Enam Klub Liga 1 yang Paling Ngebut “Cuci Gudang” Pemain di Bulan Pertama Pramusim

Terdapat enam klub Liga 1 yang telah melepas lebih dari 10 pemainnya di musim ini.

Enam Klub Liga 1 yang Paling Ngebut “Cuci Gudang” Pemain di Bulan Pertama Pramusim RANS CFC sebagai salah satu klub promosi di Liga 1 musim 2022/2023| Dokumen Liga Indonesia Baru

Gelaran BRI Liga 1 Indonesia musim 2021/2022 telah usai sejak akhir Maret lalu. Saat ini, seluruh kontestan sedang menikmati masa liburnya sembari mempersiapkan pasukan dan segala strateginya untuk mengarungi Liga 1 musim 2022/2023.

Federasi sepak bola Indonesia (PSSI) sendiri baru akan membahas dan menentukan nasib Liga 1 musim depan pada Kongres Tahunan PSSI yang rencananya akan diselenggarakan pada 28 Mei 2022 di Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

Kongres tahun ini akan membahas program kerja tahun 2022 serta format Liga 1 dan Liga 2 musim depan bersama PT. Liga Indonesia Baru (LIB). "Kita tunggu rapat Exco dulu dan mungkin habis lebaran. Kalau tidak salah kongres 28 Mei," ucap Ketua PSSI, M. Iriawan dilansir dari Okezone.

"Nanti akan membahas program kerja kita ke depan bagaimana. Seperti di Timnas misalnya. Lalu, masalah Liga kan bergulir kapan, sistemnya bagaimana, ada suporter atau tidak. Mengingat ini masih Covid juga," lanjutnya.

Meski jadwal musim depan belum terlihat, sebagian besar manajemen klub kontestan Liga 1 telah aktif merancang timnya masing-masing untuk menjalani liga di musim depan. Hal itu terlihat dari kabar perpindahan pemain, pelatih, serta staf kepelatihan yang telah aktif sejak sehari pascalaga terakhir Liga 1 musim 2021/2022.

Hingga Hari Sabtu (16/4), setidaknya terdapat enam klub Liga 1 yang terpantau telah melepas lebih dari 10 pemainnya atau mencuci gudang tim untuk segera diisi dengan para penggawa barunya.

Fenomena ini dinilai sebagai pergerakan yang cukup cepat, mengingat masa pramusim baru memasuki minggu ketiga. Dengan kata lain, masih ada waktu beberapa bulan lagi untuk para tim menyiapkan pasukannya. Lalu, siapa saja klub yang dianggap paling ngebut mencuci gudang timnya?

Enam klub Liga 1 musim 2022/2023 yang paling banyak melepas pemain hingga (16/4) | GoodStats

1. RANS Cilegon FC

Salah satu klub promosi Liga 1, RANS Cilegon FC baru saja mengumumkan pelepasan 18 pemain yang pernah mengantarnya naik ke kasta tertinggi liga Indonesia pada (14/2). Informasi tersebut disampaikan melalui akun Instagram resmi klub.

18 pemain tersebut antara lain Agung Pribadi, Hendra Wijaya, Chandra Waskito, Sandy Firmansyah, Rizki Hidayat, Yoga Tri Septyan, Tegar Infantrie, Muharrir, Kartika Ajie, Asri Akbar, Muhammad Rizal Eka Putra, Muzakir, Ilhamsyah, Sirvi Arvani, Sansan Fauzi Husaeni, Makarius Suruan, Rival Lastori, dan Andre Batistuta.

Beberapa hari sebelumnya, RANS CFC juga mengumumkan jajaran kepelatihan baru mereka untuk musim depan. Pelatih kondang, Rahmad Darmawan akan memimpin RANS bersama eks Timnas, Mohammad Nasuha dan mantan penerjemah Luis Milla, Bayu Eka Sari sebagai asisten pelatih.

2. Arema FC

Arema FC dikabarkan turut aktif dalam bursa transfer dalam rangka mempersiapkan timnya untuk musim depan. Tujuh nama baru seperti Gian Zola, Evan Dimas, Adam Alis, Andik Rendika, Hanis Sagara, Hasyim Kipuw, hingga Ilham Udin dipastikan akan berseragam Singo Edan di musim depan.

Namun, terdapat 15 pemain yang sudah dipastikan tidak diperpanjang kontraknya oleh manajemen klub. Nama-nama tersebut di antaranya merupakan rekrutan paruh musim lalu, para pemain pinjaman, hingga para pemain akademi Arema FC.

