tahun 2023, sumber pundi-pundi Spotify didominasi oleh biaya berlangganan fitur premium di aplikasi. Benarkah tren streaming musik kini ada harganya?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook