Indonesia Jadi Negara Penghasil Nikel Terbesar di Dunia

Indonesia terpilih sebagai negara penghasil nikel terbesar 2023, dengan total produksi sebesar 1,8 juta metrik ton.

Indonesia Jadi Negara Penghasil Nikel Terbesar di Dunia Ilustrasi Nikel | kues1/Freepik

Indonesia telah diakui sebagai negara pemilik cadangan nikel terbesar di dunia. Sepanjang tahun 2023 lalu. Indonesia merupakan negara penghasil nikel terbesar di dunia. Melansir data dari Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), produksi nikel di Indonesia mencapai 1,8 juta metrik ton, memberikan kontribusi sebesar 50% terhadap total produksi nikel dunia.

Indonesia memproduksi 1,8 juta metrik ton nikel pada tahun 2023
Indonesia memproduksi 1,8 juta metrik ton nikel pada tahun 2023

Ini bukan pertama kalinya Indonesia menjadi negara penghasil nikel terbesar di dunia. Pada tahun 2022 lalu, Indonesia memproduksi sebesar 1,6 juta metrik ton, menjadikannya negara penghasil nikel terbesar di dunia.

Produksi nikel di tahun 2023 sempat mengalami kenaikan sebesar 10,1% dibandingkan tahun 2022, mencapai 3,6 juta metrik ton. Filipina duduk di posisi kedua dengan total produksi sebesar 400.000 metrik ton, diikuti Kaledonia Baru dengan 230.000 metrik ton dan Rusia dengan 200.000 metrik ton.

Mengingat tren penggunaan kendaraan listrik yang semakin hari semakin meningkat, produksi nikel di Indonesia ini tentu membawa keuntungan besar bagi tanah air. Data dari Booklet Nikel 2020 yang dirilis oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) juga mengungkapkan bahwa cadangan nikel di Indonesia telah mencapai 72 ton. Jumlah tersebut mencakup cadangan nikel kadar rendah (limonite) dan kadar tinggi (saprolit).

Pada Januari 2020 silam, Indonesia telah menghentikan ekspor biji nikel ini. Presiden Joko Widodo mengungkapkan harapannya agar kekayaan alam ini bisa dipakai untuk memberi nilai tambah dalam negeri, bukan hanya sebagai bahan ekspor saja.

Tidak hanya nikel, Indonesia juga kaya akan timah. Produksi timah di Indonesia berada di posisi kedua, dengan total produksi mencapai 40% dari total produksi dunia. Selain itu, Indonesia juga menjadi negara dengan cadangan emas terbanyak keenam di dunia, dan jumlah produksinya ada di posisi ke-12.

Kementerian ESDM mendukung upaya untuk terus menggali potensi sumber daya alam dalam negeri untuk menguntungkan Indonesia sendiri. "(Dunia) bergantung dari posisi kita. Di mana kita adalah negara besar yang tidak bisa dikontrol negara lain. Kita harus membangun industri sendiri untuk implementasi menjadikan negara maju 10-20 tahun ke depan," ungkap Kementerian ESDM dalam "Nikel Conference 2023" mengutip CNBC.

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Bukan Energi Nuklir, Ini Dia Sumber Energi Paling Berbahaya di Dunia

Batu bara menjadi sumber energi paling berbahaya berdasarkan produksi emisi Efek Rumah Kaca dan angka kematiannya menurut data dari Our World in Data

Banyak Diminati, Ini Proyeksi Gaji Bulanan Pekerja Tambang di Indonesia

Sektor pertambangan menjadi salah satu lapangan kerja yang banyak diincar oleh para pekerja karena menawarkan gaji besar.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X