Daftar Negara dengan Pendapatan Platform Kencan Online Terbesar di Dunia

Menurut laporan dari Statista, Amerika Serikat merajai pasar layanan kencan online di dunia dengan proyeksi pendapatan US$ 2,5 miliar pada tahun 2023.

Daftar Negara dengan Pendapatan Platform Kencan Online Terbesar di Dunia Ilustrasi aplikasi kencan online | Oatawa/Shutterstock

Aplikasi kencan online atau dating apps sekarang menjadi salah satu cara paling populer untuk mencari pasangan. Seiring berjalannya waktu, berbagai jenis platform kencan online muncul dan berkembang di seluruh dunia, melayani orang-orang dengan beragam minat.

Pengguna aktif platform kencan online diperkirakan bakal mencapai 441 juta di seluruh dunia pada akhir 2023. Melansir Statista Digital Market Insights, pasar ini diproyeksikan menghasilkan pendapatan sekitar US$ 8,7 miliar secara global.

Pasar kencan online rupanya sangat marak ditemukan di Amerika Serikat. Ini ditunjukkan dari tingginya penetrasi penduduknya yang menggunakan layanan tersebut mencapai 21,9 persen dari total penduduk 333,2 juta jiwa. Proyeksi pendapatan pasar kencan online di Amerika Serikat sebesar US$ 2,5 miliar atau senilai Rp37,3 triliun pada tahun 2023.

Negara dengan pendapatan layanan kencan online terbesar di dunia | Goodstats

Amerika Serikat merupakan pemimpin pasar kencan online global menurut data Statista, tetapi kencan online rupanya juga cukup populer di negara-negara Eropa seperti Inggris (dengan tingkat penetrasi mencapai 19,1 persen) dan Prancis (12,7 persen).

Meskipun penggunaan aplikasi tersebut relatif lebih rendah di negara-negara seperti India dan China (tingkat penetrasi masing-masing mencapai 9,1 persen dan 5,8 persen), besarnya populasi dari dua negara itu selaras dengan tingginya pendapatan yang melampaui negara-negara Eropa pada pasar layanan kencan online.

China dan India memiliki pasar perjodohan online yang besar yang menghasilkan sekitar tiga perempat dari pendapatan layanan kencan online ini. Masing-masing diproyeksikan akan menghasilkan pendapatan mencapai US$ 1,5 miliar dan US$ 398 juta pada 2023.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Deretan Perusahaan E-Commerce Terbesar di Dunia, Pernah Belanja di Sini?

Bisnis e-commerce semakin berkembang pesat di seluruh dunia. Lantas, perusahaan e-commerce mana yang memiliki nilai kapitalisasi pasar terbesar?

Tren Social Commerce Makin Populer, Masyarakat Kini Hobi Belanja di Media Sosial

Pendapatan dari social commerce akan mencapai 22% dari seluruh transaksi e-commerce pada tahun 2028. Bagaimana tren berbelanja di media sosial bisa populer?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X