15 pemain tersebut antara lain Carlos Fortes, Hanif Sjahbandi, Diego Michiels, Feby Eka Putra, Kartika Ajie, Fabiano Beltrame, Sandi Sute, Ridwan Tawainela, Didik Aryanto, Ryan Kurnia, Andriyas Francisco, Aji Saka, Vikrian Akbar, Genta Alparedo, hingga Achmad Galih.

3. Persebaya Surabaya

Persebaya telah mantap memutuskan bahwa hingga (16/4) terdapat 14 pemain musim ini yang tidak akan membersamai skuad Bajul Ijo di musim depan. Kabar buruk itu dikepalai oleh hengkangnya pencetak gol terbanyak Persebaya di musim ini, Taisei Marukawa ke PSIS Semarang pada (1/4) lalu atau sehari setelah laga terakhir Liga 1 musim 2021/2022.

14 pemain yang hengkang tersebut antara lain M. Syaifuddin, Hambali Tholib, Frank Sokoy, Samsul Arif, Alie Sesay, Reva Adi Utama, Ady Setiawan, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Johan Yoga, David Ariyanto, Taisei Marukawa, Bruno Moreira, dan Arsenio Valport.

Kabar hengkang belasan pemain ini cukup mengejutkan publik Surabaya, mengingat nama-nama top seperti Samsul Arif, Ricky Kambuaya, hingga Taisei Marukawa dianggap tampil cukup bersinar di skuad Bajul Ijo musim ini.

4. Madura United

Klub asal Jawa Timur lain, Madura United juga turut melepas belasan pemainnya di musim ini. Yang menarik, Madura United turut melepas keempat penjaga gawangnya, antara lain Hong Jungnam, M. Ridho, M. Ridwan, dan Rizki Husni.

Selain empat kiper tersebut, hingga (16/4) terdapat tujuh pemain yang sepakat tidak memperpanjang kontraknya bersama Laskar Sape Kerrab, antara lain Fadilla Akbar, Silvio Escobar, David Laly, Fandry Imbiri, Greg Nwokolo, Jaimerson Xavier, Renan Silva, dan Asep Berlian.

Musim depan, Madura United dipastikan akan tetap melanjutkan kerja samanya dengan pelatih asal Brasil, Fabio Araujo Lefundes yang didampingi oleh Osvalo Lessa sebagai asisten pelatih dan Claudio Luzardi sebagai interpreter.

5. Persikabo 1973

Klub yang berhasil finis di posisi kesepuluh musim 2021/2022, Persikabo 1973 juga sedang "curi start" dalam hal mempersiapkan skuadnya di musim depan. Hingga (16/4), tercatat ada 11 pemain yang harus hengkang dari Laskar Padjadjaran di musim depan.

11 nama tersebut antara lain Firza Andika, Andre Oktaviansyah, Birrul Walidain, Aleksandar Rakic, Hanis Sagara, Ciro Alves, Guntur Triaji, Hendra Adi Bayauw, Aliviba Koto, Doni Adriansyah, dan Venyamin Shumeyko.

Selain melepas 11 pemainnya, Persikabo juga harus berpisah dengan juru taktiknya di musim lalu, yakni Liestiadi. Hingga saat ini, manajeman klub belum mengumumkan pengganti Liestiadi untuk musim depan.

6. Persik Kediri

Persik Kediri juga cukup aktif dalam bursa transfer beberapa pekan ke belakang. Tercatat ada lima rekrutan anyar Macan Putih hingga (16/4), antara lain Rahel Radiansyah, Kartika Ajie, M. Rifaldi, Renan Silva, dan Riyatno Abiyoso.

Namun, Persik terpaksa harus melepas 11 pemainnya, termasuk sang top skorer klub tersebut di musim ini, Yossef Ezzejjari. Sepuluh pemain sisanya antara lain Ibrahim Sanjaya, Dian Agus, Ahmad Agung, Eka Sama, Andri Ibo, Misbahul Akmal, Aldo Claudio, Fajar Setya, Dionatan Machado, dan Marwin Angeles.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Editor

Artikel Sebelumnya 10 Negara Penghasil Kurma Terbanyak di Dunia, Siapa Juaranya?
Artikel Selanjutnya Harga Rata-Rata BBM di Kawasan Asia Tenggara, Indonesia Termasuk Harga yang Termurah?
Konten Terkait