Daftar Politikus Dunia yang Paling Sering “Ngobrol” dengan Putin dan Zelensky, Ada Jokowi

Kondisi konflik Rusia dan Ukraina tak kunjung mereda. Setelah perang menjadi pecah di tanggal 24 Februari 2022, hingga kini konflik Rusia dan Ukraina belum juga

Daftar Politikus Dunia yang Paling Sering “Ngobrol” dengan Putin dan Zelensky, Ada Jokowi Ilustrasi Putin & Zelensky | Pujapr

Kondisi konflik Rusia dan Ukraina tak kunjung mereda. Setelah perang menjadi pecah di tanggal 24 Februari 2022, hingga kini konflik Rusia dan Ukraina belum juga menemui titik terang. Konflik besar tersebut semakin memanas, sejak pertama kali Presiden Rusia, Vladimir Putin mengumumkan operasi militer secara resmi. Dalam fase itu, Rusia mulai mengepung wilayah Ukraina Timur.

Sebagai sesama negara pecahan Uni Soviet, tentu kondisi ini bisa dikatakan sebagai kondisi konflik saudara. Lantaran beberapa sumber dan literatur menyebutkan konflik ini bisa terjadi lantaran Rusia tak sepaham dengan Ukraina yang terlihat memihak kepada NATO (North Atlantic Treaty Organization) yang notabenenya berisikan negara-negara yang mayoritas merupakan musuh nenek moyang bangsa mereka dulu saat masih tergabung sebagai Uni Soviet. 

Tentunya banyak pihak yang menginginkan konflik dari dua negara besar tersebut segera selesai. 

Menariknya, salah satu media Rusia yakni RBC (RosBiznesConsulting) merilis laporan panjang terkait perang Rusia Ukraina yang salah satunya memuat informasi mengenaI “Seberapa banyak politikus dunia berbincang dengan Presiden Rusia dan Ukraina”. 

Jumlah Berbagai Politikus Dunia Berbincang dengan Vladimir Putin dan Volodymyr Zelensky | Goodstats
Jumlah Berbagai Politikus Dunia Berbincang dengan Vladimir Putin dan Volodymyr Zelensky | Goodstats

Dalam data tersebut, Emmanuel Macron tercatat sebagai politikus sekaligus presiden dengan jumlah berbincang terbanyak kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dengan total 37 kali. Namun, Presiden Prancis tersebut tercatat lebih sering berbincang bersama Zelensky ketimbang Putin sejak 24 Februari hingga 23 Januari.

Posisi dua diduduki oleh Recep Tayyip Erdogan. Sebagai Presiden Turki, ia tercatat pernah berbincang bersama Putin maupun Zelensky dengan total 34 kali yang terdiri dari masing-masing 17 kali untuk Rusia dan Ukraina pada kondisi perang sejak 24 Februari lalu.

Uniknya, Presiden Indonesia yakni Joko Widodo muncul dalam daftar tersebut. Sejak kondisi perang 24 Februari 2022, Jokowi tercatat pernah berbincang sebanyak 7 kali dengan Putin maupun Zelensky. Ia tercatat berbincang sebanyak 4 kali dengan Putin dan 3 kali dengan Zelensky.

Penulis: Puja Pratama Ridwan
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Drama Korea dengan Rating Tertinggi di Awal Tahun 2024

Dengan terus meningkatnya pengaruh K-Hallyu, sejumlah drakor telah mencuri perhatian dengan alur cerita yang menarik dan rating IMDb tinggi di awal tahun 2024.

One Piece Masih Menjadi Manga Terlaris di Dunia

Keberhasilan One Piece disebabkan oleh kemampuannya untuk terus memberikan kejutan di setiap alur ceritanya dan pengembangan karakter yang mendalam.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X