7 Waralaba Video Gim Terlaris 2021, Mario Juaranya

Mario menjadi waralaba video gim dengan penjualan terlaris di dunia sepanjang 2021. Selain itu, siapa lagi yang masuk ke dalam daftar?.

7 Waralaba Video Gim Terlaris 2021, Mario Juaranya Ilustrasi permainan video/Unsplash

Kesuksesan sebuah perusahaan video gim salah satunya adalah waralaba (franchise) yang hadir dengan banyak judul lanjutan dan beragam variasi. Judul gim waralaba yang bisa bertahan selama bertahun-tahun sangat menguntungkan bagi perusahaan.

Beberapa waralaba video gim bahkan mendominasi pasar dengan seri mereka sendiri. Gim yang sudah memiliki basis penggemar (fan based) akan menanti kelanjutan dari judul favorit mereka. Tak ayal, beberapa video gim terlaris bahkan memiliki adaptasi filmnya sendiri.

Semenjak pandemi tahun 2020, pendapatan industri video gim dilaporkan mengalami lonjakan. Melansir Statista, pendapatan keseluruhan industri video gim mencapai 154,6 miliar dolar AS dengan jumlah pengguna mobile sebanyak 2,86 miliar secara global pada tahun 2021. Kebijakan lockdown di seluruh negara membuat video gim dan e-sport menjadi salah satu pilihan hiburan bagi semua kelompok usia.

Daftar waralaba permainan video dengan penjualan terlaris 2021 | Goodstats

Mario dinobatkan menjadi waralaba video gim terlaris dengan penjualan mencapai 681 juta unit sepanjang 2021. Sebagian besar gim Mario telah dirilis secara eksklusif untuk berbagai konsol video gim dan Nintendo. Bahkan, judul dari Nintendo sendiri telah memiliki lebih dari 20 versi gim di sejumlah platform.

Sementara itu, Tetris menempati peringkat kedua dengan penjualan mencapai 495 juta unit berdasarkan laporan Statista tahun lalu. Permainan video gim berbasis blok atau puzzle ini jadi video gim yang laris sejak awal perilisannya pada 1980an. Gim ini juga sudah hadir dalam berbagai platform, mulai dari konsol PlayStation, Sega, Atari, Xbox, hingga Nintendo.

Call of Duty menjadi waralaba permainan video terlaris nomor tiga dengan total penjualan sebanyak 400 juta per unit pada 2021. Gim ini merupakan permainan video penembak orang pertama yang diluncurkan pada tahun 2003. Semenjak perilisannya, gim yang dikembangkan oleh Activision Blizzard ini menjadi sangat populer dan mendapat banyak perhatian dari komunitas pecinta video gim.

Di posisi keempat ada Pocket Monster atau yang biasa dikenal dengan Pokémon. Waralaba video gim dari The Pokemon Company ini sangat populer dan penjualannya mencapai 380 juta unit pada tahun 2021 menurut data Statista. Adapun, waralaba permainan video ini dimulai untuk Nintendo Gameboy pada 1996, dan tetap laris hingga saat ini.

Disusul oleh gim Grand Theft Auto dan FIFA dengan penjualan masing-masing sebesar 355 juta dan 325 juta unit video gim sepanjang tahun 2021. Grand Theft Auto (GTA) merupakan waralaba gim aksi petualangan yang dimulai sejak tahun 1997 dengan salah satu masterpiece dari seluruh serinya adalah GTA V. Judul rilis tersebut terus mendapat ekspansi sejak 2013 dan sudah terjual lebih dari 155 juta kopi.

Sedangkan, FIFA adalah satu-satunya waralaba permainan video olahraga satu-satunya yang masuk daftar Statista. Sejak perilisannya pada 1993, judul-judul yang dikembangkan perusahaan terus mendapat sambutan hangat bagi para penggemarnya. Terlebih, adanya fitur daring yang memungkinkan diadakannya pertandingan dengan pemain lain secara real-time.

Minecraft menempati posisi terakhir dalam daftar waralaba video gim terlaris dengan penjualan mencapai 238 juta unit pada 2021. Gim ini sangat populer dan telah mencatatkan rekor satu triliun penayangan di platform Youtube sejak perilisannya kisaran sepuluh tahun lalu.

==

Mari menjadi bagian responden survei GoodStats mengenai "Preferensi Fashion Masyarakat Indonesia" dengan mengisi link survei berikut.

bit.ly/FesyenGoodstats

Hadiah saldo eMoney bagi responden terpilih

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya 10 Provinsi Penerima Beasiswa LPDP Terbanyak
Artikel Selanjutnya Berdiri dalam Bayang-Bayang Ancaman, Bagaimana Kondisi Kebebasan Pers di Indonesia?
Konten Terkait