6 Kereta Tercepat di Dunia, 5 di Antaranya Beroperasi di Asia Timur

Asia Timur menjadi benua yang memiliki kereta tercepat dengan kecepatan 601,8 km/jam. Tak hanya satu, melainkan 5 kereta lainnya juga dipegang oleh Asia Timur.

6 Kereta Tercepat di Dunia, 5 di Antaranya Beroperasi di Asia Timur Kereta cepat | ABCDstock/Shutterstock

Kereta menjadi salah satu pilihan alat transportasi yang banyak diminati masyarakat ketika berpergian. Industri kereta kian berkembang pesat di beberapa negara, khususnya kereta cepat.

Jepang menjadi negara yang memulai revolusi kereta berkecepatan tinggi dengan sungguh-sungguh. Berawal dengan Tokaido Shinkansen pada 1964 yang mampu mencapai kecepatan di atas 124 mph (miles per hour) atau 200km/jam, Jepang terus mengembangkan industri kereta cepat. Hingga kini, Negeri Matahari Terbit masih menjadi pemimpin dalam industri kereta cepat. 

6 Kereta tercepat di dunia (2021) | Goodstats

Dilansir dari Statista 2021, urutan pertama sebagai kereta tercepat di dunia ditempati oleh LO Series Maglev. Kereta ini mampu mencapai kecepatan hingga 374 mph (601,8 km/jam). Selain kecepatan, yang membedakan dengan kereta lain adalah hidungnya yang panjang, yakni 49 kaki (sekitar 15 meter).

Kereta cepat ini rencana akan mulai beroperasi pada tahun 2027 dengan rute Tokyo dan Nagoya. Di urutan selanjutnya,ditempati oleh TGV POS yang dioperasikan oleh perusahaan kereta api nasional Perancis, SNCF. Kereta yang menghubungkan Perancis dengan Jerman Selatan, dan Swiss ini mampu mencapai kecepatan hingga 357 mph (574km/jam).

Di posisi ketiga, terdapat kereta CRH380A Hexie asal China. Kereta yang melayani rute Shanghai dan Nanjing ini mampu melaju hingga 302 mph (486km/jam). Meskipun berkecepatan tinggi, kereta ini didesain agar bebas dari getaran dan gangguan suara dari luar kereta.

Peringkat selanjutnya, masih diduduki oleh China dengan kereta Shanghai Maglev. Kereta ini dapat melaju hingga 268 mph (431 km/jam).Kereta yang menggunakan teknologi levitasi magnetis ini membuatnya dapat melaju tanpa menyentuh tanah. 

Kereta Shanghai Maglev beroperasi dari Bandara Internasional Pudong, Shanghai menuju stasiun metro Longyang, Shanghai dengan menempuh waktu delapan menit saja. Posisi kelima kereta tercepat di dunia ditempati oleh HEMU-430X. Kereta cepat asal Negeri Ginseng mampu mencapai kecepatan maksimum 262 mph (421 km/jam).

Urutan keenam, masih terdapat kereta yang diproduksi oleh China, Fuxing Hao CR400AF/BF. Kereta yang resmi diperkenalkan pada 2007 ini mampu berjalan hingga 260mph (416km/jam). Kereta ini hanya membutuhkan waktu empat jam dari Beijing menuju Shanghai dengan membawa 556 penumpang.

Sumber: Statista, travelandleisure, themysteriousworld

Penulis: Brigitta Raras
Editor: Editor

Konten Terkait

Best Seller Handphone Sepanjang Masa, Nokia Jadul Kalahkan Iphone?

Handphone tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Apa saja model handphone yang capai penjualan tertinggi sepanjang masa?

Daya Saing Digital Indonesia 2023 Naik Peringkat, Kalahkan India

Laporan IMD WDCR menunjukkan, daya saing digital Indonesia terus mengalami pertumbuhan tiap tahunnya. Pada 2023, Indonesia menempati posisi ke-45 di dunia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X