China Jadi Negara dengan Jumlah Mobil Listrik Terbanyak, Sumbang 50% Secara Global

China menjadi negara dengan jumlah mobil listrik terbanyak, mengalahkan Eropa dan AS. Diperkirakan, jumlahnya mencapai 13,8 juta unit mobil sepanjang 2022.

China Jadi Negara dengan Jumlah Mobil Listrik Terbanyak, Sumbang 50% Secara Global Ilustrasi mobil listrik dengan pengisi daya | Guteksk7/Shutterstock

China mendominasi penjualan mobil listrik global menurut laporan International Energy Agency (IEA). Pada tahun 2022, penjualan mobil listrik tipe battery electric vehicle (BEV) di China meningkat hingga 60% menjadi 4,4 juta dibandingkan tahun 2021. Sedangkan, penjualan tipe unit plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) meningkat hampir tiga kali lipat menjadi 1,5 juta.

Mencatatkan angka penjualan yang fantastis, IEA bahkan memperkirakan bahwa China menyumbang lebih dari 50% kepemilikan mobil listrik di dunia. Diprediksi, sudah ada sekitar 13,8 juta unit mobil listrik di negara tersebut.

Selain itu, pangsa mobil listrik berdasarkan total penjualan unit mobil domestik mencapai 29% di China, naik dari 16% pada tahun 2021. Dengan ini, China telah mencapai target nasional dari pangsa penjualan 20% pada tahun 2025 mendatang.

Sebaran mobil listrik menurut wilayah dengan jumlah terbanyak pada 2022 | Goodstats

Sementara, Eropa menjadi wilayah dengan jumlah mobil listrik terbanyak setelah China menurut laporan IEA pada tahun 2022. Kurang lebih, terdapat sebanyak 7,8 juta unit mobil listrik di Eropa dengan rincian 4,4 juta unit mobil BEV dan 3,4 juta mobil PHEV.

Menurut IEA, pertumbuhan penjualan mobil listrik di China bukan hanya karena adanya dukungan kebijakan pemerintah, namun juga karena kapabilitas pelaku industri terkait yang berhasil menekan harga eceran mobil listrik menjadi lebih murah.

“Pada tahun 2022, harga rata-rata penjualan unit BEV kecil di China hanya sekitar US$10 ribu. Ini jauh lebih rendah dari harga unit BEV kecil di Eropa dan Amerika Serikat, di mana harga rata-ratanya melebihi US$30 ribu pada tahun yang sama,” tulis IEA dalam laporannya.

IEA menyebut, para pelaku industri dan pembuat mobil di China telah berfokus pada pengembangan model yang lebih kecil dan lebih terjangkau. Adapun, unit mobil terlaris di China pada tahun 2022 adalah Wuling Mini BEV dengan harga di bawah US$6,5 ribu dab BYD Dolphin dengan harga di bawah US$16 ribu.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Ramalan Pertumbuhan dan Tantangan Ekonomi Indonesia di 2024

Meskipun terjadi badai ekonomi global & inflasi, Indonesia menunjukkan ketangguhan dengan berhasil memproyeksikan optimisme pertumbuhan ekonomi di tahun 2024.

Orang Indonesia Paling Banyak Beli Mobil Kijang Innova Sepanjang Tahun 2023

Kijang Innova Menjadi Penguasa dalam Penjualan Mobil Terlaris di Indonesia Tahun 2023.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook