Deretan Pemain Paling “Senior” di Piala AFF 2022, Ada Nama Spasojevic

Kiper Senior Singapura, Hassan Sunny masih menjadi pemain paling senior yang berlaga di gelaran Piala AFF tahun ini dengan usia 38 tahun 8 bulan.

Deretan Pemain Paling “Senior” di Piala AFF 2022, Ada Nama Spasojevic Potret penyerang Timnas Indonesia Ilija Spasojevic kala berlatih bersama skuad Garuda | Goal

Dalam sebuah turnamen sepak bola, pemain senior memiliki peran yang cukup vital dalam skuad sebuah tim. Usianya yang telah matang membuat pemain senior dianggap memiliki banyak keuntungan yang akan berdampak positif pada perkembangan sebuah tim untuk meraih kemenangan.

Ibarat kendaraan, pemain senior dapat disebut sebagai mesin penggerak dari skuad secara keseluruhan. Meskipun secara stamina tidak lagi sebaik pemain-pemain muda, tetapi nilai lain seperti emosinya yang matang dan penuh pengalaman baik secara teknik dan mental membuat pemain senior dibutuhkan untuk mengisi kelengkapan sebuah tim.

Pada turnamen sepak bola paling bergengsi se-Asia Tenggara, Piala AFF 2022 yang sedang dilaksanakan sejak 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 mendatang, banyak negara peserta yang masih menggantungkan keberuntungannya pada beberapa pemain senior untuk melengkapi kebutuhan skuad. Sebut saja nama Teerasil Dangda dari Thailand, Hassan Sunny dari Singapura, dan beberapa pemain lain yang tak asing lagi di telinga kita karena telah bermain selama beberapa edisi Piala AFF.

Pada Piala AFF 2022, Timnas Indonesia sendiri memiliki Fachruddin Aryanto yang telah bermain sebanyak enam edisi Piala AFF. Namun, jika berbicara pemain dengan usia tertua, nama striker naturalisasi yang kini membela klub Bali United, Ilija Spasojevic menjadi pemain yang layak disebut sebagai paling senior.

Pemain yang memiliki julukan Spasogoal tersebut kini genap berusia 35 tahun 3 bulan sekaligus menjadi pemain paling tua di skuad Indonesia pada gelaran Piala AFF 2022. Bahkan, Spaso masuk ke dalam lima besar pemain tertua di Piala AFF tahun ini. Sebagai pemain paling senior, Spaso menyebut akan berusaha keras membantu Timnas Indonesia meraih gelar pertamanya di AFF kali ini.

"Saya tidak target pribadi (ketika ditanya perihal menjadi topskor di Piala AFF 2022). Terpenting buat kami semua adalah kerja keras untuk membawa gelar untuk masyarakat Indonesia," jelas Spasojevic dilansir Sindo (22/12).

Penyerang Indonesia, Spasojevic masuk ke dalam lima besar pemain dengan usia tertua di Piala AFF 2022 | GoodStats

Kiper Senior Singapura, Hassan Sunny masih menjadi pemain paling senior yang berlaga di gelaran Piala AFF tahun ini. Penjaga gawang bernomor punggung 18 tersebut per Desember ini genap menginjak usia 38 tahun 8 bulan.

Pemain paling senior kedua yang berlaga di Piala AFF 2022 adalah Stephan Schrock. Gelandang serang asal Filipina ini genap berusia 36 tahun 4 bulan pada gelaran AFF 2022. Posisi tiga diisi oleh gelandang serang asal Thailand, Sumanya Purisai. Pemain yang kini membela Chonburi FC tersebut genap berusia 36 tahun pada saat gelaran AFF tahun ini berlangsung.

Sementara itu, posisi empat pemain paling senior di Piala AFF 2022 diisi oleh penyerang asal Brunei Darussalam, Abdul Azizi Ali Rahman dengan usia 35 tahun 11 bulan. Menarik untuk melihat lebih lanjut, apakah para pemain senior ini dapat membantu timnya masing-masing mendapatkan hasil yang optimal di Piala AFF 2022? Atau malah merepotkan?

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Tembus Rp1 M, Inilah 10 Ras Kucing Termahal di Dunia
Artikel Selanjutnya Rerata Usia Skuad Peserta Piala AFF 2022: Singapura Tertua, Laos Termuda
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook