Borong 5 Emas, Tim Indonesia ‘Juara Umum’ Cabor Badminton SEA Games 2023!

Lima emas tim Indonesia direbut dari nomor beregu putra, tunggal putra, ganda putri, ganda putra, dan ganda campuran.

Borong 5 Emas, Tim Indonesia ‘Juara Umum’ Cabor Badminton SEA Games 2023! Menpora RI Dito Ariotedjo (kanan) mengalungkan medali emas kepada kedua peraih medali Indonesia di cabor badminton SEA Games 2023 | Egan/Kemenpora RI

Tim bulu tangkis Indonesia layak disandang sebagai raja Asia Tenggara setelah memborong 5 emas pada ajang SEA Games 2023 di Kamboja. Tak hanya 5 emas, tim bulu tangkis Indonesia juga berhasil meraup 3 perak dan 3 perunggu secara keseluruhan.

Dengan hasil ini, tim Indonesia dipastikan menjadi 'juara umum' cabor bulu tangkis karena menjadi tim dengan raihan emas terbanyak. Thailand berada di peringkat dua besar dengan raihan 2 emas, 2 perak, dan 3 perunggu; sementara Kamboja menjadi negara terakhir yang berhasil meraih emas, yakni pada nomor beregu campuran.

Klasemen akhir perolehan medali cabor bulu tangkis SEA Games 2023 | GoodStats

Sementara itu, Malaysia hanya berhasil meraup 2 perak dan 4 perunggu, disusul Myanmar dengan raihan 1 perak. Singapura (3), Brunei (1), Laos (1), dan Filipina (1) masing-masing hanya berhasil mendapatkan satu perunggu.

Lima emas tim Indonesia direbut dari nomor beregu putra, tunggal putra, ganda putri, ganda putra, dan ganda campuran. Bahkan, tim Indonesia berhasil menciptakan All Indonesian Finals di nomor tunggal putra dan ganda putri lewat laga Febriana Dwipuji/Amalia Cahaya melawan Meilysa Trias/Raachel Allessya serta Chico Aura melawan Christian Adinata.

Kelima emas tim Indonesia berhasil diraih oleh tim beregu putra Indonesia yang berhasil mengalahkan Malaysia di final, Rehan Naufal/Lisa Ayu di nomor ganda campuran, Febriana/Amalia di ganda putri, Christian Adinata di tunggal putra, serta Pramudya/Yeremia di ganda putra.

Sementara itu, 3 perak Indonesia berhasil diraih oleh tim beregu putri Indonesia yang harus kalah di babak final dari tim Thailand, Meilysa/Rachel di ganda putri, dan Chico Aura di ganda putra. Tiga perunggu sisa tim Indonesia diraih oleh Bagas/Fikri di ganda putra, serta Ester Nurumi dan Komang Ayu di tunggal putri.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo yang mendapatkan kesempatan untuk mengalungkan emas pada laga final atlet tunggal putra Indonesia mengungkapkan rasa syukurnya atas raihan medali kali ini. Ia juga memberikan apresiasi kepada para atlet terbaik bulu tangkis Indonesia yang telah mengharumkan nama Indonesia di ajang SEA Games 2023.

"Ini adalah atlet terbaik Indonesia yang tampil sangat luar biasa. Yang penting ini medali emasnya bisa bertambah. Selamat untuk Christian, Chico, dan semua atlet lainnya atas raihan medalinya. Semoga bisa menambah medalinya," kata Menpora Dito dilansir situs resmi Kemenpora RI, Rabu (17/5).

Sementara itu, pelatih ganda putri Indonesia Eng Hian yang berhasil membawa dua atlet terbaiknya ke partai puncak merasa bersyukur dapat mempertahankan medali emas tiga edisi SEA Games secara berturut-turut. Selain itu, ia juga mengungkapkan sikap disiplin para atlet sebagai kunci keberhasilan.

"Puji Syukur bisa mempertahankan medali emas ganda putri SEA Games setelah di tahun 2019 dan 2021 plus sekarang ditambah satu medali perak," kata Eng Hian dilansir situs resmi PBSI, Selasa (16/5).

"Kuncinya pasti anak-anak bisa menjalankan tugasnya, menjalankan arahan, karena di multi event ini yang paling berbeda adalah bagaimana melepaskan tekanan dari suasana pertandingan dan atmosfer turnamen itu sendiri. Puji Tuhan anak-anak bisa melepaskan beban itu dan bisa tampil optimal," lanjutnya.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Melihat Sejarah Capaian Medali Bulu Tangkis yang Tidak Pernah Absen, Selalu Masuk Tiga Besar

Indonesia gagal membawa pulang medali dari cabang olahraga (cabor) andalan, bulu tangkis di Asian Games 2022. PBSI diminta untuk evaluasi

Gegap Gempita ASEAN Para Games 2023, Siapa Koleksi Gelar Terbanyak?

Sejak pertama kali digelar pada 2001 lalu, Thailand masih mendominasi sebagai kontingen dengan perolehan juara umum terbanyak, yakni 6x

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook