8 Tempat Wisata Paling Populer di Jakarta, Wajib Dikunjungi!

Tak hanya menjadi pusat perekonomian, Kota Jakarta juga menawarkan beragam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi

8 Tempat Wisata Paling Populer di Jakarta, Wajib Dikunjungi! Suasana Bundaran HI di Jakarta. (Sumber: Shutterstock)

DKI Jakarta memang dikenal sebagai kota metropolitan yang bisa dibilang super sibuk dan padat penduduk. Sebagai Ibukota Indonesia, Jakarta identik dengan gedung pencakar langitnya yang tinggi serta pusat perbelanjaan yang mewah.

Ternyata, Jakarta tak hanya sebagai pusat perekonomian saja melainkan juga memiliki beragam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi semua kalangan, mulai dari tempat wisata keluarga, alam, budaya, edukasi, hingga kuliner. Sayangnya, banyak dari kita yang tidak memasukkan Jakarta sebagai destinasi wisata untuk liburan. Namun, jangan salah ternyata Jakarta juga punya tempat wisata yang tidak kalah keren dari daerah lain.

Dari berbagai tempat wisata yang ada di Jakarta, Taman Impian Jaya Ancol alias Ancol merupakan objek wisata andalan DKI Jakarta, menurut Badan Pusat Statistik (BPS). Objek wisata ini kerap dikunjungi pada momen liburan, termasuk Lebaran Idul Fitri. Tercatat, jumlah kunjungan wisatawan ke Ancol mencapai 13,01 juta kunjungan pada 2022. Jumlah itu meningkat 301,54% dibandingkan tahun sebelumnya.

Taman Impian Jaya Ancol

Pengunjung sedang mengambil gambar di pinggir Pantai Ancol. (Sumber: Shutterstock)

Taman Impian Jaya Ancol  merupakan tempat wisata di DKI Jakarta yang sangat populer. Bahkan Taman Impian Jaya Ancol menyandang status sebagai taman rekreasi terbesar yang ada di Indonesia. Terdapat beberapa objek wisata yang ada di Taman Impian Jaya Ancol diantaranya Dunia Fantasi (Dufan), Pantai Ancol, dan Ocean Dream Samudera.

Uniknya, dalam rangka memeriahkan HUT Kota Jakarta ke-496, tempat wisata Pantai Ancol akan dibuka secara gratis selama satu bulan penuh. Tiket masuk gratis tersebut berlaku mulai 21 Mei hingga 22 Juni 2023.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Salah satu miniatur daerah di TMII. (Sumber: Shutterstock)

Hanya dengan berwisata ke Taman Mini Indonesia Indah saja, para pengunjung akan diberikan sensasi wisata ke seluruh penjuru Indonesia. Karena TMII menyajikan beragam tradisi dan budaya yang ada di nusantara, lengkap dengan arsitektur, pakaian, hingga tarian. Selain itu, TMII dilengkapi dengan fasilitas wisata lainnya, seperti kereta gantung, snowbay waterpark, Theater IMAX Keong Emas, dan berbagai macam museum. Jenis-jenis museum yang ada di TMII adalah Museum Indonesia, Museum Purna Bhakti Pertiwi, Museum Keprajuritan Indonesia, Museum Prangko Indonesia, dan masih banyak lainnya.

Kebun Binatang Ragunan

Gerbang awal menuju Kebun Binatang Ragunan. (Sumber: Shutterstock)

Berusia lebih dari 100 tahun, kebun binatang ini memiliki berbagai macam koleksi satwa yang menarik. Nama kebun binatang ini memang sudah tak asing lagi karena menjadi salah satu kebun binatang tertua di Indonesia, terutama di Jakarta. Kebun Binatang Ragunan adalah tujuan wisata keluarga dan edukasi yang cocok untuk semua umur. Ragunan tak hanya menyimpan koleksi lebih dari 300 spesies hewan tetapi juga berbagai fasilitas hiburan serta pendidikan.

Monumen Nasional

Penampakan Monumen Nasional dari atas. (Sumber: Shutterstock)

Monumen Nasional atau yang disingkat dengan nama Monas adalah destinasi wisata Jakarta yang sekaligus menjadi ikon kota Jakarta. Tak lengkap rasanya jika kita tidak datang ke Monas saat sedang berwisata di Jakarta.

Monas adalah sebuah monumen peringatan setinggi 132 meter dan didirikan sebagai bentuk dalam mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari penjajahan Belanda.

Museum Nasional

Pintu depan Museum Nasional di Jakarta. (Sumber: Shutterstock)

Salah satu museum yang ramai dikunjungi oleh warga Jakarta dan sekitarnya adalah Museum Nasional. Di museum ini, kamu bisa melihat berbagai koleksi arkeologi, keramik, serta etnografi dari masa prasejarah hingga sejarah.

Museum Nasional Indonesia adalah salah satu museum tertua di dalam negeri yang telah berdiri sejak era penjajahan Belanda, tepatnya sejak 1862. Dulunya, Museum Nasional Indonesia disebut Koningsplein West. Namun, gedung museum ini baru dibuka untuk umum pada 1868.

Museum Satria Mandala

Tampak depan Museum Satria Mandala. (Sumber: Shutterstock)

Museum Satria Mandala adalah museum yang menyimpan sejarah tentang militer, terutama perjuangan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam mempertahankan Tanah Air. Museum ini menjadi salah satu sarana wisata edukasi. Berdirinya museum ini juga menjadi upaya melestarikan nilai-nilai juang 1945 terkait perjuangan TNI secara visual kepada masyarakat.

Museum Sejarah Jakarta

Suasana pengunjung di Museum Sejarah Jakarta. (Sumber: Shutterstock)

Museum Fatahillah adalah nama populer untuk Museum Sejarah Jakarta. Berdiri sejak tahun 1712, tempat wisata di Jakarta ini menyimpan benda-benda peninggalan era Kerajaan Pajajaran dan Tarumanegara, koleksi becak dari berbagai era, produk kebudayaan betawi, dan peninggalan sejarah era kolonial. Museum Fatahillah juga memiliki program edukasi sejarah dan budaya, seperti Program Kesenian Nusantara, seminar museum sejarah, hingga kegiatan rekontruksi sejarah.

Pelabuhan Sunda Kelapa

Kapal-kapal Besar di Pelabuhan Sunda Kelapa. (Sumber: Shutterstock)

Berlokasi di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan lokasi yang sangat cocok untuk melakukan wisata bahari. Di Pelabuhan Sunda Kelapa, kita akan disambut dengan puluhan perahu raksasa yang berlabuh di pinggir dermaga.

Kunjungan wisatawan ke beberapa objek wisata unggulan di Jakarta meningkat tiap tahunnya, pada 2022 total kunjungannya mencapai 26,7 juta pengunjung. Angkanya meningkat hingga 81 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Artinya sudah banyak wisatawan yang mulai tertarik untuk menjadikan Kota Jakarta sebagai tempat untuk berwisata.

Penulis: Adel Andila Putri
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Indonesia Miliki 10 UNESCO Global Geopark, Mana Saja?

Tersebar di beberapa pulau, ada dimana saja UNESCO Global Geopark di Indonesia?

Wisman ke Indonesia Capai 1,03 Juta Kunjungan Pada Februari 2024, Terbanyak dari Malaysia

BPS melaporkan, industri pariwisata di Indonesia mengalami pemulihan, ditandai dengan adanya peningkatan jumlah kunjungan wisman pada Januari-Februari 2024.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X