Arsenal Jawara Community Shield Usai Drama Adu Penalti

Arsenal berhasil meraih gelar juara usai adu penalti dengan Man City akibat skor imbang 1-1 pada babak normal tadi malam

Arsenal Jawara Community Shield Usai Drama Adu Penalti Leandro Trossard saat menjebol gawang Barcelona di Inglewood | Ringo Chiu/Shutterstock

Arsenal berhasil membekuk Manchester City yang meraih treble pada musim lalu lewat adu penalti dengan skor 4-1 dalam laga final Community Shield di Wembley, Minggu (6/8).  Kedua tim tersebut sama-sama memainkan formasi 4-2-3-1

Skor keduanya imbang 1-1 selama laga berlangsung. Man City lebih dulu cetak gol pada menit ke 77 berkat tendangan apik dari Cole Palmer. Arsenal kemudian menyamakan skor di menit tambahan yakni 90+11 yang disumbang oleh Leandro Trossard.

Berkat imbangnya skor kedua tim, akhirnya dilakukanlah tendangan penalti. Dalam kesempatan pertama, Martin Odegaard berhasil menerobos pertahanan Stefan Ortega. Lain halnya dengan Kevin De Bruyne yang tendangannya meleset pada gawang Arsenal.

Si penyumbang skor dalam laga imbang yakni Trossard juga turut ambil bagian untuk melakukan tendangan pinalti dan berhasil menjebol gawang yang dijaga oleh Ortega. Seperti halnya Bukayo Saka dan Fabio Vieira yang juga berhasil menerobos penjagaan Ortega.

Sementara Man City dalam pinalti ini hanya mampu mencetak satu poin yang berasal dari keberhasilan tendangan Bernardo Silva. Sehingga skor penalti dalam final Community Shield membuahkan hasil 4-1 dengan Arsenal yang keluar sebagai juara.

Kemenangan ini tentunya bukan kali pertama bagi Arsenal. Klub yang berdiri pada tahun 1886 ini telah berhasil mengantongi sebanyak 17 gelar juara Community Shield. Ketujuh belas gelar ini termasuk dalam satu trofi milik bersama.

Klub peraih gelar juara Community Shield terbanyak sepanjang waktu | Goodstats

Akibat kemenangan ini, Arsenal dengan mulus melenggang ke urutan kedua sebagai klub peraih gelar juara Community Shield terbanyak kedua meninggalkan Liverpool di posisi ketiga dengan 16 trofi. Arsenal berada persis di bawah Manchester United yang meraih 21 trofi kemenangan Community Shield.

Ajang ini pertama kali terselenggara pada tahun 1908 dan dimenangkan pertama kali oleh Manchester United. Arsenal sendiri secara perdana memenangkan ajang ini pada tahun 1930 silam.

Kemenangan Arsenal di Community Shield ini sekaligus membuka sepakbola Inggris musim 2023/2024.

Arsenal sendiri pada musim panas ini telah mendatangkan sejumlah pemain baru ke kandang ‘The Gunners’ ini. Nama-nama yang baru bergabung dalam skuat ini seperti Declan Rice, Kai Havertz, hingga Jurrien Timber.

Meski baru bergabung, namun Kai Havertz mampu menciptakan dua tendangan menuju kotak penalti, meski dapat dicegah oleh kiper Man City, Stefan Ortega dalam laga semalam.

Penulis: Mela Syaharani
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Berapa Gaji Wasit di 5 Liga Top Eropa?

Mengutip The Athletic, gaji wasit di 5 liga top Eropa berada di kisaran US$65.780 hingga US$186.087 atau sekitar Rp1,07 miliar hingga Rp3 miliar per musimnya.

Indonesia Jadi Tim dengan Skuad Termuda di Piala Asia U-23 2024

Berdasarkan update daftar pemain Piala Asia U-23 2024 yang dirilis AFC pada Senin (15/4), skuad Indonesia U-23 punya rata-rata usia termuda yakni 21,21 tahun.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X